TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Biodata dan Profil Indah G, Kontennya Viral karena Pro Kontra

Indah G kritik hafalan Al-Qur'an hingga miskinnya kosakata bahasa Indonesia

Instagram.com/itsindahg

Sosok Indah G sempat menjadi perbincangan publik terkait kontennya di YouTube beberapa waktu lalu. Dalam podcast miliknya bersama Cinta Laura, Indah G mengakui bahasa Indonesia memiliki kosakata yang sangat sedikit dibanding bahasa Inggris.

Di media sosial, banyak netizen yang bereaksi terhadap pernyataan yang disampaikan Indah G. Mereka memaklumi hal itu lantaran bahasa Indonesia tergolong baru daripada bahasa asing lainnya.

Walau begitu, kontennya kali ini bukanlah yang pertama menjadi pembicaraan masyarakat. Sebelumnya, Indah G sempat membagikan konten yang menuai pro dan kontra di kalangan warganet. Hingga akhirnya, banyak dari mereka yang penasaran dengan sosok Indah G.

Untuk lebih jelasnya, Popmama.com telah merangkum biodata dan profil Indah G yang sedang viral di media sosial itu.

Biodata Singkat Indah G

Instagram.com/itsindahg
  • Nama lengkap: Indah Gunawan
  • Nama panggung: Indah G
  • Pendidikan: Administrasi bisnis Loyola Marymount University, AS
  • Profesi: Konten kreator, YouTuber, podcaster
  • Akun Instagram: @itsindahg
  • Akun TikTok: @itsindahg
  • Kanal YouTube: Indah G Show

Setelah melihat biodata singkat Indah G, selanjutnya ada beberapa fakta profil mengenai sang YouTuber yang tak boleh kamu lewatkan.

1. Menempuh pendidikan tinggi hingga ke luar negeri

Instagram.com/itsindahg

Berbicara pendidikannya, Indah G tercatat memiliki latar pendidikan yang bergengsi. Bahkan, ia mengenyam studinya hingga ke luar negeri, lho.

Mengutip laman LinkedIn pribadinya, Indah menempuh pendidikan SMA di Jakarta Intercultural School pada 2012 hingga 2016. 

Kemudian, Indah melanjutkan kuliah di Loyola Marymount University, Los Angeles, AS, pada tahun 2016 dan lulus tahun 2020. Ia berhasil mendapatkan gelar B.B.A di bidang kewirausahaan.

Pada 2018, Indah menjabat sebagai Executive Secretary selama 10 bulan serta Vice President selama setahun di PERMIAS Los Angeles. Perlu diketahui, PERMIAS merupakan organisasi yang menaungi para pelajar Indonesia yang berkuliah di Amerika Serikat.

2. Melanjutkan karier sebagai penulis setelah lulus kuliah

Instagram.com/itsindahg

Usai lulus kuliah, Indah G tak langsung kembali ke Indonesia karena menjajal karier di Negeri Paman Sam.

Pada Juni 2020, Indah Gunawan melanjutkan karirnya sebagai seorang penulis di New Degree Press Amerika Serikat selama setahun. Selama di sana, Indah telah menuliskan banyak manuskrip serta publikasi hingga terbit.

3. Dikenal sebagai seorang YouTuber dan podcaster

Instagram.com/itsindahg

Setahun menjadi penulis, Indah G kembali ke Indonesia dan mendirikan kanal YouTube bernama The Indah G Show pada September 2021 hingga sekarang.

Saat ini, kanal YouTube miliknya telah memiliki lebih dari 27,5 ribu subscribers. Indah kerap mengunggah konten-konten yang membahas  seputar isu politik, sosial, perempuan, dan gender.

Selain itu, konten yang dibagikan Indah juga membicarakan masalah yang tabu serta kontroversial. Melihat isi kontennya, Indah banyak mengundang publik figur untuk mendapat insight atau pandangan dari mereka.

4. Diketahui memiliki bisnis brand kecantikan

Instagram.com/itsindahg

Sosok Indah G memang cukup dikenal sebagai YouTuber serta selebgram yang membahas konten-konten viral. Selain itu, Indah juga berprofesi sebagai seorang pengusaha yang bergerak di bidang industri kecantikan.

Melansir profil Instagram miliknya, Indah menuliskan brand bisnisnya yang bernama Licensed Baddie. Bisnis ini menjual produk-produk kecantikan seperti aksesori serta pernak-pernik.

5. Tuai kontroversi usai komentarnya soal konflik Israel-Palestina

Instagram.com/itsindahg

Meski konten-kontennya juga mengedukasi publik, Indah G rupanya sempat disorot atas pandangannya terkait konflik Israel-Palestina. Pendapatnya sampai menarik perhatian Deddy Corbuzier hingga disindir di dalam podcast-nya.

Pada 2023 lalu, ia mengungkap pemerintah Indonesia sebenarnya harus mementingkan kondisi di dalam negeri terlebih dahulu sebelum membantu negara lain, salah satunya wilayah di Indonesia Timur. Indah mengatakan pemerintah belum memberikan bantuan kepada Papua.

Namun, ia kemudian mengklarifikasi pernyataannya jika pemerintah Indonesia rupanya sudah memberi bantuan kepada masyarakat Papua.

Guys gue melakukan kesalahan besar. Pertama, Pemerintah Indonesia ternyata ada menyalurkan banyak dana ke Papua dan bantuan darurat juga,” jelasnya, dikutip dari TikTok @itsindahg.

6. Singgung masalah hafalan Al-Qur'an tanpa menafsirkannya

Instagram.com/itsindahg

Kemudian, Indah G kembali menjadi sorotan lewat podcast-nya bersama Cinta Laura terkait hafalan Al-Qur'an. Ia mengkritik metode hafalan Al-Qur'an yang jadi salah satu budaya Indonesia.

Menurut Indah, ia cukup menyayangkan metode pembelajaran Al-Qur'an yang berfokus pada hafalan tanpa mengetahui isi tafsirannya. Indah menyebut hal ini berdampak pada kurangnya pemahaman terhadap Al-Qur'an hingga mudah dikendalikan orang lain.

7. Ungkap bahasa Indonesia miskin kosakata

Instagram.com/itsindahg

Masih bersama Cinta Laura, Indah G juga membahas seputar perbandingan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Mereka mengaku jika lebih mudah menggunakan bahasa Inggris lantaran menuju ke inti pembahasan daripada bahasa Indonesia.

Kemudian, Indah turut menyayangkan miskinnya kosakata bahasa Indonesia, sehingga kurang cepat dan tertuju dalam menyampaikan pedapatnya.

"Bahasa Indonesia itu sebenarnya bahasa yang miskin kosakata dan ini benar banget. Terutama kalau dibandingkan dengan bahasa Arab atau Inggris, kita punya kepraktisan budaya kayak gimana caranya gue menyampaikan sesuatu dengan cepat dan mudah. Maaf, tapi itu kenyataannya," kata Indah dalam kanal YouTube miliknya.

Itu tadi beberapa informasi seputar biodata dan profil Indah G yang sedang dibicarakan oleh masyarakat. Melihat penjelasan di atas, ada sedikit banyak fakta yang kamu ketahui tentang latar belakang kehidupan Indah G.

Baca juga:

The Latest