TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Penampilan Yura Yunita dan Isyana di Pagelaran Sabang Merauke 2024

Yura Yunita dan Isyana Sarasvati tampil memukau di pertunjukan Pagelaran Sabang Merauke 2024!

Popmama.com/Salsyabila Sukmaningrum

Dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus, iForte menggelar pertunjukan kolosal "Pagelaran Sabang Merauke" yang tampil pada 17 dan 18 Agustus 2024, di JIExpo Theatre Jakarta, Jakarta Utara. 

Pertunjukan yang mengusung tema "Pahlawan Nusantara" ini menceritakan perjalanan generasi Z bersama Petruk dan Bagong melihat tradisi dan budaya serta belajar tentang pahlawan Nasional dari Sabang hingga Merauke.

Menariknya penyanyi ternama tanah air, yaitu Yura Yunita dan Isyana Sarasvati ikut tampil di Pagelaran Sabang Merauke 2024. Mereka mewakilkan beberapa lagu daerah dari Sabang hingga Merauke dengan lagu dan baju khas daerahnya masing-masing. 

Apakah kamu penasaran bagaimana penampilan Yura dan Isyana di Pagelaran Sabang Merauke 2024? Berikut Popmama.com berhasil mengumpulkannya dibawah ini! 

1. Yura Yunita jadi Putri Riau bawakan lagu "Lancang Kuning"

Popmama.com/Salsyabila Sukmaningrum Potret Yura Yunita jadi Putri Riau saat Pagelaran Sabang Merauke berlangsung pada Jumat (16/8/2024), di JIExpo Theater Jakarta, Jakarta Utara.

Dalam scene tradisi dari Riau, Yura Yunita bersama Taufan Purbo berduet dalam menyanyikan lagu khas Riau, yaitu "Lancang Kuning" dengan pakaian khas daerah Riau. Tidak hanya menyanyi, Yura juga menarikan tarian Zapin. 

Pada scene tersebut, Yura menjadi salah satu perempuan yang disukai pahlawan nasional "Hang Tuah" (Taufan Purbo). Alat musik tradisional Riau yang digunakan adalah Akordeon, Gandang Melayu/Babano, dan Rebana Marawis. 

2. Bawakan lagu "Melati Suci" oleh Isyana Sarasvati di scene Bengkulu

Popmama.com/Salsyabila Sukmaningrum Potret Isyana Sarasvati jadi Putri Bengkulu saat Pagelaran Sabang Merauke berlangsung pada Jumat (16/8/2024), di JIExpo Theater Jakarta, Jakarta Utara.

Penonton dikejutkan oleh kehadiran Isyana Sarasvati setelah bunga melati mekar dan ternyata Isyana di dalamnya menggunakan kebaya putih bersih memerankan Ibu Fatmawati sang Penjahit bendera merah putih. Dirinya menyanyikan lagu "Melati Suci".

Nuansa serba putih tampak bagaikan kelopak bunga melati yang dilantunkan oleh Isyana karangan Guruh Soekarno Putra untuk sang ibu, Fatmawati. Bengkulu sebagai memperingati kelahiran ibu Fatmawati. 

3. Yura Yunita jadi Biduan Sunda bawakan lagu "Bandung"

Popmama.com/Salsyabila Sukmaningrum Potret Yura Yunita jadi Biduan Sunda saat Pagelaran Sabang Merauke berlangsung pada Jumat (16/8/2024), di JIExpo Theater Jakarta, Jakarta Utara.

Berganti pakaian, kini Yura memakai kebaya berwarna emas dan memerankan sosok "Biduan Sunda" yang memamerkan goyangannya. Penonton dibuat tertawa karena kelucuan karakter Biduan Sunda tersebut. 

Kini Biduan Sunda tampil di Bandung Selatan pada scene di Jawa Barat. Yura tampil menghibur sebelum memasuki alur cerita pahlawan nasional, Muhammad Toha datang untuk menghancurkan gudang mesiu milik sekutu (Belanda) di wilayah Dayeuh Kolot. Peristiwa yang dikenang sebagai Bandung Lautan Api. 

4. Isyana Sarasvati bawakan lagu "Bubuy Bulan"

Popmama.com/Salsyabila Sukmaningrum Potret Isyana Sarasvati saat Pagelaran Sabang Merauke berlangsung pada Jumat (16/8/2024), di JIExpo Theater Jakarta, Jakarta Utara.

