TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kapan Tahun Baru Imlek 2024? Cek Tanggalnya di Sini!

Imlek yang dirayakan setiap tahun ternyata bukan hari keagamaan, lho

Freepik/jcomp

Seperti diketahui, momen Tahun Baru Imlek setiap tahunnya dirayakan oleh masyarakat Tionghoa. Perayaan itu tentu saja tak ketinggalan dirayakan oleh masyarakat asli maupun keturunan Tionghoa yang tinggal di Indonesia.

Pada umumnya, Tahun Baru Imlek akan jatuh di antara bulan Januari atau Februari. Lantas, kapan tahun baru Imlek 2024?

Informasi tentang Tahun Baru Imlek 2024 sudah Popmama.com rangkumkan dari berbagai sumber berikut ini.

Yuk, disimak!

Bukan Hari Keagamaan, Lantas Apa Itu Imlek?

Freepik/our-team

Peringatan momen Tahun Baru Imlek memang sudah setiap tahun dilakukan. Akan tetapi, masyarakat awam masih ada yang belum mengetahui sama sekali mengenai Imlek. Lalu, apa itu Imlek?

Kata Imlek berasal dari bahasa Mandarin, spesifiknya kata tersebut lahir dari dialek Hokkien. Imlek dalam dialek Hokkien terdiri atas dua suku kata, yaitu im yang berarti 'bulan' dan lek yang berarti 'penanggalan'. Dari kata tersebut, Imlek berarti 'kalender bulan'.

Namun, istilah ini berbeda dalam bahasa Mandarin. Kata Imlek dikenal dengan sebutan anyin li. Meski begitu, maknanya tetap sama yang adalah 'lunar calendar' atau 'kalender bulan'.

Perlu kamu ingat, Imlek bukanlah hari keagamaan. Perayaan ini biasanya diperingati oleh orang asli maupun keturunan Tionghoa atau yang memegang tradisi Chinese, terlepas apa pun agamanya.

Kapan Tahun Baru Imlek 2024?

Freepik

Melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024, pemerintah telah menetapkan bahwa Tahun Baru Imlek 2024 jatuh pada tanggal 10 Februari 2024.

Sebagai informasi, Tahun Baru Imlek 2024 adalah perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili yang menandai dimulainya Tahun Naga Kayu.

Apakah Ada Cuti Bersama Tahun Baru Imlek 2024?

Freepik/jcomp

Cuti bersama biasanya terdapat pada sebelum maupun sesudah hari besar nasional di Indonesia. Lalu, apakah ada cuti bersama Tahun Baru Imlek 2024?

Tidak hanya menetapkan peringatan Hari Tahun Baru Imlek 2024, pemerintah melalui SKB 3 Menteri juga mengumumkan bahwa cuti bersama Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili jatuh pada tanggal 9 Februari 2024.

Jadi, itulah rangkuman informasi tentang tanggal merah Tahun Baru Imlek dan cuti bersamanya di tahun 2024. Lewat artikel ini, kamu tidak hanya tahu tentang tanggal Tahun Baru Imlek 2024 saja, tetapi juga arti dari kata Imlek.

Baca juga:

The Latest