TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mengenal Ayam Woku, Sajian Lebaran Khas Manado

Rempahnya yang gurih dan pedas bikin tak terlupakan

Manado terkenal dengan kuliner yang berani bumbu. Dari sekian banyak menu khasnya, ayam woku menjadi menu wajib saat Lebaran. 

Rasanya tidak lengkap ke Manado kalau tidak menjajal berbagai kulinernya. Salah satu menu yang jadi ciri khas kawasan ini adalah woku. 

Nah, ayam woku merupakan salah satu menu khas yang wajib ada saat Lebaran. Seperti apa sejarahnya? Popmama.com akan merangkumkannya untuk Mama. 

1. Nama woku berasal dari daun woka

tokopedia.com

Woku merupakan salah satu pengolahan daging menggunakan berbagai bumbu dan rempah khas Manado yang punya rasa yang kaya. Nama woku sendiri berasal dari daun woka. 

Berdasarkan informasi dari Kepala Bidang Pengembangan Industri Pariwisata Kota Manado, Jein Barantian, daun woka berbentuk seperti daun lontar yang biasa dipakai untuk membungkus nasi.

 

2. Dahulu, daun woka digunakan untuk membungkus mayat

instagram.com/ketutarsini

Para leluhur Suku Minahasa di zaman dahulu, daun woka digunakan untuk membungkus mayat sebelum dikuburkan. Selain itu, daun ini juga dipakai untuk menggantikan atap rumah, sebagai pelindung panas dan hujan. 

Lalu, seiring perkembangan zaman, daun woka dipakai untuk membungkus makanan seperti nasi dan lauk. Lalu, daun woku juga menjadi pembungkus masakan ikan dan bumbu yang dibakar, seperti pepes. 

 

3. Ada dua jenis woku

cookpad.com/melisawntmarjid

Karena sulit menemukan woku di kota besar, akhirnya cara memasak woku pun terbagi menjadi 2 yaitu yang dibungkus daun woku dan yang dimasak menggunakan panci atau wajan yang disebut dengan woku belanga. 

Kunci kenikmatan woku adalah dari penggunaan protein yang segar sehingga tidak ada bau langu atau amis. Tambahan yang tak boleh terlupa adalah aneka rempah seperti jahe, daun jeruk, dan daun pandan yang melimpah dan memberikan cita rasa yang kaya. 

Tambahan cabai dan tomat pun meningkatkan selera makan siapa saja yang mendengarnya. 

Saat Lebaran, warga Manado wajib menyajikan woku di meja makan. Tertarik menjadikan salah satu menu Lebaran? 

Baca juga:

The Latest