TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cara dan Syarat Daftar QR Code Pertamina untuk Beli Pertalite

Ketahui syarat daftar QR Code Pertamina untuk beli Pertalite di SPBU Pertamina

Pertamina.com

Guna memastikan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tepat sasaran, Pertamina meluncurkan penggunaan QR Code. Nantinya, kode QR itu dapat digunakan masyarakat untuk membeli BBM bersubsidi, seperti Pertalite.

Tujuan penggunaan kode QR itu agar subsidi energi yang diberikan benar-benar dinikmati oleh kalangan masyarakat yang memang berhak mendapatkannya.

Pihak Pertamina mengklaim bahwa jumlah pendaftar yang terverifikasi dan telah mendapat QR Code saat ini sudah mencapai 3,9 juta konsumen. Heppy Wulansari selaku Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga pun imbau masyarakat agar segera mendaftar.

"Bagi Masyarakat pengguna Pertalite yang belum melakukan pendaftaran, diharapkan segera melakukannya untuk memastikan akses subsidi BBM yang tepat sasaran," katanya dalam keterangan resmi.

Lebih jelasnya, informasi tentang cara dan syarat daftar QR code Pertamina untuk beli Pertalite sudah Popmama.com rangkumkan secara detail dalam artikel kali ini.

Yuk, disimak!

Cara dan Syarat Daftar QR Code Pertamina untuk Beli Pertalite

1. Siapkan dokumen yang diperlukan

onesolution.pertamina.com

Untuk dapat mendaftarkan diri dan mendapatkan QR Code Pertamina, maka kamu perlu lebih dulu menyiapkan segala dokumen penting yang diperlukan. Berikut persyaratan dokumen yang diperlukan untuk mendaftar QR Code Pertamina, antara lain: 

  • Foto KTP (Kartu Tanda Penduduk) harus jelas dan terbaca dengan semua informasi yang diperlukan terlihat dengan baik
  • Foto diri terbaru dengan latar belakang yang bersih dan terang
  • Foto bagian depan dan belakang STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • Ambil foto kendaraan dari sudut tampak keseluruhan
  • Ambil foto kendaraan tampak depan nomor polisi. Pastikan nomor polisi yang terpasang pada mobil terlihat jelas dalam foto tersebut
  • Sediakan foto KIR yang jelas apabila kendaraan punyamu memerlukan KIR

Sebagai saran, kamu wajib memastikan semua foto yang dikirim baik itu KTP, STNK, foto diri, hingga kendaraan harus memiliki kualitas yang baik. Foto tersebut harus dalam format JPG dan memiliki resolusi tinggi.

Sebaiknya, hindari foto yang pecah atau buram karena ini bisa memperlambat proses verifikasi.

2. Unggah dokumen di situs Subsidi Tepat MyPertamina

pertamina.com

Setelah semua dokumen yang diperlukan sudah dipersiapkan. Berikutnya, unggah dokumen itu ke platform pendaftaran yang disediakan. Kamu bisa mengakses situs Subsidi Tepat MyPertamina di https://subsiditepat.mypertamina.id untuk melakukan registrasi.

Lebih jelasnya, ini cara unggah dokumen di situs Subsidi Tepat MyPertamina untuk mendapatkan QR Code Pertamina: 

  • Kunjungi situs Subsidi Tepat MyPertamina dengan browser atau peramban versi terbaru
  • Bacalah syarat dan ketentuan pengguna BBM subsidi sebelum mendaftar. Jika sudah membaca, klik tombol 'Daftar Sekarang' untuk membuat akun baru
  • Isi formulir pendaftaran informasi pribadi seperti nama lengkap, NIK, nomor ponsel, email, dan kata sandi
  • Lakukan verifikasi email. Pastikan, email yang kamu daftarkan dalam keadaan aktif. Nantinya, situs Subsidi Tepat akan mengirimkan email aktivasi untuk melanjutkan pendaftaran
  • Aktifkan akunmu dengan melakukan aktivasi alamat email lewat pesan email yang diterima. Lalu, masuk ke akun untuk melengkapi data diri
  • Login ke Subsidi Tepat dengan NIK dan kata sandi akun yang sudah kamu buat
  • Setelah login masukkan kode verifikasi yang telah dikirim secara otomatis ke email
  • Isi data diri dan alamat. Lengkapi data diri dan alamat sesuai dengan petunjuk yang ada di formulir. Pastikan foto KTP yang diunggah terlihat jelas dan terbaca
  • Setelah isi data diri dan alamat, lanjutkan dengan mendaftarkan kendaraan. Pilih jenis kendaraan lebih dulu sesuai kategori yang tersedia pada situs
  • Masukkan data kendaraan, lalu, klik tombol 'Cek Data Unit' untuk memulai pengecekan
  • Unggah foto kendaraan jika data kendaraan sudah berhasil diverifikasi. Pastikan nomor polisi kendaraan terlihat jelas pada foto yang diunggah
  • Jika kendaraan digunakan lebih dari satu orang, tambahkan data pengguna kendaraan lainnya

3. Tunggu proses verifikasi

pertamina.com

Setelah mengunggah semua dokumen, maka langkah terakhir adalah menunggu proses verifikasi dari Pertamina. Biasanya, proses verifikasi memakan beberapa hari kerja, yaitu 14 hari. Nantinya, kamu akan mendapatkan notifikasi apabila pendaftaran diterima.

Cek emailmu atau situs Subsidi Tepat MyPertamina untuk melihat hasil verifikasi. Setelah kendaraan terverifikasi, kamu bisa unduh atau cetak kode QR untuk digunakan saat membeli BBM subsidi seperti Pertalite.

Pendaftaran QR Code akan difokuskan di wilayah Jawa-Bali

pertamina.com

Pendaftaran QR Code ini akan difokuskan lebih dulu di wilayah Jawa, Madura, hingga Bali. Meski begitu, pihaknya akan tetap memperluas wilayah pendataan QR Code Pertalite untuk kendaraan roda empat secara bertahap di berbagai wilayah Indonesia.

Sebagian wilayah tersebut terdiri dari Kepulauan Riau (Kepri), Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Kabupaten Timika.

Rencananya, tahap 1 bisa selesai 100 persen pada akhir September 2024 ini. Sementara sisanya dilakukan pada tahap kedua yang rencananya dijadwalkan paling cepat pada bulan Oktober-November 2024.

Jadi, itulah rangkuman informasi tentang cara dan syarat daftar QR Code Pertamina untuk beli Pertalite. Semoga informasi kali ini bermanfaat ya Ma, Pa.

Baca juga:

The Latest