TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Podcast Ancur Luncurkan Podcast Hunt 2024, Simak Persyaratanya!

Podcast Ancur cari talenta baru lewat Podcast Hunt 2024 dengan hadiah jutaan rupiah

Baru-baru ini, Podcast Ancur untuk pertama kalinya, beranggotakan  Randhika Jamil, Patra Gumala, dan Diaz Danar, sukses luncurkan kompetisi pencarian bakat baru dalam bidang Podcast. Event ini bernama Podcast Hunt 2024, yang berkolaborasi dan didukung penuh oleh Spotify.

"Kami begitu antusias melihat lebih banyak kreator baru muncul dari Podcast Hunt 2024 mendatang. Inisiatif ini merupakan bukti kreativitas dan semangat luar biasa dalam komunitas podcasting Indonesia," kata Carl Zuzarte selaku Head of Podcast Spotify Southeast Asia, dalam konferensi pers di IDN HQ, Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis (5/9/2024).

Menurut Patra Gumala, ide ini dilatarbelakangi oleh dua tahun lalu dan sempat tertunda karena pandemi dan mengajak seluruh podcaster baru dan yang belum terima endorse ikut dalam ajang kompetisi ini.

Nah, untuk pendaftaran Podcast Hunt 2024 ini telah dibuka tanpa dipungut biaya sepeserpun lho ma, mulai dari hari ini hingga 21 September mendatang.

Berikut Popmama.com telah merangkum Podcast Ancur Luncurkan Podcast Hunt 2024, Simak Persyaratanya! Apa saja ya, syaratnya? yuk ma, Simak sampai selesai siapa tahu Mama bisa ikut.

Terbuka untuk Umum Tidak ada Batasan Umur atau Genre

Popmama.com/Enis Fauziah

Patra Gumala menjelaskan bahwa Podcast Hunt 2024 terbuka untuk semua orang tanpa batasan jumlah peserta, usia, atau genre.

Namun, ada satu syarat penting yang harus dipenuhi oleh peserta, yaitu mereka harus memiliki podcast berbentuk video yang menampilkan wajah tidak hanya berupa audio yang belum pernah menjalin kerja sama dengan brand.

"Syarat pertamanya adalah punya podcast. Dan sekarang kita tuh lumayan concern-nya soal video. Jadi diusahakan juga bikin pakai video yang dapat kita lihat, gak cuma audio gitu. Dan podcastnya belum pernah menerima endorse," ujar Patra Gumala.

Patra juga menambahkan peserta yang ikut acara ini tidak hanya podcaster baru. Apabila sudah berjalan setahun tetapi belum mendapatkan endorse dari brand tertentu, maka masih masuk ke dalam kualifikasi.

Boleh Sendiri atau Bergrup

Popmama.com/Enis Fauziah

Syarat untuk mengikuti event Podcast Hunt 2024 salah satunya adalah peserta dapat berpartisipasi secara individu atau dalam kelompok.

Baik jika Mama atau Papa menjalankan podcast seorang diri atau bekerja dalam tim, keduanya diterima. Pastikan saja bahwa podcast yang diikutsertakan berupa video dan belum pernah menjalin kerja sama dengan brand sebelumnya.

"Mau ikut sendirian, mau ikut bareng geng bebas, yang penting jangan sekampung ribet soalnya," kata Randhika Jamil.

Karya Harus Orisinal, Belum Pernah Tayang dan Belum Pernah Ikut Lomba Podcast Lain

Popmama.com/Enis Fauziah

Suatu karya harus karya sendiri dan bukan plagiat. Artinya, podcast yang diikutsertakan dalam Podcast Hunt 2024 harus sepenuhnya dibuat oleh peserta dan tidak boleh menyalin atau mengambil konten dari sumber lain tanpa izin.

Karya tersebut juga harus belum pernah tayang di platform mana pun dan tidak pernah diikutkan dalam lomba podcast lainnya.

Peserta yang Masuk 50 Besar akan Mendapatkan Workshop dari Podcaster Ternama

Popmama.com/Enis Fauziah

Peserta yang berhasil masuk dalam 50 besar akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti workshop eksklusif dari tim Spotify dan podcaster ternama.

Workshop ini dirancang untuk memberikan wawasan dan bimbingan langsung dari para ahli di industri podcasting, serta membantu meningkatkan kualitas dan strategi podcast Mama dan Papa.

Patra Gumala mengatakan bahwa dari 50 peserta yang terpilih, akan disaring menjadi 20 besar. Peserta yang masuk ke dalam 20 besar akan mendapatkan dua workshop tambahan.

Selanjutnya, akan ada penyaringan lagi untuk menentukan 5 besar. Pada tahap akhir, akan diadakan malam final di mana para peserta akan tampil secara langsung.

Ini merupakan kesempatan berharga untuk belajar dari pengalaman dan pengetahuan para podcaster berpengalaman, yang dapat membantu peserta mengasah keterampilan dan memajukan podcast mereka ke level berikutnya.

"50 itu angka yang paling masuk akal untuk kita saring karena nggak mungkin juga kita dengerin seribu Podcast untuk kita saring, dan 50 itu yang akan kita bawa untuk workshop. Setelah worksop pertama itu ketika dari mereka ada perubahan, maka kita akan saring lagi menjadi 20 besar. Setelah itu kita adain workshop kembali, pokoknya kita ngadain workshop itu totalnya 4 kali setelah itu baru kita saring lagi menjadi 5 besar dan kemudia final," ucap Patra Gumala.

Pemenang akan Mendapatkan Hadiah Hingga 25 Juta Rupiah

Popmama.com/Enis Fauziah

Podcast Ancur juga telah mengungkapkan hadiah untuk pemenang. Pemenang akan menerima total hadiah berupa uang puluhan juta rupiah dan peralatan podcast, yang jika dijumlahkan mencapai ratusan juta rupiah.

Selain itu, tiga besar peserta akan berkesempatan berkolaborasi dan bergabung di bawah naungan manajemen Podcast Ancur. Namun, Podcast Ancur juga membuka kemungkinan untuk menarik peserta yang menonjol meski tidak masuk tiga besar.

"Juara satu, dua, dan tiga kan udah pasti jadi kayak kita juga talent scouting juga. Kita gak pernah tahu ya dia mungkin lagi jelek, ya mungkin dia lagi jelek banget ya pada saat kompetisi. Tapi ternyata ya padahal mereka punya kualitas yang cukup lumayan kenapa nggak kita ajakin juga," kata Randhika Jamil.

Nah, itu dia mengenai Podcast Ancur Sukses Luncurkan Podcast Hunt 2024, Simak Persyaratanya apakah Mama tertarik? jangan lupa simak ya ma.

Baca juga:

The Latest