TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Fakta Gempa M 7,5 Guncang Taiwan, Terkuat dalam 25 Tahun

Gempa Taiwan picu gelombang tsunami ke Jepang dan Filipina

Gempa bermagnitudo 7,5 mengguncang Taiwan wilayah timur pada pukul 09.00 waktu setempat. Gempa besar itu menimbulkan peringatan tsunami di sejumlah wilayah terdekat.

Sejumlah video yang beredar di media sosial menampilkan gedung-gedung serta jembatan bergoyang hingga runtuh. Bahkan, ombak besar juga terjadi di sebuah kolam renang.

Untuk lebih jelasnya, Popmama.com telah merangkum beberapa fakta gempa M 7,5 guncang Taiwan hingga memicu peringatan tsunami.

1. Gempa terkuat di Taiwan dalam 25 tahun terakhir

Freepik/julia-buz

Pusat Seismologi Taipei menyebut Gempa berkekuatan 7,5 itu sebagai salah satu gempa terkuat di Taiwan dalam kurun waktu 25 tahun terakhir. Gempa ini dikabarkan dekat dengan daratan dengan kedalaman yang dangkal.

Taiwan mengalami gempa besar pada September 1999 dengan kekuatan 7,6. Saat itu, dikabarkan sekitar 2.400 orang tewas akibat gempa.

2. Picu gelombang tsunami ke Jepang dan Filipina

Freepik/varunyucg

Gempa tersebut dilaporkan memicu gelombang tsunami setinggi 3 meter yang melanda pulau-pulau di sekitar Taiwan, salah satunya pulau Miyakojima, Jepang.

Pemerintah Jepang juga mengimbau untuk melakukan proses evakuasi kepada masyarakat di wilayah pesisir dekat Okinawa. Sama halnya dengan Jepang, Badan Seismolog Fillpina mengeluarkan peringatan tsunami akibat gempa besar di Taiwan.

3. Disebabkan subduksi lempeng di Palung Ryukyu

Pexels/Sanej Prasad Suwal Ilustrasi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap gempa Taiwan terletak di laut dengan koordinat 23,80 derajat Lintang Utara (LU): 121,67 derajat Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 11 kilometer.

Gempa ini termasuk gempa dangkal yang disebabkan aktivitas subduksi lempeng di Palung Ryukyu dengan mekanisme sesar naik (thrust fault). Dampak gempa juga dikategorikan sebagai kerusakan sedang hingga berat.

4. Jaringan listrik dan internet sempat mati

Unsplash/Chandler Cruttenden Ilustrasi

Sejumlah gedung-gedung dikabarkan runtuh akibat gempa berkekuatan cukup besar di Taiwan. Sejumlah video di media sosial menampilkan kondisi kota Hualien dengan reruntuhan gedung.

Selain itu, jaringan internet dan listrik di sejumlah wilayah Taiwan sempat mati imbas guncangan gempa. Sistem kereta api di Taiwan ditunda sementara sampai waktu yang tak ditentukan.

5. Gempa Taiwan tidak akan berdampak ke Indonesia

Pexels/Ольга Ерилина Ilustrasi

Pihak BMKG turut memastikan efek gempa besar di Taiwan tak akan melanda ke wilayah Indonesia. Hal ini dipastikan berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pasca gempa tersebut terjadi.

"Gempa bumi tersebut menimbulkan tsunami kecil di laut Taiwan dan sekitarnya, tetapi tidak berdampak signifikan hingga di wilayah Indonesia," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, Rabu (3/5/2024).

Itu tadi beberapa fakta gempa M 7,5 guncang Taiwan hingga memicu peringatan tsunami. Semoga negara tersebut segera pulih dan tak menimbulkan banyak korban jiwa, ya.

Baca juga:

The Latest