TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bolehkah Penderita Darah Tinggi Minum Kopi Hitam?

Punya darah tinggi tapi tak mau melewatkan kopi hitam? Yuk, cari tahu apakah aman untukmu!

Freepik

Minum kopi hitam di pagi hari mungkin sudah menjadi kebiasaan yang sulit ditinggalkan.  Apalagi, bagi kamu yang sedang menjaga kesehatan. 

Namun, bagi penderita hipertensi, salah satu pertanyaan yang kerap muncul adalah, bolehkah minum kopi hitam? Mengutip dari American Journal of Hypertension, mengonsumsi kopi hitam dalam jumlah sedang tidak secara signifikan meningkatkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

Kafein dalam kopi memiliki efek stimulan yang bisa menyebabkan lonjakan sementara tekanan darah setelah diminum. Sensitivitas terhadap kafein dapat menyebabkan respons yang berbeda pada setiap individu. 

Ingin tahu lebih lanjut terkait bolehkah penderita darah tinggi minum kopi hitam? Pada kesempatan ini, Popmama.com sudah merangkumkan informasi ini khusus untuk kamu. Simak, yuk. 

Bolehkah Penderita Darah Tinggi Minum Kopi Hitam?

Freepik/balazmerzabey

Penderita darah tinggi atau hipertensi sering kali dihadapkan pada berbagai pembatasan dalam pola makan dan kebiasaan hidup, termasuk konsumsi kopi. Apakah boleh penderita darah tinggi minum kopi hitam? Jawabannya adalah boleh, tetapi dengan hati-hati. 

Untuk mengurangi potensi dampak negatif, disarankan agar kamu membatasi asupan kafein tidak lebih dari 200–300 mg per hari, yang setara dengan dua hingga tiga cangkir kopi hitam. Di samping itu, kamu juga bisa memperhatikan cara penyajian kopi.

Dengan cara tersebut, kamu tetap dapat menikmati secangkir kopi hitam tanpa harus mengorbankan kesehatan. Sebaiknya, selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan panduan yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan kamu.

Hubungan antara Hipertensi dan Kopi

Freepik

Kafein, zat yang terdapat dalam kopi, merupakan stimulan yang bisa memengaruhi sistem kardiovaskular. Dikutip dari The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi dapat meningkatkan tekanan darah pada beberapa individu, terutama dalam jangka pendek.

Namun, efek kafein ini tidak sama bagi setiap orang. Beberapa orang mungkin mengalami peningkatan tekanan darah yang signifikan. Ini tergantung pada tingkat toleransi tubuh masing-masing individu terhadap kafein, dan bagaimana tubuh mereka memetabolisme zat tersebut.

Tips Minum Kopi dengan Aman

Freepik

Kopi menjadi minuman yang sangat populer di seluruh dunia. Namun, bagi kamu yang memiliki tekanan darah tinggi, menikmati secangkir kopi hitam perlu dilakukan dengan hati-hati. Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa diikuti: 

  • Pertimbangkan untuk memilih kopi dengan kadar kafein lebih rendah, seperti kopi tanpa kafein atau kopi yang diseduh dengan metode tertentu yang menghasilkan kadar kafein lebih rendah.
  • Tambahan gula dan krim dapat meningkatkan kalori dan lemak yang tidak sehat, yang dapat berkontribusi pada masalah kesehatan lainnya. Sebaiknya nikmati kopi hitam tanpa tambahan.
  • Mulailah dengan satu cangkir kecil dan perhatikan reaksi tubuh. Jika tidak ada efek buruk, kamu bisa mencoba menambah jumlahnya sedikit demi sedikit.
  • Hindari minum kopi menjelang waktu tidur, karena kafein dapat mengganggu kualitas tidur, yang penting untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah.

Nah, itu tadi, ya Informasi terkait bolehkah penderita darah tinggi minum kopi hitam? Jadi, kamu bisa tetap menikmati kopi hitam meskipun memiliki tekanan darah tinggi, asalkan dilakukan dengan bijak dan dalam batas yang aman. 

Baca juga: 

The Latest