TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

International Women's Day: 10 Artis Perempuan yang Peduli Lingkungan

Kira-kira ada artis idola kamu nggak nih Ma? Mari kita lihat bersama!

Peduli terhadap lingkungan sudah seharusnya menjadi tanggung jawab setiap dari kita, demi menjaga keseimbangan ekosistem dan meningkatkan kualitas hidup manusia

Indonesia dengan kekayaan alamnya yang luar biasa, memiliki sejumlah artis perempuan yang secara aktif terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan.

Keterlibatan mereka bukan hanya mencerminkan semangat dan komitmen untuk mengatasi tantangan lingkungan. Namun juga sejalan dengan tema International Women’s Day yang menekankan pada kesetaraan, keadilan dan peran perempuan dalam menciptakan perubahan positif.

Berikut Popmama.com, rangkumkan 10 artis perempuan Indonesia yang peduli lingkungan.

1. Ayu Laksmi menjadi duta earth hour Indonesia

Instagram.com/ayulaksmibali

Tak hanya dikenal sebagai musisi berbakat, Ayu Laksmi juga terlibat dalam berbagai aksi nyata untuk kampanye perlindungan dan peduli lingkungan di Indonesia. 

Ayu Laksmi pernah menjadi Duta Earth Hour Indonesia, yang mendorong kesadaran masyarakat terhadap isu perubahan iklim dan mengadvokasi penghematan energi sebagai tindakan ramah lingkungan.

Ayu secara terbuka mendukung kampanye penghijauan dan penanaman pohon, juga sering membagikan informasi dan tips tentang cara mengurangi jejak plastik, untuk mendorong pengikutnya melakukan hal serupa.

Dilihat dari karya-karya Ayu Laksmi, mencerminkan rasa kepeduliannya terhadap alam dan secara terbuka menyampaikan pesan penting melalui media seni.

2. Chelsea Islan mendorong pengurangan penggunaan plastik sekali pakai

Instagram.com/chelseaislan

Selain karir aktingnya yang gemilang, Chelsea Islan juga turut terlibat dalam berbagai kampanye perlindungan lingkungan. Terutama dalam pengurangan plastik sekali pakai dan edukasi lingkungan. 

Melalui media sosial pribadinya, Chelsea sering membagikan informasi mengenai cara mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan mendorong pengikutnya untuk mengikuti jejak yang lebih berkelanjutan.

Di tahun 2017, Chelsea Islan diangkat sebagai Duta UN Environment Programme atau UNEP Indonesia, yang dimana dirinya aktif terlibat dalam kampanye lingkungan global untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu lingkungan di Indonesia.

Tak sampai disitu, bersama dengan organisasi lingkungan seperti Greenpeace Indonesia. Chelsea juga terlibat pada kampanye-kampanye penghijauan dan penanaman pohon. 

Dengan keterlibatan aktifnya dalam kampanye perlindungan lingkungan, Chelsea Islan menjadi inspirasi bagi banyak masyarakat untuk mengambil tindakan nyata yang sama menjaga keberlanjutan bumi.

3. Dian Sastrowardoyo sebagai duta greenpeace Indonesia

Instagram.com/therealdisastr

Dian Sastrowardoyo atau yang biasa dikenal Dian Sastro, merupakan salah satu artis perempuan terkemuka di Indonesia.

Artis yang lahir pada tanggal 16 Maret 1982 ini, tak hanya terkenal sebagai artis, model, sekaligus penyanyi.

Namun juga berperan aktif dalam mendukung kampanye perlindungan lingkungan sebagai Duta Greenpeace Indonesia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai isu-isu lingkungan yang kritis.

Dian berbicara secara terbuka mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang berkelanjutan, melalui kampanye media sosial, wawancara, serta kolaborasinya dengan merek-merek ramah lingkungan. Untuk memotivasi para penggemarnya mempraktekan langsung di kehidupan sehari-hari.

4. Laura Basuki mendukung pelestarian sumber daya alam

Instagram.com/laurabas

Artis dan model yang satu ini, tidak hanya berfokus pada dunia seni. Namun juga aktif terlibat pada proyek-proyek lingkungan yang mendukung penghijauan dan pelestarian sumber daya alam. 

Beberapa tindakan nyata yang dilakukannya seperti berbicara di acara-acara lingkungan untuk mempromosikan pelestarian lingkungan.

Menjadi duta kampanye dan aktif membagikan tips untuk mengurangi dampak plastik pada lingkungan serta mendukung penggunaan produk-produk ramah lingkungan. 

5. Nadine Chandrawinata dalam komunitas pencinta lingkungan

Instagram.com/nadinelist

Nadine Chandrawinata dikenal cukup aktif dalam menyuarakan isu lingkungan.