Masih di scene Jawa Barat, namun beralih dari wilayah Dayeuh Kolot ke pusat kota, Isyana tampil dengan kebaya hitam elegan dan selendang kuning sambil membawakan lagu daerah Jawa Barat, yaitu "Bubuy Bulan". 

Isyana juga menarikan tarian Topeng Cirebon dan Jaipong saat menyanyikan lagu karangan Benny Corda tersebut. Tidak hanya berbakat bernyanyi, Isyana juga bisa menari. 

5. Yura Turun dari langit!

Popmama.com/Salsyabila Sukmaningrum Potret Yura Yunita jadi Putri Jawa Timur saat Pagelaran Sabang Merauke berlangsung pada Jumat (16/8/2024), di JIExpo Theater Jakarta, Jakarta Utara.

Saat memasuki scene di kota Jawa Timur, penonton dikejutkan dengan performance Yura yang datang ke panggung lewat dari atas menggunakan tali. Dirinya sekarang berpenampilan serba merah dan membawakan lagu "Walang Kekek".

Menceritakan di kota Surabaya sebagai memperingati spirit dan gejolak keberanian tokoh Bung Tomo saat memperjuangkan kedaulatan wilayah Surabaya pada 10 November 1945. Alat musik tradisional Jawa Timur yang dipakai adalah Rebana Banyuwangi, Srumoet Reog, gong, dan angklung. 

6. Bawakan lagu daerah Maluku "Hela Rotane" oleh Isyana Sarasvati

Popmama.com/Salsyabila Sukmaningrum Potret Isyana Sarasvati jadi Marta Christina Tiahahu, pahlawan perempuan Maluku saat pertunjukan Pagelaran Sabang Merauke, Jumat (16/8/2024), di JIExpo Theater Jakarta, Jakarta Utara.

Beralih ke scene Maluku, Isyana memerankan pahlawan nasional Marta Cristina Tiahahu, pejuang perempuan Maluku pada perlawanan penjajah. Isyana memakai pakaian serba putih dengan kain batik dengan gerakan Lenso serta diiringi lagu khas Maluku, yaitu "Hela Rotane".

Isyana juga terlihat membawa tameng khas Maluku sebagai bentuk perlawanan di masa kolonial Belanda di Maluku. Isyana juga terlihat memakai ikat kepala khas Maluku. 

7. Yura Yunita tampil cetar dengan outfit warna-warni saat bawakan lagu "Inspirasi Diri"

Popmama.com/Salsyabila Sukmaningrum Potret Yura Yunita nyanyikan lagu

Tampil lagi dengan outfit berbeda, Yura Yunita memakai setelan modern warna-warni dan menarik perhatian dalam menyanyikan lagu "Inspirasi Diri" bersama Yan Josua. Lagu yang membawakan pesan untuk membebaskan diri. 

Yura Yunita debut membawakan lagu "Inspirasi Diri" di atas panggung bersama Yuyun Arfah, Zie, dan BMS. Scene ini juga menjadi penutup babak satu pertunjukan Pagelaran Sabang Merauke 2024.

8. Yura Yunita jadi Putri Papua, bawakan lagu "Aku Papua"

Popmama.com/Salsyabila Sukmaningrum Potret Yura Yunita jadi Putri Papua saat Pagelaran Sabang Merauke berlangsung pada Jumat (16/8/2024), di JIExpo Theater Jakarta, Jakarta Utara.

Penampilan terakhir sebagai mempresentasikan Merauke dari Yura Yunita sebagai karakter Putri Papua yang menyanyikan lagu "Aku Papua" dengan pakaian khas daerah Papua juga. Scene ini didukung dengan alat musik tradisional berupa Tifa, Fu, Bambu, dan Pikon. 

Setelah scene Papua, Yura, Isyana, dan seluruh penyanyi bergabung menyanyikan lagu "Inspirasi Diri" kembali dengan sungguh meriah sebagai penutupan pertunjukan kolosal ini. 

Nah, itu dia potret penampilan Yura dan Isyana di Pagelaran Sabang Merauke 2024. Apakah kamu juga sudah menontonnya? 

Baca juga:

The Latest