TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Manfaat Meditasi dengan Mendengarkan Musik

Meditasi dengan mendengarkan musik bisa membawa pengaruh baik dalam tubuh

Dok. Bose

Meditasi merupakan teknik menenangkan diri yang sudah ada dan digunakan sejak ribuan tahun lalu. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan mental maupun fisik seseorang. Mungkin bagi sebagian orang teknik ini sudah jadul, tetapi nyatanya akhir-akhir ini popularitas meditasi justru semakin meningkat.

Belum lagi terdapat berbagai metode baru yang dikembangkan dalam melakukan meditasi agar orang bisa mencapai kondisi meditasi yang optimal. Salah satu metodenya ialah dengan mendengarkan musik.

Seperti halnya pada acara perkenalan Bose Ultra Open Earbuds, salah satu perangkat audio milik Bose. Bose juga ikut mengusung teknik meditasi dengan mendengarkan musik melalui produknya tersebut. Acara tersebut diselenggarakan pada Jumat (7/6/2024) di Senopati, Jakarta Selatan.

Saat acara berlangsung, sesi meditasi dipandu oleh seorang instruktur meditasi dari Our Happiness Matters, Bagia Arif Saputra. Ia menjelaskan beberapa manfaat dari meditasi dengan mendengarkan musik.

Lantas apa saja manfaat yang dirasakan ketika meditasi dengan mendengarkan musik. Berikut ini Popmama.com berhasil merangkum informasi terkait manfaat meditasi dengan mendengarkan musik secara detail. Yuk, simak terus sampai habis!

1. Meningkatkan saturasi oksigen

Freepik

Cara meditasi dengan mendengarkan musik dapat meningkatkan saturasi oksigen, sehingga bisa membuat tubuh menjadi rileks. 

Caranya mudah, hanya dengan duduk bersila, kedua tangan di atas lutut dengan posisi ke atas dan terbuka, mengatur napas lebih dalam atau disebut napas diafragma, tarik sampai terasa perut mengembang, dan membuangnya melalui hidung. 

Lakukan meditasi dengan menutup mata, ditambah alunan musik dapat terbayang hal-hal positif dan rehat sejenak dari permasalahan yang ada.

Hal ini dikatakan langsung oleh Bagia, ketika melakukan napas tersebut, otomatis diafragma dan rongga dada terbuka sehingga paru-paru terisi oksigen sampai penuh.

2. Meditasi bisa membuat seseorang kembali fresh

Freepik

Kalau hanya bernapas tidak sampai full, tubuh akan dominan lelah dan mengantuk. Bagi orang-orang yang sedang mengalami tekanan, meditasi ini cocok untuk membuatnya menjadi lebih tenang. Apalagi dengan mendengarkan lantunan musik yang adem, seseorang bisa kembali fresh.

“Mungkin yang lagi ngerasa anxiety, kesal, marah, bete, biasanya akan lebih tenang. Secara biologis, saat kita mengatur napas, maka otomatis perasaan kita akan ter-influence,” ucap Bagia saat sesi meditasi pada acara Bose.

3. Meditasi bisa membuat seseorang apresiasi pada diri sendiri

Freepik

Saat meditasi berlangsung, Bagia menyuruh pesertanya untuk membayangkan kehidupan masa kecilnya masing-masing. Terbawa dengan alunan musik, memanggil diri sendiri di masa kecil dan rasakan perasaan apa saja yang telah dilewati.

“Sampaikan padanya. Diri kecilku sayang, aku memaafkanmu atas semua kesalahanmu, aku menerimamu apa adanya, dan aku mencintaimu. Aku menyayangimu sepenuh hatiku. Aku akan mewujudkan kebahagiaanmu untuk masa depanmu, aku berjanji tak akan menyerah untukmu,” ucapnya.

Tak hanya itu saja, peserta juga diperintah untuk memeluk pada diri sendiri. Ini sebagai tanda bangga akan diri sendiri dan ucapan terima kasih pada masa kecil.

4. Meditasi bisa membuat seseorang tidur cepat

Freepik/Yanalya

Seseorang yang terbiasa melakukan meditasi cenderung memiliki tidur yang lebih cepat dari biasanya. Teknik ini bisa digunakan bagi orang-orang yang memiliki gangguan tidur atau insomnia.

Caranya dengan melakukan napas diafragma sebelum tidur.

“Coba 5 menit, 10 menit. Pokoknya kalo kayaknya udah harus tidur nih, tapi nggak bisa tidur, rebahan saja, simpan HP-nya, atau playrelaxingmusic, atur napasnya. Pasti akan ketiduran,” jelas Bagia.

5. Efek dari musik ketika meditasi

Freepik

Mendengarkan musik saat meditasi dapat membawa atmosfer atau suasana agar lebih rileks. Ketika mendengarkannya juga harus memakai musik yang pembawaannya kalem.

Selain untuk relaksasi, meditasi juga dapat digunakan orang untuk charge up pada diri sendiri. Seperti seseorang yang bersemangat bisa memakai musik yang nadanya berenergi. 

Itulah rangkuman informasi terkait manfaat meditasi dengan mendengarkan musik. Ini bisa menjadi rekomendasi Mama merasakan relaksasi ketika sedang merasa stres atau galau, apalagi meditasi ini tidak perlu mengeluarkan sepeser uang pun.

Baca juga:

The Latest