TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Viral Kuda di Lembang Park & Zoo Kena Banjir, Bagaimana Faktanya?

Terlihat kuda yang diam terendam banjir

pexels/Arthur Krijgsman

Curah hujan mulai intens dan banjir mulai terlihat di banyak titik, termasuk di bandung. Sebuah video viral memperlihatkan kuda di Lembang Park & Zoo yang terkena banjir. 

Hal ini menarik perhatian warganet. Tak perlu waktu lama, video tersebut langsung viral baik itu dikomentari maupun dibagikan ulang. 

Menanggapi hal tersebut, pihak dari Lembang Park & Zoo pun akhirnya angkat bicara. Popmama.com mengintip wawancara Irfan Hakim di dalam vlog terbarunya akan menjabarkannya untuk Mama. 

1. Video yang viral mengenai banjir di Lembang Park & Zoo

youtube.com/dhakims

Sebuah video singkat dibagikan dalam multiplatform. Di dalamnya berisi tentang suasana Lembang Park & Zoo yang sedang hujan dan banjir. 

Yang menarik perhatian warganet adalah kehadiran seekor kuda yang di dalam salah satu kandang yang diterjang banjir. Kuda tersebut tetap tenang meski aliran air sedang sangat deras. 

Kondisi ini membuat banyak orang mendoakan semoga kebun binatang ini segera bisa pulih. 

2. Faktanya, tidak ada longsor

Freepik/nednapa2018 Ilustrasi

Dalam video, terlihat bahwa arus air yang deras turut membawa tanah dan ranting kayu. Hal ini menimbulkan asumsi bahwa terjadi longsor di sana. 

Menurut pihak dari Lembang Park & Zoo, banjir tersebut disebabkan karena ada sumbatan di salah satu aliran air. Namun bisa dipastikan bahwa tidak ada longsor yang terjadi. 

Sedangkan menurut Manajer Operasional Lembang Park & Zoo, Iwan Susanto, banjir tersebut bukan banjir bandang atau berasal dari longsor. 

Lebih lanjut, Iwan mengatakan bahwa tidak ada satwa yang terluka atau matik karena kejadian tersebut. 

3. Hanya tutup 1 hari untuk pembersihan area banjir

instagram.com/lembang_parkzoo

Di tanggal 3 November, kebun binatang ini tutup sementara untuk membersihkan sisa banjir. Juga untuk merawat semua satwa yang ada agar kembali dalam keadaan sehat dan prima. 

Setelahnya, kembali dibuka seperti biasa dan bahkan kuda-kuda sudah berkegiatan seperti biasa. 

4. Akan merawat saluran air yang ada

Freepik/peerafoto ilustrasi banjir

Belajar dari pengalaman, pihak Lembang Park & Zoo mengaku sudah membersihkan seluruh saluran air yang ada. Tak hanya itu, mereka juga melakukan koordinasi dengan warga terkait saluran pembuangan. 

"Menyediakan tempat buang sampah agar tidak menyumbat saluran air," tutur Iwan. 

Iwan melanjutkan bahwa kebun binatang di Bandung ini tetap aman dikunjungi meski sedang musim hujan. Namun tetap dipastikan agar terus berhati-hati dan membawa perlengkapan pelindung hujan seperti jaket, jas hujan dan lainnya. 

Di manapun kamu berada, pastikan selalu waspada dan hati-hati, ya!

Baca juga:

The Latest