TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

D.O. EXO Didenda karena Merokok di Dalam Ruangan

Terbukti merokok di dalam ruangan tertutup, D.O. EXO harus bayar denda

Twitter.com/weareoneEXO

Rokok elektrik menjadi topik perdebatan di industri KPop akhir-akhir ini, dan idol terbaru yang diduga terlibat isu rokok elektrik adalah D.O. EXO. Ia dikabarkan merokok, namun yang lebih mengejutkan lagi adalah ia melakukannya di dalam ruangan.

Dalam sebuah komunitas online, seorang netizen memberikan kabar terbaru mengenai kontroversi merokok D.O. di dalam ruangan, yang pertama kali muncul pada tanggal 3 Agustus.

Bukti berupa video yang menampilkan sang idola merokok, serta tanggapan dari pihak yang berwajib terkait kasus D.O. ini, telah beredar secara online.

Berikut, Popmama.com rangkumkan fakta seputar D.O EXO bayar denda karena merokok di dalam ruangan.

1. Kejadian merokok di dalam ruangan

kpopstarz.com

Seperti biasanya, para idol akan datang pada acara-acara musik di stasiun televisi untuk mempromosikan lagu terbaru mereka.

Pastinya masing-masing idol memiliki ruang tunggu untuk mereka bersiap-siap. 

Kejadian D.O. EXO terlihat menghembuskan asap dari rokok electric terlihat di ruang tunggu acara musik MBC, "Show! Music Core."

Kala itu, Baekhyun EXO tengah berlatih beberapa gerakan dari lagu yang akan ditampilkan. Dengan mata jeli netizen, aksi D.O. pun terlihat.

2. Dilaporkan oleh warga

koreaboo.com

Klip dengan aksi D.O. EXO merokok diambil dari konten di balik layar EXO yang diunggah di saluran YouTube mereka.

Saat para penggemar melontarkan kecurigaan terhadap sang idola yang sedang merokok, video tersebut langsung diedit sedemikian rupa sehingga menunjukkan lebih jelas perilaku idol tersebut. Alhasil, membuat kecurigaan publik semakin besar.

Pada tanggal 6 September, seorang original poster (OP) mengungkapkan bahwa warga yang bersangkutan mengajukan pengaduan terhadap D.O. pada bulan Agustus karena merokok di dalam gedung, meskipun kantor pusat MBC merupakan kawasan bebas rokok.

3. Laporan warga yang ditemukan OP

kpopstarz.com

Sebulan kemudian, seorang K-Netizen mengklaim telah melaporkan sang idola karena merokok di dalam ruangan, sehingga D.O. pun menerima denda.

Pada tanggal 5 September, sebuah postingan forum anonim dengan judul “Saya melaporkan Do Kyungsoo (D.O. EXO) karena merokok di dalam ruangan pada bulan Agustus.” dibagikan secara online.

Dalam postingan tersebut, OP menyertakan tangkapan layar pernyataan dari Puskesmas Mapo-gu.

Dalam laporannya, pihak Puskesmas menyebutkan bahwa akibat Undang-Undang Promosi Kesehatan Nasional, D.O. didenda karena tidak dapat memverifikasi bahwa rokok elektrik yang digunakan di dalam ruangan bebas nikotin. 

Dendanya mencapai ₩100,000 KRW (sekitar Rp 1.1 juta), seperti yang dinyatakan di situs web Pusat Kesehatan Masyarakat Mapo-gu.

4. Reaksi SM Entertainment 

smentertainment.com

Sebelumnya, D.O. mendapat sejumlah kritikan karena perilakunya yang dianggap kurang sopan terhadap staf yang sedang memperbaiki pakaiannya dan melanggar aturan pemerintah.

Akibatnya, tindakan D.O. membuat dirinya harus membayar denda karena dianggap sebagai pelanggaran terhadap kawasan bebas rokok oleh pihak pusat kesehatan.

SM Entertainment selaku agnsi D.O., sempat berusaha memberikan alasan bahwa ia menggunakan rokok yang tidak mengandung nikotin.

Sayangnya, D.O. dan agensi tidak bisa membuktikan alibi ini karena deskripsi bahan dan panduan produk rokok yang digunakannya tidak mencantumkan informasi bahwa produk tersebut bebas dari kandungan nikotin.

5. Reaksi warga online

popcrush.com

Bagi banyak orang, masalah ini tampak cukup serius bukan karena D.O. adalah seorang perokok, tetapi terlebih lagi karena ia merokok di dalam ruangan, di ruang tunggu yang penuh dengan staf dan sering dikunjungi oleh banyak artis dan staf lainnya.

Terdapat berkomentar dari para warga online yang menyayangkan aksi D.O. tersebut karena ia merupakan publik figur. Namun, ada juga yang membelanya dengan menjelaskan kenapa ia merokok di dalam ruangan.

Beberapa komentar tersebut berupa, "Anggota terakhir EXO yang tersisa tanpa masalah atau kontroversi... dan ini dia.", "Jika kamu seorang idola dan tokoh masyarakat... paling tidak yang dapat kamu lakukan adalah tidak merokok di dalam ruangan ketika ada orang lain yang bukan perokok.", “Masalahnya, banyak idola K-Pop yang merokok. Tapi jika mereka keluar untuk merokok, para sasaeng akan berada di sana untuk mengambil ratusan foto. Jadi mereka tidak punya pilihan selain merokok di dalam… satu-satunya pilihan adalah untuk tidak merokok dan menanggungnya."

Itulah, fakta seputar D.O EXO bayar denda karena merokok di dalam ruangan. Untuk menjaga kesehatan diri dan orang sekitar agar tetap prima, kesadaran dalam berperilaku juga perlu diperhatikan dengan saksama, ya.

Baca juga:

The Latest