TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih, Sering Terlewat Nih!

Termasuk sebelum makan dan setelah bangun tidur

Freepik

Air putih memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Selain minum air putih 2 liter sehari, ada juga waktu-waktu terbaik untuk mengonsumsinya. 

Seringnya, banyak orang hanya minum saat dirinya merasa haus. Jika berada di ruang sejuk, atau tidak banyak kegiatan, lantas langsung lupa untuk minum air putih dalam waktu lama. 

Padahal, hampir 60-70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itulah, air putih sangat diperlukan untuk tubuh. 

Lalu, kapan waktu terbaik minum air putih? Popmama.com akan merangkumkannya untuk Mama. 

1. Setelah bangun tidur di pagi hari

Freepik/ansiia

Tidur malam menghabiskan waktu minimal 4-8 jam. Selama itu, tubuh tidak mendapatkan asupan air minum. Sehingga, saat bangun tidur, maka hal pertama yang dibutuhkan tubuh adalah air. 

Selain itu, ada manfaat baik yang bisa didapat jika minum air putih setelah bangun tidur, yaitu: 

  1. Mengontrol keinginan makan, baik untuk diet
  2. Meningkatkan metabolisme tubuh
  3. Membantu menjaga kesehatan kulit
  4. Membuang racun dalam tubuh
  5. Membuat tubuh lebih bugar
  6. Meningkatkan suasana hati
  7. Meningkatkan fungsi organ tubuh

Mama disarankan untuk minum air putih sebanyak 1-2 gelas setelah bangun tidur. 

 

2. Sebelum makan

Freepik

Ada hal yang mungkin terlewat untuk dilakukan ketika makan. Mama disarankan untuk minum segelas air putih setidaknya 30 menit sebelum makan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. 

Minum air sebelum makan bisa membuat kamu merasa kenyang sehingga mampu mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Kegiatan minum air sebelum makan juga bisa membantu menurunkan kalori hingga 75 kalori, demikian dilansir dari WebMD

 

3. Setelah makan

Unsplash/engin akyurt

Selain sebelum makan, waktu terbaik untuk minum air putih adalah setelah makan siang. Sebelumnya, sempat beredar hoaks mengenai larangan minum air putih setelah makan. 

Faktanya, minum setelah makan tidak mengganggu pencernaan, malah bisa membantu melancarkan pencernaan, demikian dilansir dari Mayo Clinic

Minum air putih selama atau setelah makan bisa membantu tubuh memecahkan dan memproses makanan, demikian menurut ahli gizi dari Florida, AS, Dr Michael F Picco, M.D.

4. Sebelum dan setelah olahraga

Freepik

30 Menit sebelum olahraga, kamu disarankan untuk minum air putih sebanyak 1 gelas. Hal ini dilakukan untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi. 

Nah, setelah olahraga, inilah waktu terbaik untuk minum air putih. Di waktu inilah tubuh membutuhkan cairan dan memenuhi kebutuhan cairan sangat penting. Namun usahakan minum secukupnya, jangan berlebihan karena bisa menimbulkan masalah kesehatan. 

5. Sebelum tidur

Freepik/gpointstudio

Nah, waktu terbaik lainnya untuk minum air putih adalah sebelum tidur. Dengan rutin minum air putih segelas sebelum tidur, Mama bisa mendapat manfaat ini: 

  1. Kualitas tidur yang meningkat
  2. Fungsi organ tubuh yang terjaga
  3. Suhu tubuh terjaga
  4. Terhindar dari sakit kepala
  5. Mengurangi gejala flu

Hanya dengan melakukan hal sederhana seperti ini, ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Dirutinkan, ya!

Baca juga:

The Latest