TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Biodata dan Profil Airlangga Hartarto, Ketum Golkar Mundur

Airlangga Hartarto memiliki 8 anak, lho

Instagram.com/airlanggahartarto_official

Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Golongan Karya (Golkar), Airlangga Hartarto resmi mengundurkan diri dari pucuk pimpinan partai, sejak Sabtu malam (10/8/2024).

Dalam keterangan resminya, alasan Airlangga mundur dari kursi pimpinan DPP Golkar sebab ingin menjaga keutuhan partai tersebut dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan datang.

“Maka dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, serta atas petunjuk Tuhan yang Maha Besar, maka dengan dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar,” jelas Airlangga kepada awak media.

Mengenai hal itu, berikut Popmama.com rangkum tentang biodata dan profil Airlangga Hartarto, Ketum Golkar mundur.

Simak informasinya di bawah ini, yuk!

Deretan Fakta, Biodata, dan Profil Airlangga Hartarto

Biodata Singkat Airlangga Hartarto

Instagram.com/airlanggahartarto_official
  • Nama lengkap: Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., IPU
  • Tempat, Tanggal lahir: Surabaya, 1 Oktober 1962
  • Partai Politik: Golkar
  • Pekerjaan: Politikus
  • Istri: Yanti K. Isfandiary
  • Anak: 8
  • Almamater: Universitas Gadjah Mada, Monash University, University of Melbourne

Selain biodata singkat Airlangga, masih ada sejumlah informasi lainnya mengenai sosok politikus yang bisa diketahui secara lengkap. Yuk, simak rangkumannya!

1. Papanya Airlangga eks menteri di era Pemerintahan Presiden Soeharto

Instagram.com/airlanggahartarto_official

Airlangga Hartarto merupakan putra dari Hartarto Sastrosoenarto dan R. Hartini Hartarto.

Sang papa, Hartarto Sastrosoenarto, adalah seorang tokoh penting di Indonesia yang pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian pada era Kabinet Pembangunan IV dan V Presiden Soeharto.

Sebagai seorang teknokrat berpengalaman, Hartarto Sastrosoenarto dikenal berperan besar dalam pengembangan industri di Indonesia pada masa Orde Baru. Mamanya yang bernama Hartini Hartarto dikenal sebagai sosok berpengaruh dan mendukung penuh karier politik serta kehidupan keluarga mereka.

Keluarga Hartarto memiliki latar belakang pendidikan dan karier yang kuat, bahkan menjadi fondasi bagi Airlangga dalam mengembangkan peran dan kiprahnya di panggung politik nasional.

2. Saat masa SMA, Airlangga sudah menjabat Wakil Ketua OSIS

Instagram.com/airlanggahartarto_official

Sejak mengeyam pendidikan di SMA Kanisius pada tahun 1981, Airlangga Hartarto sudah mulai piawai dalam dan aktif dalam organisasi siswa intra sekolah (OSIS) menjabat sebagai wakil ketua.

3. Airlangga lanjut menamatkan studinya di UGM

Instagram.com/airlanggahartarto_official

Setelah lulus pendidikan formal 12 tahun, Airlangga Hartarto kembali melanjutkan studi sarjananya ke Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan Teknik Mesin. Kemudian, ia melanjutkan studi pascasarjana dan memperoleh gelar Master of BusinessAdministration (MBA) dari Monash University, Australia.

Tak berhenti di situ, Airlangga juga memperdalam ilmunya di bidang manajemen teknologi dengan meraih gelar Master of Management Technology dari University of Melbourne.

Pendidikan yang luas dan mendalam ini memberikan Airlangga dasar yang kuat dalam bidang industri, manajemen, dan teknologi. Pendidikan tersebut tentu menjadi bekal penting dalam kariernya di dunia bisnis dan politik.

4. Mengawali karier politiknya sebagai wakil rakyat

Instagram.com/airlanggahartarto_official

Airlangga Hartarto memulai karier politiknya dengan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada tahun 2004. Ia terpilih dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat IV dan di periode 2009 melalui dapil Jawa Barat V melalui Partai Golkar.

Sebagai anggota DPR RI, Airlangga aktif sebagai Ketua Komisi VII dan VI, terutama yang berkaitan dengan industri, ekonomi, dan perdagangan.

Pengalaman dan latar belakangnya dalam bidang industri membuatnya dipercaya untuk memberikan kontribusi signifikan dalam pembahasan undang-undang yang terkait dengan pengembangan sektor industri nasional.

5. Airlangga menikah dengan Yanti Airlangga

Instagram.com/airlanggahartarto_official

Airlangga Hartarto menikah dengan Yanti K. Isfandiary atau dikenal Yanti Airlangga. Pernikahan mereka memadukan dua keluarga yang memiliki latar belakang kuat dalam bidang ekonomi dan sosial.

Yanti dikenal sebagai sosok yang mendukung penuh karier suaminya, baik dalam dunia bisnis maupun politik.

6. Airlangga diketahui memiliki 8 anak

Instagram.com/airlanggahartarto_official

Atas pernikahannya dengan Yanti Airlangga, ia memiliki 8 anak di antaranya Adanti, Ravindra, Audi, Dines, Bianda, Latascha, Maisara dan Natalie.

Dilansir dari beragam sumber, Airlangga mengungkapkan ia mengagumi ajaran Mahatma Gandhi menyangkut tujuh hal yang harus dihindari. Ia menghindari kaya tanpa bekerja, kesenangan tanpa kesadaran, pengetahuan tanpa karakter, bisnis tanpa moral, ilmu tanpa kemanusiaan, dan politik tanpa prinsip.

7. Karier Airlangga bersinar di bangku menteri

Instagram.com/airlanggahartarto_official

Sejak tanggal 27 Juli 2016, Airlangga Hartarto menempati posisi Menteri Perindustrian di Kabinet Indonesia Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kariernya sebagai menteri berakhir hingga masa pemerintahan Presiden Jokowi jilid I tahun 2019 lalu.

Seiring berjalannya waktu, Airlangga kembali menempati posisi strategis di pemerintahan Presiden Jokowi jilid II sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, ia menjabat tertanggal 23 Oktober 2019.

Nah, itu dia beragam informasi mengenai biodata dan profil Airlangga Hartarto yang baru-baru ini mundur dari pucuk pimpinan DPP Partai Golkar.

Baca juga:

The Latest