TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Fakta Menarik di Festival Musik di Synchronize Fest 2024

Synchronize Fest 2024 siap menampilkan macam-macam tema pertunjukan!

Popmama.com/Erenzwei Ernawan

Synchronize Festival kembali hadir untuk merayakan keindahan musik Indonesia, membangun kesadaran kolektif dan menunjukkan betapa kayanya spektrum musik tanah air. Mengusung tema "Together Bersama", Synchronize Fest 2024 akan digelar di Gambir Expo Kemayoran pada 4, 5, dan 6 Oktober 2024.

Festival musik tahun ini bertujuan untuk merayakan dan menerjemahkan relevansi budaya kreatif dan musik Indonesia dalam wujud ekspresi yang dapat meluber sekuat zaman. Apakah kamu penasaran?

Berikut Popmama.com rangkum 10 fakta menarik di festival musik Synchronize Fest 2024 yang siap menggabungkan berbagai elemen-elemen!

1. Hadirkan musik bergenre spiritual

Popmama.com/Erenzwei Ernawan

Komitmen Synchronize Fest menjadi festival yang inklusif diaktualisasikan salah satunya dengan menghadirkan musik-musik bernapaskan spiritual, antara lain lewat penampilan dari:

  • Haddad Alwi feat. Sulis Cinta Rasul dan Yasmin: Menampilkan lagu-lagu yang dikenal dengan religi islam
  • Sidney Mohede: Salah satu pendeta yang akan membawa lagu-lagu spiritual Kristiani
  • Berry Likumahuwa: Mengusung konsep "Pengharapan" dengan pendekatan musik gospel

2. Hadirnya program televisi media fenomenal tahun 2000-an

Popmama.com/Erenzwei Ernawan

Synchronize fest 2024 lakukan gebrakan baru untuk bekerja sama dengan SCTV, yang akan menghadirkan momen nostalgia dengan program "Inbox Live at Synchronize Fest 2024."

Program ini akan menampilkan sejumlah artis yang pernah meramaikan dunia musik di era 2000-an, seperti 7ICON, Chibi-Chibi, D’Bagindas dengan lagu "C.I.N.T.A," Hello Band, dan Repvblik.

Tak hanya itu, acara ini juga akan dipandu oleh host ternama Inbox, seperti Gading Marten, Andhika Pratama, dan Audi Marissa, yang siap menambah keseruan program "Inbox Live at Synchronize Fest 2024."

3. Killing Me Inside RE:UNION X Pee Wee Gaskins siap hadir kembali

Popmama.com/Erenzwei Ernawan

Band hits di masa tahun 2000-an, Killing Me Inside akan hadir kembali pada event Synchronize Fest 2024, namun sebagai Killing Me Inside RE:UNION X Pee Wee gaskins. Vokalis Onadio Leonardo akan kembali reuni dengan band lamanya.

Menariknya Killing Me Inside akan berkolaborasi dengan Pee Wee Gaskins. Tentu menjadi hal yang ditunggu-tunggu bagi para penggemar pada festival musik Synchronize Fest tahun ini. 

4. Konsep panggung akan berkonsep tematik agar pengalaman menonton lebih nikmat

Popmama.com/Erenzwei Ernawan

Seniman multi-disiplin Edy dan Toba Sanchabaktiar didaulat sebagai show director yang akan membuat panggung lebih hidup dan memberi pengalaman menikmati pertunjukan lebih maksimal.

"Ini kali kedua mendapat kesempatan menggarap panggung spesial Synchronize Fest. Tantangannya berlipat ganda, mulai dari pertunjukan yang bereksperimen dengan teknologi sampai membuat pertunjukan berformat opera," ungkap Edy Khemod selaku Show Dirrector saat konferensi pers Synchronize Fest 2024, Selasa (27/8/2024), di Brickhall Fatmawati, Jakarta Selatan.

