TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

G-Dragon Buka Suara tentang Dugaan Penggunaan Narkoba

G-Dragon sebut dirinya tidak menggunakan narkoba lewat sang pengacara

Setelah kabar aktor Lee Sun Gyun terungkap, selanjutnya terdapat selebriti lainnya yang didakwa polisi karena dugaan penggunaan narkoba, yaitu idol, G-Dragon. G-Dragon adalah anggota Big Bang lainnya, setelah Seungri dan T.O.P, yang menghadapi tuntutan pidana.

Polisi menangkapnya minggu ini karena dugaan penggunaan narkoba ilegal. Namun, dini hari 27 Oktober, G-Dragon membuat pernyataan bahwa ia tidak berkaitan dengan narkoba.

Berikut, Popmama.com bagikan fakta seputar G-Dragon buka suara tentang dugaan penggunaan narkoba. 

 

1. G-Dragon katakan tidak pakai narkoba lewat pengacara

Instagram.com/xxxibgdrgn

Pada dini hari tanggal 27 Oktober waktu Korea, G-Dragon merilis pernyataan resmi melalui pengacaranya, Kim Su Hyun dari firma hukum K1 Chamber, bahwa ia tidak menggunakan narkoba.

G-Dragon mengatakan, "Saya Kwon Ji Yong. Pertama-tama, saya tidak menggunakan narkoba. Lebih jauh lagi, saya ingin mengklarifikasi bahwa pemberitaan baru-baru ini tentang 'pelanggaran undang-undang pengendalian narkoba' tidak ada hubungannya dengan saya."

Ia menambahkan, "Namun, saya sadar banyak orang yang khawatir, jadi saya akan secara aktif bekerja sama dengan lembaga investigasi dan dengan sungguh-sungguh mematuhi penyelidikan."

2. Tidak berkaitan dengan kasus Lee Sun Gyun

allkpop.com

Pada tanggal 25 Oktober, Unit Investigasi Kejahatan Narkoba Kepolisian Incheon mengumumkan bahwa mereka telah mendakwa G-Dragon atas dugaan pelanggaran Undang-Undang Pengendalian Narkotika dan saat ini sedang menyelidiki masalah tersebut. Namun, polisi menjelaskan bahwa kasus G-Dragon tidak ada kaitannya dengan insiden penggunaan narkoba yang dilakukan Lee Sun Gyun.

Sementara itu, polisi telah menyelidiki 8 orang terkait kasus Lee Sun Gyun. Lee Sun Gyun telah didakwa karena melanggar Undang-Undang Pengendalian Narkotika, dikarenakan menggunakan ganja dan obat-obatan sintetis. Polisi berencana melakukan tes zat terhadap Lee Sun Gyun dalam waktu dekat untuk mengetahui jenis narkoba yang ia gunakan dan frekuensi penggunaannya.

3. Undang-undang terkait obatan terlarang ketat di Korea Selatan

Freepik.com/freepik

Korea Selatan mempunyai undang-undang yang sangat ketat mengenai obat-obatan terlarang, dan bahkan warga Korea yang menggunakan obat-obatan terlarang seperti mariyuana secara legal di luar negeri berisiko dituntut setelah kembali ke negara asal mereka.

Obat-obatan terlarang memang sangat menjadi isu yang penting di Korea Selatan. Bahkan, beberapa waktu lalu viral mengenai ibu yang memberikan ganja kepada anaknya sebagai obat, dan itu membuat isu yang cukup besar.

4. YG Entertainment jauhkan diri dari kasus G-Dragon

ygfamily.com

Di lain pihak, terdapat YG Entertainment yang ikut menanggapi kejadian terkait G-Dragon. Mantan agensinya, YG Entertainment, menyatakan, “Dia saat ini tidak berada di bawah agensi kami, jadi sulit memberikan tanggapan resmi.”

Sebelumnya, YG mengungkapkan bahwa kontrak eksklusif G-Dragon telah berakhir pada bulan Juni dan menyebutkan, "Kami bekerja sama melalui kontrak terpisah untuk periklanan dan aktivitas lainnya. Kontrak tambahan akan dibahas saat melanjutkan aktivitas musik, dan YG akan melakukan segala upaya untuk mendukung hal tersebut." 

5. VIP kecewa dengan YG Entertainment

twitter.com/kchartsmaster

Berita penangkapan G-Dragon tersebar di X (sebelumnya Twitter), dan para VIP, sebutan untuk fandom Big Bang, bereaksi dengan berbagai tingkat keterkejutan, ketidakpercayaan, dan kesedihan. Banyak yang mengkritik YG karena melemparkan mantan artisnya ke bawah bus. Yang artinya membuat orang lain menderita demi menyelamatkan diri sendiri atau mendapatkan keuntungan pribadi.

Seorang penggemar menuliskan, “Itulah mengapa tidak seorang pun boleh mendukung sebuah perusahaan, karena mereka akan menentang artisnya kapan saja. Bahkan jika artis tersebut mendedikasikan sebagian besar hidupnya di sana, mereka tidak akan peduli dan akan berpura-pura tidak mengenal mereka,” 6. G-Dragon banjir dukungan dari fans

Walaupun skandal narkoba tersebut sempat mengejutkan banyak VIPs Korea, tetapi para VIPs internasional bereaksi berbeda. VIPs internasional justru mengirimkan dukungan kepada G-Dragon, dan sang idola terlihat menanggapi dukungan tersebut. G-Dragon telah melike dalam sebuah postingan penggemar yang mendukungnya.

Banyak VIPs internasional telah mengirimkan dukungan mereka melalui media sosial secara terus menerus. Khususnya, di X, kalimat seperti “STAY STRONG G-DRAGON” menjadi trending online.

6. Big Bang penuh kontroversi

Instagram.com/jiyong.bgdrgn

Bukan pertama kalinya boyband ini menjadi berita utama karena perihal buruk. Mantan anggota Big Bang, Seungri, ditangkap dan dijatuhi hukuman penjara selama 18 bulan karena diduga menjadi perantara antara investor dan pendamping perempuan di klub malam Burning Sun.

Anggota lain T.O.P. juga dipenjara pada tahun 2017 karena dugaan penggunaan ganja. Sekarang, G-Dragon pun ikut terjerat kasus narkoba yang buat banyak penggemar terkejut.

Itulah, G-Dragon buka suara tentang dugaan narkoba. Dengan adanya kasus yang menjerat G-Dragon ini, dirinya menyebutkan akan berkerjasama dengan pihak berwajib jika harus memberikan keterangan atau penjelasan apapun. Di sisi lain, VIPs tetap mendukung idol ini dan ada yang kecewa juga.

Baca juga:

The Latest