TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kembali Dibuka, TikTok Shop Bisa Diakses Lewat Tokopedia

TikTok investasi besar dalam kerja sama jangka panjang dengan Tokopedia

Unsplash/Nik

TikTok dan Tokopedia resmi membangun kembali kemitraan e-commerce di Indonesia dengan menggandeng PT GoTo Gojek Tokopedia. Kabar ini dikonfirmasi langsung melalui keterangan resmi TikTok Indonesia.

Kerja sama TikTok dan Tokopedia diharapkan dapat memperkuat ekonomi digital Indonesia dengan perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional. Hal ini menjadi gebrakan baru usai layanan TikTok Shop ditutup pada 4 Oktober 2023 lalu.

Agar lebih jelasnya, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa informasi seputar kembalinya TikTok Shop yang bisa diakses lewat Tokopedia.

1. TikTok investasi US$ 1,5 miliar dalam kemitraan bersama Tokopedia

Dok. Tokopedia

Sebagai bentuk komitmen TikTok dalam kerja sama dengan Tokopedia, platform berbagi video itu menggelontorkan investasi lebih dari US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 23,4 triliun dalam jangka panjang.

Meski begitu, investasi sebesar itu tak akan membuat dilusi atas kepemilikan GoTo di Tokopedia.

2. Layanan belanja akan dikelola oleh Tokopedia

Pexels/PhotoMIX Ltd

Dalam pelaksanaannya, bisnis Tokopedia dan TikTop Shop akan bergabung di bawah PT Tokopedia, dengan TikTok memiliki kendali atas PT Tokopedia. Layanan belanja tetap akan dipegang oleh PT Tokopedia.

"Bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia," bunyi keterangan resmi tersebut, Senin (11/12/2023).

3. Akan membawa keuntungan bagi GoTo serta jangkauan pasar lebih luas

Freepik/tirachardz

Kesepakatan kerjasama TikTok dan Tokopedia diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan pelaku UMKM nasional di era ekonomi digital. Bisnis ini akan membawa keuntungan bagi GoTo, termasuk mencakup layanan keuangan digital seperti GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek.

"GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut," sambung keterangan resminya.

4. Uji coba kemitraan TikTok dan Tokopedia dimulai 12 Desember

Freepik/marymarkevich

Sebagai permulaan, kerjasama bisnis strategis ini akan diuji cobakan dengan konsultasi dan pengawasan dari Kementerian serta lembaga terkait. Uji coba ini diawali lewat kampanye Beli Lokal yang bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember mendatang.

"Hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka," tulis keterangan tersebut.

5. Dipastikan tak berdampak negatif ke para seller

Freepik/rawpixel.com

Terkait dengan pengumuman kerja samanya dengan TikTok, Tokopedia memastikan TikTok Shop tak akan mengganggu layanan jual beli di dalam platform. Transaksi antar pembeli dan penjual tetap berjalan seperti biasa.

"Untuk mitra penjual Tokopedia, kami ingin menegaskan bahwa seluruh aktivitas dan transaksi jual-beli akan tetap berjalan seperti biasa," tulis Tokopedia melalui keterangan resmi dikutip dari laman Pusat Edukasi Seller.

Itu tadi beberapa informasi seputar bergabungnya TikTok Shop dengan Tokopedia. Bagaimana sudah tak sabar untuk menunggu sistem TikTok Shop lewat Tokopedia?

Baca juga:

The Latest