TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Pencernaan

Pastikan selalu menjaga pola hidup sehat!

Freepik/8photo

Pada bulan suci Ramadan, seluruh umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 13 jam. Pencernaan sehat dapat mendukung lancar puasa karena membantu tubuh memetabolisme makanan dengan efisien dan menjaga keseimbangan nutrisi, sehingga energi dapat dipertahankan selama berpuasa.

Mengutip Lifemd, mikrobioma usus mengacu pada semua mikroba usus, terutama saluran pencernaan dan usus besar. Mikrobiota usus ini penting untuk kesehatan secara keseluruhan karena membantu tubuh memecah makanan, menyerap nutrisi, dan menjaga kesehatan metabolisme. 

Faktor utama yang dapat memengaruhi keseimbangan mikrobioma adalah gaya hidup.  Maka dari itu, penting untuk menjaga pola makan yang seimbang agar tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup dan menjaga keseimbangan energi sepanjang hari. 

Pemilihan makanan yang tepat saat berpuasa juga dapat membantu menjaga stabilitas gula darah dan meminimalkan risiko masalah pencernaan. 

Berikut ini Popmama.com berikan informasi selengkapnya mengenai pencernaan sehat dukung lancar puasa. 

1. Pencernaan yang sehat dapat mendukung puasa lancar

Freepik/cookie_studio

Memiliki pencernaan yang sehat dapat mendukung agar puasa dapat berjalan dengan lancar. Pencernaan yang baik dapat membantu tubuh memetabolisme makanan dengan efisien, memastikan penyerapan nutrisi yang optimal, dan mencegah permasalahan pencernaan yang dapat mengganggu kesehatan selama berpuasa. 

Pencernaan yang sehat juga dapat membantu menjaga tingkat kestabilan energi selama berpuasa. Maka dari itu, penting untuk tetap menjaga sistem pencernaan tubuh yang sehat. 

2. Cara menjaga pola makan sehat agar sistem pencernaan baik

Freepik/wayhomestudio

Menjaga pola makan sehat selama berpuasa sangat penting agar tidak menimbulkan masalah pencernaan yang dapat mengganggu aktivitas selama berpuasa. Berikut beberapa cara yang dapat Mama lakukan, antara lain: 

  • Konsumsi makanan sahur yang seimbang: Pada saat sahur, pilihlah makanan yang seimbang yang mengandung serat tinggi, protein, serta vitamin dan mineral penting. Hindari makanan yang tinggi gula atau lemak jenuh.
  • Memilih makanan berbuka puasa dengan bijak: Pada saat berbuka puasa, mulailah dengan mengonsumsi makanan yang ringan, seperti kurma, lalu diikuti dengan hidangan utama yang seimbang antara karbohidrat, protein, dan sayuran. 
  • Memperbanyak konsumsi serat: Cobalah untuk memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti buah-buahan, biji-bijian, dan sayuran. Serat membantu menjaga pencernaan dan mencegah sembelit.
  • Perbanyak minum air mineral: Pastikan untuk minum air yang cukup saat sahur dan berbuka puasa untuk mencegah dehidrasi dan menjaga keseimbangan carian dalam tubuh. 

3. Penyebab pencernaan tidak lancar saat puasa

Freepik/tonodiaz

Memiliki pencernaan sehat memang menjadi keinginan semua orang, terlebih saat berpuasa agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, seringkali seseorang merasakan pencernaan yang tidak lancar sehingga mengganggu saat berpuasa. 

Berikut ini beberapa penyebab pencernaan tidak lancar saat berpuasa, antara lain: 

  • Kurang serat: Perubahan pola makan saat berpuasa membuat orang menjadi tidak memerhatikan asupan makanannya, terutama serat. Padahal, makanan yang kaya akan serat seperti buah-buahan, biji-bijian, dan sayuran dapat membantu meningkatkan kemampuan gerak peristatik dan dinding usus lebih mengembang, sehingga membuat makanan dapat tercerna dengan baik. 
  • Mengonsumsi makanan tinggi lemak atau gula: Mengonsumsi makanan yang tinggi lemak atau gula secara berlebihan dapat mengakibatkan penyerapan nutrisi yang lambat dan memperlambat pencernaan. 
  • Kurang mengonsumsi air: Air memiliki peran penting untuk melarutkan zat-zat makanan dan mengangkut sisa makanan ke dalam sistem pembuangan tubu. Selain itu, mengalami dehidrasi dapat memperlambat proses pencernaan. Pastikan untuk mengonsumsi air dengan cukup agar terhindar dari dehidrasi. 

Nah itulah serangkaian informasi mengenai pencernaan sehat dukung lancar puasa. Semoga bermanfaat! 

Baca juga:

The Latest