5. Mendatangkan musisi baru, Bernadya!

Popmama.com/Erenzwei Ernawan

Tahun ini, Synchronize Fest 2024 siap menghadirkan deretan musisi baru yang siap memberikan warna segar di kancah musik Indonesia. Beberapa di antaranya adalah:

  • Asal Bunya (Texpack, Rrag, Swellow)
  • Bernadya
  • Dozzle
  • Funeruuu
  • Sukatani
  • Tomat

6. Mendatangkan musisi luar negeri!

Popmama.com/Erenzwei Ernawan

Synchronize Fest 2024 juga akan menghadirkan penampil internasional yang mengangkat narasi identitas musik Indonesia dalam karya mereka. Penampil internasional yang ditunggu-tunggu adalah:

  • Koes Barat (Amerika Serikat)
  • Nusantara Beat (Belanda)
  • Sheila Majid dari Malaysia dengan Tohpati dari Indonesia.
  • AK//47 (Amerika Serikat Indonesia)
  • Arrington De Dionyso & Sisinga (Amerika Serikat-Indonesia)
  • Island Vibes Reggae Party (Jamaika-Indonesia) yang menghadirkan nuansa Jamaika
  • Eastern Margins (Asia Tenggara-Inggris).

7. Menampilkan ratu dangdut Elvy Sukaesih

Popmama.com/Erenzwei Ernawan

Synchronize Fest 2024 akan menjadi momen berkesan bagi Sang Ratu Dangdut, Elvy Sukaesih, yang merayakan 60 tahun perjalanan kariernya di dunia musik. Festival musik ini juga merupakan penghormatan kepada para musisi yang telah lebih dulu memberikan dedikasi mereka dan menciptakan karya-karya monumental.

Elvy Sukaesih, yang dikenal sebagai legenda musik dangdut Indonesia dengan julukan "Ratu Dangdut," telah aktif berkarya sejak tahun 1964 dan terus berkontribusi hingga kini. Tak hanya itu, Elvy Sukaesih juga telah merilis 48 album solo sepanjang kariernya.

8. Menampilkan Rock Opera Ken Arok: Harry Roesli diperankan Isyana dan Sal Priadi

Popmama.com/Erenzwei Ernawan

Di Synchronize Fest 2024, akan ada penampilan istimewa dari Rock Opera Ken Arok karya Harry Roesli, yang akan dibawakan oleh sejumlah seniman dan musisi Indonesia. Beberapa artis yang terlibat antara lain Arie Kriting, Candil, Dira Sugandi, Fauzan Lubis, Isyana Sarasvati, Oslo Ibrahim, Sal Priadi, Soleh Solihun, dan Tria “The Changcuters.”

Pertunjukan Rock Opera Ken Arok ini sebelumnya pernah dipentaskan pada dua periode, yaitu tahun 1975 dan 1991, dengan konsep unik di mana para pemain berakting dan menyanyikan lagu seperti dalam pertunjukan opera dan teater sepanjang acara.

9. Pertunjukan istimewa dari "Nike Ardilla Live Bersama"

Popmama.com/Erenzwei Ernawan

Selain itu, hadir pula pertunjukan istimewa Nike Ardilla Live Bersama yang akan dimeriahkan oleh sekumpulan artis seperti Bonita, Danilla, Fanny Soegi, Putri Ariani, Tantri "KOTAK". Penampilan tersebut sebagai mengenang mendiang penyanyi legendaris Nike Ardilla.

Nantinya persona Nike Ardilla akan dihadirkan melalui sensasi visual yang telah dikembangkan oleh bujukrayu. Hal itu dilakukan dengan kombinasi dari LED dan set panggung.

10. Visual pertunjukan akan unik dan estetik

Popmama.com/Erenzwei Ernawan

Edy Khemod, selaku Show Director Synchronize Fest 2024, menyatakan bahwa mereka ingin menciptakan sebuah pertunjukan yang unik dan estetik secara visual.

"Bagaimana membuat pertunjukan yang unik dan secara visual estetik. Ini akan menjadi ajang eksplorasi dan eksperimen bagi kami menghadirkan pertunjukan yang unik dan semoga berkesan untuk semua," ujar Edy Khemod selaku Show Director.

Nah, itu dia berbagai fakta menarik di festival musik Synchronize Fest 2024 yang siap menghadirkan pertunjukan unik! Apakah kamu ingin menghadirinya?

Baca juga:

The Latest