TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Resep Katsudon yang Mudah Dibuat, Cocok untuk Buka Puasa

Buka puasa dengan katsudon, makanan asal Jepang yang gampang untuk dibuat!

Katsudon merupakan hidangan khas Jepang, yang mengenyangkan dan mudah dinikmati. Isi hidangan ini berupa semangkuk nasi dengan topping irisan daging babi goreng tepung, telur, sayuran, dan saus manis gurih. Hidangan ini terkenal dan disukai banyak orang di Jepang, bahkan dianggap sebagai makanan comfort food

Nama katsudon berasal dari gabungan "katsu" yang merupakan kependekan dari tonkatsu (irisan daging babi goreng) dan "don" yang merupakan kependekan dari donburi (semangkuk nasi).  Meskipun pada umumnya menggunakan daging babi, ada juga variasi katsudon yang dibuat dengan ayam atau bahkan makanan laut lainnya.

Berikut, Popmama.com bagikan resep katsudon yang mudah dibuat, cocok untuk buka puasa hari ini! Resep ini juga berasal dari Gio, jebolan Masterchef Indonesia Season 10, lho. 

1. Bahan-bahan Katsudon

Instagram.com/gio.mci10
  1. 1 ptg dada ayam
  2. 1 sdt garam
  3. 1/2 sdt lada hitam
  4. Tepung terigu (secukupnya)
  5. Tepung roti (secukupnya)
  6. 1 btr telur ayam (untuk baluran tepung)
  7. 1/2 bawang bombay
  8. 120 ml kaldu ayam
  9. 2 sdm kecap asin
  10. 2 sdm mirin (opsional)
  11. 2 sdt Gula
  12. 2 btr telur ayam (untuk katsu)
  13. Daun bawang
  14. Togarashi/ Bubuk cabai

2. Cara membuat katsudon

Instagram.com/gio.mci10
  1. Pertama-tama, belah dua dada ayam, lalu pukul daging agar rata saat dimasak nanti. Lalu, kamu bisa tambahkan garam, lada hitam.
  2. Siapkan telur yang sudah dikocok
  3. Balurkan daging ayam ke tepung terigu, lalu celupkan ke kocokan telur. Lalu, campurkan dengan tepung roti.
  4. Selanjutnya, kamu bisa membuat kuah bumbu yang terdiri dari semangkuk air yang dicampurkan penyedap secukupnya, kecap asin, mirin (opsional) dan gula.
  5. Kamu bisa menggoreng ayam yang sudah dibumbui, sampai matang atau warna berubah menjadi golden brown dan bertekstur krispi. Lalu potong menjadi irisan kecil.
  6. Selanjutnya, kamu bisa mengiris bawang bombay, lalu menumisnya dengan kuah bumbu yang sudah dipersiapkan sebelumnya, sampai mendidih.
  7. Lalu, masukkan ayam katsu, serta 2 buah telur yang sudah dikocok (jangan kocok terlalu rata), dan tumpahkan ke sekitar ayam, lalu tutup wajan yang dipakai sampai telur set.
  8. Terakhir, tuangkan ke atas nasi hangat, lalu taburkan daun bawang dan togarashi atau bubuk cabai sesuai selera.
  9. Katsudon siap dinikmati!

Itu tadi, resep katsudon yang mudah dibuat. Benar-benar mudah, bukan? Cocok untuk jadi menu berbuka puasa hari ini atau di esok hari.

Baca juga:

The Latest