TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Artis yang Ikut Suarakan Peringatan Darurat, Ada Duta Sheila on 7

Media sosial digemparkan foto biru Peringatan Darurat, ini artis yang ikut andil

Facebook.com/Najwa Shihab | Instagram.com/najwashihab

Baru-baru ini media sosial diramaikan dengan viralnya gambar lambang Garuda berlatar belakang biru disertai pesan "Peringatan Darurat Indonesia."

Fenomena ini mencuat usai Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyepakati revisi Undang-Undang Pilkada yang dianggap menganulir putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60/PUU-XXII/2024.

Putusan MK tersebut sebelumnya menetapkan syarat baru pencalonan kepala daerah untuk Pilkada 2024, namun revisi UU yang disahkan DPR memicu gelombang protes dari kalangan masyarakat hingga para artis yang menuntut agar keputusan MK dihormati dan tidak diubah.

Lambang Garuda berlatar biru sendiri sempat ditayangkan pada zaman Soeharto mengenai adanya aktivitas anomali. Namun, kini gerakan "Peringatan Darurat" muncul kembali merujuk pada ajakan untuk mengawal jalannya Pilkada 2024 yang adil. 

Lantas siapa saja artis yang ikut suarakan Peringatan Darurat? Berikut Popmama.com telah merangkumnya di bawah ini. 

1. Arie Kriting

Dok. Wikipedia

Arie Kriting merupakan seorang komika, aktor dan sutradara yang ikut mengunggahkan foto lambang Garuda tersebut melalui akun Instagram dan X (Twitter) miliknya. Dirinya mengajak para pengikut untuk memantau kondisi Indonesia yang sedang tidak baik-baik saja. 

"Dasar tatanan negara sedang diinjak oleh yang katanya mewakili suara rakyat. Mari pantau bersama!," tulisnya pada caption Instagram miliknya. 

2. Ernest Prakasa

Dok. Radio Budi Luhur

Ernest Prakasa juga ikut mengeluarkan emosinya terhadap kondisi DPR yang menyepakati revisi UU tentang syarat umur pencalonan Pilkada 2024. Dirinya hingga mengganti foto profil dengan lambang Garuda berlatar biru. 

"Peluk nurani kuat-kuat. Pelihara integritas, jaga akal sehat," tulisnya pada akun X miliknya. 

Ernest juga memposting foto bertuliskan klarifikasi bahwa dirinya ingin bertanggung jawab karena sudah memilih keputusan yang sama pada pemilu tahun 2014 dan 2019.

3. Duta Sheila on 7

Instagram.com/pakduta

Vokalis dari band Sheila on 7, yaitu Duta yang jarang berkecimpung membahas politik di media sosial, ikut turut andil dalam menyuarakan foto Peringatan Darurat. Dirinya menggunakan bahasa arab dengan dalih berdoa.

Tidak sedikit pengikutnya yang berkomentar jika Duta sudah menyuarakan aksi ini, maka kondisi Indonesia sekarang tidak baik-baik saja. 

"Duta yang jarang ngomong politik tiba-tiba bersuara berarti negara sedang tidak baik-baik saja," komen salah satu warganet. 

"Sekelas band sheila nyenggol politik artinya raja jawa sudah overstep..," timpal warganet yang lain. 

4. Joko Anwar

Instagram.com/jokoanwar

Joko Anwar merupakan sutradara ternama Indonesia yang cukup sering menanggapi isu-isu politik ini juga akhirnya serukan Peringatan Darurat. Bahkan dirinya ikut terjun demontrasi ke depan Gedung DPR bersama kawanan massa pada hari Kamis (22/8/2024) ini. 

"Indonesia raya berkumandang di Senayan. Disuarakan oleh rakyat yang masih punya hati nurani," tulisnya pada akun Instagram Reels miliknya. 

5. Najwa Shihab

Facebook.com/Najwa Shihab

Presenter, jurnalis, dan pendiri Narasi, yaitu Najwa Shihab yang pertama mengawali kehebohan media sosial semenjak kolaborasi antar akun Instagram @najwashihab, @matanajwa, dan @narasi.tv mengunggah foto Garuda berlatar biru dengan tulisan 'Peringatan Darurat' bersamaan pada Rabu (21/8/2024) kemarin. 

Foto yang mengisyaratkan bahwa tatanan dasar Indonesia dan demokrasi sedang diacak-acak semena-mena oleh yang seharusnya mendengarkan suara rakyat. Gerakan inipun viral dan membanjiri media sosial karena diposting ulang oleh para artis dan masyarakat. 

6. Pandji Pragiwaksono

Instagram.com/pandji.pragiwaksono

Sudah sejak lama Pandji Pragiwaksono seorang komika sekaligus aktor yang konsisten menyuarakan isi hati dan pandangannya terhadap politik Indonesia melalui stand up comedy-nya, kanal YouTubenya, dan berbagai platform hingga saat ini. 

Dilansir akun Instagram miliknya, komika ini menuliskan pesan bahwa rakyat yang bersatu tidak akan bisa dikalahkan. "Rakyat bersatu tak bisa dikalahkan, Presidennya gemoy, pemerintahnya goyang," tulisnya pada caption foto Peringatan Darurat Garuda. 

7. Raditya Dika

IDN Times/Naufal Fathahillah

Raditya Dika, seorang penulis, aktor, sutradara sekaligus komika ini juga tidak diam saja. Terlihat pada Instagram Story, dirinya menggunggah ulang foto Garuda dari Najwa Shihab dan foto gerakan #KawalPutusanMK #TolakPilkadaAkal2an #TolakPolitikDinasti.

Foto gerakan #KawalPutusanMK sendiri sudah menginjak 752 ribu orang lebih yang memposting. Foto yang berisikan poin-poin mengenai mengapa harus peduli dengan Pilkada 2024.

Nah, itu dia deretan artis yang suarakan Peringatan Darurat di media sosial. Bagaimana pendapatmu? 

Baca juga:

The Latest