TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Biodata dan Profil Retno Pinasti, Moderator Debat Cawapres 2024

KPU Resmi tunjuk Retno Pinasti sebagai moderator debat keempat Pilpres 2024

Instagram.com/retnopinasti

Debat Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024 sudah memasuki edisi keempat. Debat keempat Pilpres 2024 ini akan diikuti oleh para calon wakil presiden (cawapres), mulai dari Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Debat cawapres 2024 edisi kedua akan dilaksanakan pada Minggu (21/1/2024). Menuju hari pelaksanaan debat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pelaksana Pemilu 2024 telah menunjuk Retno Pinasti sebagai moderator bersama Zilvia Iskandar.

Selama ini, sosok Retno Pinasti memang sudah tidak lagi asing bagi publik. Sering muncul di televisi dengan membawakan berita membuat publik sudah mengenal sosok Retno.

Berikut Popmama.com sudah merangkum biodata dan profil Retno Pinasti dari berbagai sumber secara detail.

Yuk, disimak!

Biodata Singkat Retno Pinasti

Instagram.com/newsachorindonesia.official
  • Nama lengkap: Retno Pinasti
  • Dikenal sebagai: Retno Pinasti
  • Nama panggilan: Eno
  • Tanggal lahir: Yogyakarta, 10 Januari 1976
  • Karier: Jurnalis, Pemimpin Redaksi SCTV-Indosiar
  • Instagram: @retnopinasti

Selain melalui biodata singkat, kamu juga bisa mengenal sosok Retno Pinasti lebih dekat dari beberapa fakta menarik tentang dia. Bagi kamu yang penasaran dengannya, tentu wajib mengetahui fakta profil dari sosok Retno Pinasti.

Ini dia profil Retno Pinasti!

1. Retno Pinasti memulai kariernya di stasiun televisi saat masih kuliah

Instagram.com/widhieanthony

Sebelum dikenal sebagai jurnalis seperti sekarang, sosok Retno Pinasti ternyata memulai kariernya di stasiun televisi saat masih kuliah di Yogyakarta. Kala itu, Retno menjadi orang yang beruntung masuk di TVRI Yogyakarta sebagai presenter pada tahun 1997.

Setelah dirinya lulus dari Universitas Gadjah Mada (UGM), jurusan Bahasa Inggris, Retno kemudian pindah ke Jakarta dan menjalani pekerjaannya di TVRI Pusat. Akan tetapi, dia hanya beberapa bulan di sana.

Retno kemudian melanjutkan kariernya dengan pindah ke stasiun televisi swasta bernama TRANSTV pada tahun 2001 silam.

2. Retno Pinasti kemudian melanjutkan studi Magisternya di Inggris

Instagram.com/retnopinasti

Belum lama bekerja di TRANSTV, Retno Pinasti kemudian melanjutkan pendidikannya dengan mengambil kuliah Magister di Inggris. Dia sendiri saat itu memutuskan untuk mengambil studi television journalism di University of London.

Meski sedang menempuh pendidikan, Retno ternyata tidak melupakan profesi yang sudah dia tekuni sebelumnya, yaitu jurnalis. Dia diketahui sempat menjadi presenter sekaligus video journalist di Independent Television News, London, pada tahun 2002 silam.

Setelah meraih gelar Master of Arts in Television Journalism, Retno memutuskan untuk kembali ke tanah air. Dia kemudian bergabung dengan stasiun televisi SCTV sebagai reporter dan presenter pada tahun 2003.

3. Retno Pinasti sempat menjadi jurnalis VOA di Amerika

Instagram.com/retnopinasti

Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2005, Retno Pinasti melanjutkan cerita perjalanannya dengan menjadi jurnalis di Voice of America (VOA), Washington D.C., Amerika Serikat. Di sana, Retno merangkap posisi sebagai presenter, produser, dan video journalist.

Selama berkarier di Amerika, Retno mendapatkan pengalaman yang sangat fenomenal. Dia ternyata sempat meliput momen pelantikan Presiden Barrack Obama pada tahun 2009 silam.

4. Retno Pinasti bertemu dengan suami saat bekerja di Amerika

Instagram.com/wylangguso

Tidak hanya mendapatkan pengalaman berharga di dunia jurnalistik, Retno Pinasti ternyata juga menemukan jodohnya saat berada di Amerika. Anak pertama dari dua bersaudara ini pernah mengungkapkan bahwa dirinya bertemu dengan suami di sana.

Saat pertama kali bertemu, suaminya ternyata masih menempuh kuliah di Harvard. Menariknya, suami Retno Pinasti ternyata juga merupakan orang Yogyakarta. Mereka yang saat itu sama-sama perantau kemudian dipertemukan di sana.

5. Retno Pinasti kembali bergabung dengan SCTV pada tahun 2011

Instagram.com/retnopinasti

Setelah menjalani kariernya di VOA, Retno Pinasti diketahui kembali pulang ke Indonesia. Setibanya di Indonesia, Retno kembali bergabung dengan SCTV pada tahun 2011 lalu sebagai produser, pembawa berita, dan koordinator talenta.

Retno kemudian mendapatkan posisi sebagai Head of Talent and Presentation. Walau demikian, Retno kala itu masih tetap menyapa pemirsa sebagai presenter Liputan6 Petang dan Liputan6 Siang.

Keputusan untuk kembali ke Indonesia setelah tujuh tahun bekerja di Amerika ternyata dilandasi pula dengan rasa kangennya terhadap orangtua. Terpisah oleh jarak dan memiliki waktu yang sedikit dengan keluarga membuatnya kembali ke Indonesia.

6. Retno Pinasti sempat dipilih oleh KPU sebagai moderator debat pada 2019

Instagram.com/retnopinasti

Pada Pilpres 2019 lalu, Retno Pinasti ternyata sempat menjadi moderator debat. Saat itu, KPU menunjuk Retno Pinasti sebagai moderator debat keempat Pilpres 2019 bersama Zulfikar Naghi.

Saat ditunjuk KPU sebagai moderator, Retno Pinasti diketahui merupakan pembawa acara berita di stasiun televisi SCTV, sementara Zulfikar Naghi adalah pembawa berita di stasiun televisi Indosiar.

Debat keempat saat itu mempertemukan kembali Joko Widodo dan Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) yang maju pada Pilpres 2019.

7. Retno Pinasti ditunjuk KPU sebagai moderator debat keempat Pilpres 2024

Instagram.com/retnopinasti

Debat Pilpres 2024 akan memasuki edisi keempatnya pada Minggu (21/1/2024). Menjelang pelaksanaan debat yang diikuti oleh para cawapres itu, KPU sudah menunjuk moderator debat.

Pada debat cawapres kali ini, KPU menunjuk Retno Pinasti sebagai moderator debat bersama Zilvia Iskandar. Dua nama itu nantinya akan memandu pelaksanaan debat keempat Pilpres 2024.

"Untuk kali ini, debat keempat, (moderator) dua-duanya perempuan. Pertama, Retno Pinasti dari SCTV, dan yang kedua Zilvia Iskandar dari Metro TV," jelas Komisioner KPU RI, August Mellaz, di kantor KPU yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2024).

Jadi, itulah biodata dan profil Retno Pinasti yang sudah dirangkum secara detail. Lewat biodata dan profil di atas, kamu tentunya semakin mengenal sosok Retno Pinasti lebih dekat.

Baca juga:

The Latest