TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Catat! Ini Daftar Bansos yang Cair di Bulan Juni 2024

Ada berbagai bansos yang cair untuk bantu masyarakat

Popmama.com/Juan Dwi Satya

Beberapa program bantuan sosial atau yang dikenal dengan sebutan bansos kabarnya ditargetkan akan dilanjutkan hingga bulan Juni 2024 mendatang, Ma.

Dikutip dari laman IDN Times, Presiden Jokowi bahkan meminta bansos beras bisa terus disalurkan sampai akhir tahun dengan tetap mempertimbangkan ketersediaan dana anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Tercatat, dari daftar bansos yang cair di bulan Juni 2024, beberapa terdiri dari pangan, uang, hingga bantuan pendidikan. Informasi lebih lengkapnya soal bansos Juni 2024 sudah Popmama.com rangkumkan secara detail dalam artikel kali ini.

Ayo, disimak!

1. Bansos beras 10kg

Popmama.com/Juan Dwi Satya

Sesuai arahan Presiden, bantuan pangan beras kabarnya akan terus dilanjutkan hingga bulan Juni. Hal ini sempat disampaikan sebelumnya oleh Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi.

Nantinya, penerima bantuan yang satu ini akan dipilih berdasarkan pada data dari Program Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Kabarnya, ada total 22 juta KPM yang akan menerima bantuan tersebut.

2. BLT Mitigasi Risiko Pangan

Unsplash/Redicul Pict

Bantuan sosial yang juga akan disalurkan kepada masyarakat adalah BLT Mitigasi Risiko Pangan. Sebagai informasi, bansos yang satu ini menjadi pengganti dari program BLT El Nino yang sejatinya sudah berakhir pada bulan Desember 2023 lalu.

Lewat program ini, masyarakat akan diberikan bantuan selama tiga bulan secara berturut-turut dengan besaran Rp200.000 per bulan atau total Rp600.000. Akan tetapi, bansos ini kabarnya belum cair sepenuhnya pada bulan yang telah ditentukan.

Untuk mengecek nama telah terdaftar sebagai penerima BLT Mitigasi Risiko Pangan atau belum dapat dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos.

3. Program Keluarga Harapan (PKH)

Unsplash/Mufid Majnun

Program Keluarga Harapan juga menjadi daftar bansos lainnya yang dikabarkan bakal diterima oleh masyarakat pada Juni 2024 mendatang. Bantuan ini akan disalurkan melalui Kartu KKS dan PT Pos Indonesia.

Berikut jumlah nominal bansos PKH untuk setiap kategori penerima manfaat yang dikutip dari situs resmi Kementerian Sosial (Kemensos), antara lain:

  • Ibu Hamil/Nifas: Rp750.000/tahap atau Rp3.000.000/tahun
  • Anak Usia Dini 0-6 Tahun: Rp750.000/tahap atau Rp3.000.000/tahun
  • Pendidikan Anak SD/Sederajat: Rp225.000/tahap atau Rp900.000/tahun

4. Bantuan Pangan Non Tunai

Freepik/jcomp

Bansos berikutnya datang dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Bantuan ini biasanya mencakup bantuan berupa Kartu Sembako yang menyasar kepada KPM yang telah terdaftar dalam DTKS Kemensos.

Saat ini, jenis bansos yang satu ini statusnya sudah berubah dari semula SPM menjadi SP2D atau Surat Perintah Pencairan Dana. Status tersebut diperuntukkan kepada KPM yang pencairannya melalui PT Pos Indonesia.

Sebagai informasi, BPNT adalah salah satu bentuk bansos yang diberikan Kemensos kepada masyarakat yang membutuhkan. Akan tetapi, tak semua orang bisa dapat bantuan ini. Tentunya, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk jadi penerima.

Bantuan tersebut akan didistribusikan berupa uang tunai sebesar Rp200.000 per bulan dan dibagikan setiap dua bulan sekali.

5. Bansos pendidikan Program Indonesia Pintar

Unsplash/Syahrul Alamsyah Wahid

Selain itu, ada pula bansos pendidikan dari Program Indonesia Pintar (PIP). Program ini merupakan bantuan dalam bentuk uang tunai untuk pendidikan.

PIP memiliki tujuan yang mulia, yaitu untuk memperluas akses dan kesempatan belajar bagi para siswa dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin. Adapun besaran bantuan yang diberikan sesuai jenjang sebagai berikut:

  • SD/SDLB/Program Paket A: Rp225.000 untuk kelas VI semester genap; Rp450.000 untuk kelas I, II, III, IV, dan V semester genap.
  • SMP/SMPLB/Program Paket B: Rp375.000 untuk kelas IX semester genap; Rp750.000 untuk kelas VII dan VIII semester genap.
  • SMA/SMALB/Program Paket C: Rp500.000 untuk kelas XII semester genap; Rp1.000.000 untuk kelas X dan XI semester genap.
  • SMK: Rp500.000 untuk kelas XII semester genap; Rp1.000.000 untuk kelas X dan XI semester genap.
  • SMK Program 4 Tahun: Rp500.000 untuk kelas XII semester genap; Rp1.000.000 untuk kelas X, XI, dan XII semester genap.

Jadi, itulah daftar bansos yang cair di bulan Juni 2024. Dari rangkuman di atas, Mama tentunya jadi mengetahui lebih dekat mengenai daftar bansos yang kabarnya akan cair di bulan depan.

Semoga informasi kali ini bermanfaat, ya. 

Baca juga:

The Latest