TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Siapa Dokter Aulia Risma Lestari yang Tewas Diduga karena Dibully?

Kasus kematian Aulia Risma Lestari kini jadi sorotan publik

x.com/bambangsuling11

Peringatan:

Konten dalam artikel ini bukan bertujuan menginspirasi atau mengajak siapa pun untuk melakukan tindakan bunuh diri. Segera konsultasikan pada dokter, psikolog, psikiater atau klinik kesehatan mental jika kamu atau tahu seseorang memiliki gejala depresi atau kecenderungan untuk ingin bunuh diri.

Belum lama ini, publik di media sosial dikejutkan dengan berita duka yang datang dari dunia kedokteran. Seorang dokter bernama Aulia Risma Lestari dikabarkan tewas bunuh diri di kamar kos.

Kabar ini turut disiarkan di media sosial X (dulu bernama Twitter) oleh warganet dengan akun @bambangsuling11. Menurut informasi yang beredar, Aulia diduga bunuh diri karena mengalami perundungan atau bullying selama menjalani pendidikan. 

Viralnya kabar kematian dokter Aulia Risma Lestari membuat tak sedikit orang yang penasaran dan ingin tahu tentang biodata dan profil pribadinya. Lalu, siapa dokter Aulia Risma Lestari?

Informasi lebih lengkapnya sudah Popmama.com rangkumkan secara detail dalam artikel kali ini.

Siapa Dokter Aulia Risma Lestari?

1. Aulia Risma Lestari merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung

x.com/bambangsuling11

Aulia Risma Lestari yang kini sedang viral diketahui merupakan seorang dokter muda kelahiran 1994. Sebelum menjadi dokter, Aulia diketahui mengambil perkuliahan jurusan Fakultas Kedokteran di Universitas Islam Sultan Agung.

Dikutip dari situs Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), Aulia masuk sebagai mahasiswa baru di kampus itu pada tahun 2011 dengan menempuh jurusan Sarjana Pendidikan Dokter.

Selama masa studinya, Aulia dikenal sebagai sosok mahasiswi berprestasi. Dia bahkan mendapatkan IPK 3,9 dan meraih status cumlaude. dr. Aulia mengambil jenjang Profesi Dokter pada tahun 2015 di kampus yang sama setelah lulus di 2014.

2. Aulia bertugas di RSUD Kardinah Kota Tegal

Pexels/Pixabay

Tak sedikit yang penasaran dengan latar belakang pekerjaan yang dimiliki Aulia. Tercatat, dr Aulia ternyata merupakan ASN di RSUD Kardinah Kota Tegal. Aulia bekerja di sana dan berstatus sebagai aparatur sipil negara (ASN) sejak 2019 silam.

Sosok Aulia ternyata memiliki penilaian tersendiri di mata orang terdekat. Menurut Plt Direktur RSUD Kardinah Kota Tegal, dr. Lenny Harlina Herdha Santi, korban disebut sebagai pegawai yang ulet dan pribadi yang baik serta menyenangkan.

3. Aulia kemudian lanjutkan pendidikan spesialisasi anestesi di Undip pada tahun 2022

Freepik/8photo

Aulia sendiri memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya atas beasiswa dari pemerintah untuk program PPDS Anestesi di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Menurut informasi dalam laman resmi PDDikti, Aulia resmi masuk sebagai mahasiswa baru di Undip pada tahun 2022. Dia sendiri tercatat menempuh pendidikan di program studi Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif.

4. Aulia diduga tewas bunuh diri karena di-bully

Freepik/kjpargeter

Sayangnya, Aulia ditemukan meninggal dunia di kamar kosnya yang berlokasi di Kelurahan Lempongsari, Semarang, pada Senin (12/8/2024) pukul 23.00 WIB. Kabarnya, perempuan itu mengakhiri hidup diduga karena mengalami perundungan.

Jenazah Aulia ditemukan oleh sang kekasih setelah coba dihubungi dan tak ada respons. Saat ditemukan, jasad Aulia dilaporkan memiliki warna kebiruan pada wajah dan paha, mirip dengan kondisi orang yang sedang tertidur.

Dokter pun dipanggil ke lokasi kejadian oleh polisi. Dari situ, terungkap bahwa korban meninggal dunia dengan obat penenang yang disuntikkan sendiri oleh korban ke tubuhnya.

Kapolsek Gajahmungkur, Kompol Agus Hartono, pun membantah kabar Aulia bunuh diri. Dia menyebut, Aulia meninggal kemungkinan akibat penggunaan obat yang disuntikkan untuk membantu tidur.

Di sisi lain, sebuah buku harian milik Aulia ditemukan pada kamar kos. Kompol Agus menjelaskan bahwa Aulia mencurahkan isi hatinya dalam buku harian. Bahkan, buku harian itu memuat cerita tentang perbuatan seniornya di tempat praktik.

Aulia kabarnya sudah menceritakan hal ini kepada orangtuanya dan minta untuk mengundurkan diri karena sudah tidak kuat lagi. Namun, dia tidak bisa mundur karena terikat beasiswa. Dia bahkan harus membayar uang Rp500 juta jika putuskan untuk mundur.

5. Undip angkat bicara, sebut Aulia meninggal bukan karena perundungan

Undip.ac.id

Beredarnya kabar Aulia Risma Lestari yang diduga tewas bunuh diri karena di-bully sudah sampai ke telinga pihak Undip. Terbaru, Rektor Undip Prof. Dr. Suharnomo menjelaskan bahwa Aulia meninggal dunia bukan karena dugaan perundungan.

Alih-alih mengalami perundungan, Aulia disebut memiliki masalah kesehatan yang mempengaruhi proses belajar yang sedang ditempuh di Undip. Pihaknya pun tak menampik kabar soal Aulia yang ingin mengundurkan diri.

"Berdasarkan kondisi kesehatannya, Almarhumah sempat mempertimbangkan untuk mengundurkan diri, namun karena beliau adalah penerima beasiswa sehingga secara administratif terikat dengan ketentuan penerima beasiswa, sehingga Almarhumah mengurungkan niat tersebut," jelas Suharnomo dalam siaran pers yang dilihat Popmama.com, Kamis (15/8/2024).

Itulah rangkuman fakta Aulia Risma Lestari yang bisa membuat kamu mengenal lebih dekat dengan sosoknya. Semoga kasus yang saat ini sedang terjadi bisa terselesaikan secara tuntas.

Baca juga:

The Latest