Artis berusia 38 tahun tersebut, banyak turut serta terhadap aksi konservasi seperti belum lama ini konservarsi bakau mangrove di beberapa wilayah di Indonesia.

Bersama-sama dengan komunitas pencinta lingkungan Seasoldier dan perusahaan jus sehat Rejuve. Nadine menjelaskan seberapa pentingnya pelestarian lingkungan dan konservasi bakau.

Perempuan yang pernah mewakili Indonesia dalam ajang Miss Universe 2006 itu juga menyadari bahwa ia perlu mengajak langsung masyarakat untuk terlibat menjaga lingkungan tanpa pamrih atau sekedar ikut-ikutan.

6. Nadya Hutagalung menyuarakan pentingnya peduli lingkungan

Instagram.com/nadyahutagalung

Nadya Hutagalung merupakan seorang tokoh publik yang sangat aktif dalam berbagai inisiatif dan kampanye melestarikan lingkungan.

Dirinya telah menjadi Duta UNEP selama bertahun-tahun, sejak tahun 2000.

Dalam perannya sebagai Duta UNEP, Nadya aktif menyuarakan dan memperjuangkan kesadaran akan seberapa pentingnya perlindungan lingkungan baik di Indonesia dan Internasional.

Sebagai tokoh publik, Nadya memanfaatkan pengaruhnya untuk memberikan edukasi tentang isu-isu lingkungan melalui seminar, workshop, dan acara edukasi lainnya. Tak hanya mengedukasi isu lingkungan, Ia juga terlibat dalam perlindungan satwa liar. 

7. Raisa Andriana mendukung kampanye peduli alam sekitar

Instagram.com/raisa6690

Sebagai seorang penyanyi, Raisa Andriana menyuarakan bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan lewat lagunya yang berjudul nyawa dan harapan. Dalam lagu tersebut, Raisa berpesan kepada para penggemar untuk dapat peduli terhadap lingkungan dan alam sekitar kita yang kian tampak memburuk.

Raisa mengaku banyak belajar dari sang suami, terutama tentang ekosistem bawah laut. Untuk mendukung kampanye pengurangan penggunaan plastik sekali pakai, Ia dan sang suami membuat sedotan dari bambu sebagai pengganti sedotan plastik dan membuat totebag dari baju bekas.

Bahkan pada brand kosmetik yang ia keluarkan "Raine", Raisa memilih menggunakan kemasan ramah lingkungan. Keren!

8. Sophia Latjuba terlibat langsung dalam pelestarian hutan

Instagram.com/sophialatjuba88

Artis sekaligus penyanyi satu ini, tidak hanya sering membagikan keindahan seni melalui karyanya. Tetapi sering terlibat dalam kampanye pelestarian lingkungan, khususnya isu-isu keanekaragaman hayati dan pelestarian hutan.

Sophia Latjuba aktif terlibat sebagai duta di beberapa kesempatan kampanye lingkungan Indonesia, dan memainkan perannya untuk menjadi suara yang memperjuangkan pelestarian alam dan kesadaran lingkungan.

Ia juga memanfaatkan media sosial pribadinya untuk dapat menyampaikan pesan penting seperti pengurangan plastik.

9. Tasya Kamila sebagai duta lingkungan hidup

Instagram.com/tasyakamila

Sebagai Duta Lingkungan Hidup yang dipilih langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sejak tahun 2005.

Tasya Kamila aktif menyuarakan gaya hidup ramah lingkungan melalui media sosial pribadinya dan sering memberikan informasi mengenai praktik ramah lingkungan yang dapat diikuti oleh pengikutnya.

Dirinya menunjukkan bahwa seorang Tasya Kamila, tidak hanya menjadi ikon dalam industri hiburan. Melainkan dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk menjaga kelestarian bumi.

10. Titi Kamal terlibat aktif kampanye bebas sampah plastik

Instagram.com/titikamall

Titi kamal tidak hanya dikenal sebagai artis dan penyanyi yang berbakat, namun juga dikenal sebagai sosok yang turut aktif kampanye peduli lingkungan.

Titi konsisten menyuarakan bentuk kepeduliannya terhadap isu lingkungan, khususnya dalam kampanye bebas sampah plastik di laman media sosial pribadinya.

Hal tersebut dilakukannya untuk mengajak pengikutnya lebih sadar akan polusi plastik, dan dapat mengambil tindakan nyata seperti mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Nah itu tadi merupakan 10 artis perempuan yang peduli lingkungan, mari kita teruskan apa yang sudah dilakukan oleh mereka demi menjaga keseimbangan ekosistem dan lingkungan sekitar.

Baca juga:

The Latest