TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Prediksi BMKG: Musim Hujan Mulai November 2024 hingga Februari 2025

Musim hujan akan mulai dari Indonesia bagian barat dan bertahap ke bagian timur

Freepik/Kireyonok_Yuliya

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa musim hujan di Indonesia akan berlangsung dari November 2024 hingga Februari 2025. Meskipun demikian, beberapa wilayah di Indonesia sudah mengalami musim hujan lebih awal, bahkan sejak awal September 2024.

Dalam Jumpa Pers Prakiraan Awal Musim Hujan 2024/2025 pada Kamis (19/9/2024), Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menyatakan bahwa musim hujan akan dimulai di wilayah barat Sumatra pada Agustus 2024 dan secara bertahap akan menyebar ke wilayah timur hingga Desember 2024.

Dwikorita juga menekankan bahwa musim hujan kali ini akan tiba lebih cepat dari biasanya. Selain itu, curah hujan pada musim 2024/2025 diprediksi akan berada pada tingkat normal, yang berarti tidak terlalu basah maupun terlalu kering.

Berikut Popmama.com akan membagikan informasi seputar prediksi BMKG: musim hujan mulai November 2024 hingga Februari 2025 secara detail.

1. Hujan akan mulai di bulan November 2024

Dok. BMKG

Dwikora menyatakan bahwa puncak musim hujan di Indonesia akan terjadi dengan intensitas tinggi pada November 2024 di wilayah barat, sementara wilayah timur akan mengalaminya pada Januari hingga Februari 2025. 

Beberapa daerah diperkirakan mengalami curah hujan di atas normal, seperti Pulau Sumatra, pesisir selatan Jawa bagian barat, Kalimantan, sebagian wilayah NTT, dan lainnya.

Musim hujan 2024/2025 diperkirakan akan datang lebih awal dari biasanya, dengan durasi hujan yang juga lebih lama dari rata-rata di sejumlah wilayah.

2. Suhu laut yang hangat percepat datangnya musim hujan

Freepik/jannoon028

Deputi Bidang Klimatologi, Ardhasena, menyatakan bahwa suhu permukaan laut di Indonesia cukup hangat, yang menyebabkan sebagian besar wilayah zona musim mengalami awal musim hujan lebih cepat.

Hal ini juga memicu musim hujan dengan intensitas normal hingga di atas normal di beberapa wilayah zona musim.

Dalam konferensi pers tersebut, Ardhasena mengimbau untuk tetap waspada, terutama di daerah dengan curah hujan normal, karena di hampir seluruh wilayah Indonesia, potensi bencana hidrometeorologi ekstrem, seperti banjir bandang dan tanah longsor, masih tinggi.

3. Intensitas hujan tinggi melampaui 500 mm dalam sebulan

Dok. BMKG

Dwikorita menyampaikan bahwa mulai Oktober 2024 hingga Januari 2025, beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami curah hujan yang cukup tinggi.

“Mulai dari Sumatra di bulan November itu curah hujannya cukup banyak. Kalimantan juga sama. Desember di Kalimantan juga terlihat masih cukup tinggi. Sedangkan, daerah di pertengahan Pulau Jawa dari November hingga Desember berlanjut ke Februari diprediksi akan mengalami curah hujan yang cukup tinggi,” ucap Dwikorita.

Ia mengingatkan agar masyarakat tidak terbuai pada kata-kata ‘normal’, karena di Indonesia, curah hujan normal bisa mencapai hingga 500 mm per bulan.

“Jangan terbuai dengan kata-kata normal ya, karena normalnya di Indonesia itu, apalagi daerah yang hijaunya tebal itu (daerah dengan curah hujan tinggi), curah hujannya bisa sampai 400 mm perbulan, bahkan di daerah yang hijau pun bisa sampai 500 mm perbulan,” lanjutnya.

Di sisi lain, Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, menjelaskan bahwa berdasarkan pengamatan saat ini, Indonesia masih berada dalam masa transisi menuju musim hujan sejak September. 

Dwikorita juga mengimbau pemerintah daerah untuk mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terhadap musim hujan yang akan datang.

Itulah informasi seputar prediksi BMKG: musim hujan mulai November 2024 hingga Februari 2025. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu untuk menghadapi musim hujan nanti, ya.

Baca juga:

The Latest