TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kenapa Foto di IG Tidak Tersimpan di Galeri? Ini Cara Mengatasinya

Foto di Instagram tidak muncul di galeri? Tenang, ada penyebab dan solusi mudahnya

Pexels/Viralyft

Sering merasa jengkel ketika ingin menyimpan foto yang sudah kamu unggah di Instagram (IG) tapi tidak muncul di galeri? 

Rasanya seperti momen berhargamu tiba-tiba “hilang” begitu saja, padahal kamu ingin menyimpannya untuk dilihat kapan saja, tanpa harus membuka aplikasi. 

Masalah ini memang bisa membuat frustrasi, terutama bagi pengguna yang suka mendokumentasikan momen-momen penting atau kamu yang gemar mengedit foto dulu di Instagram sebelum menyimpannya.

Foto yang tidak muncul di galeri juga bisa membuat kita kehilangan jejak kenangan atau bahkan karya yang sudah kita unggah. 

Jangan khawatir, masalah ini bisa diatasi dengan beberapa langkah sederhana. Yuk, simak beberapa alasan yang sudah Popmama.com rangkum terkait kenapa foto di IG tidak tersimpan di galeri!

Kenapa Foto IG Tidak Tersimpan di Galeri?

Pixabay.com/Wokandapix

Mungkin dari kamu pernah bertanya, 'kenapa sih foto yang sudah diunggah di Instagram tiba-tiba gak muncul di galeri?'

Ternyata, ada beberapa faktor yang bisa jadi penyebabnya. Salah satunya mungkin ada di pengaturan Instagram yang belum diaktifkan. Ini seringkali luput dari perhatian, padahal fitur ini berguna untuk menyimpan hasil kreasimu langsung ke galeri.

Selain itu, penyimpanan ponsel yang penuh juga bisa jadi dalang di balik hilangnya foto dari galeri. Bayangkan saja, ponsel yang kelebihan memori bisa saja gagal dalam menyimpan file baru, termasuk foto-foto Instagram yang kamu unggah.  

Namun, tak perlu khawatir. Penyebab-penyebab tersebut bisa diatasi dengan mudah. Dari pengaturan sederhana hingga tips praktis, kita bisa mengembalikan foto-foto Instagram ke galeri hanya dengan beberapa langkah mudah.

Cara Mengatasi Foto Instagram Tidak Tersimpan di Galeri

1. Cek pengaturan penyimpanan Instagram

Pixabay/Reisseblogger

Instagram memiliki pengaturan khusus untuk menyimpan foto yang kamu unggah langsung ke galeri. Jika opsi ini belum diaktifkan, foto-fotomu tentu tidak akan tersimpan otomatis. Untuk mengaktifkannya:

  • Buka Pengaturan di Instagram.
  • Pilih Akun > Postingan Asli.
  • Aktifkan opsi Simpan Postingan Asli dan Simpan Video Setelah Diposting.
  • Dengan langkah ini, setiap kali kamu mengunggah foto atau video, file aslinya akan otomatis tersimpan di galeri.

2. Pastikan memori penyimpanan ponsel cukup

Pixabay/Digitalpfade

Salah satu alasan utama mengapa foto tidak tersimpan di galeri adalah karena memori ponselmu sudah hampir penuh. 

Ketika kapasitasnya sudah mendekati batas, ponsel pun tidak bisa menyimpan file baru, termasuk foto-foto yang kamu unggah di Instagram.

Untuk mengatasi ini, kamu perlu mengecek secara rutin kapasitas penyimpanan ponselmu. Luangkan waktu sejenak untuk melihat file-file yang ada, apakah ada video lama, foto yang kurang penting, atau aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan? 

Menghapus file-file yang tidak diperlukan bisa memberikan napas baru bagi penyimpanan ponselmu, sehingga Instagram dapat menyimpan foto-foto barumu dengan lebih lancar. 

3. Periksa izin aplikasi Instagram

Pixabay/Terimakasih0

Instagram memerlukan izin untuk mengakses penyimpanan ponsel agar dapat menyimpan foto. Jika kamu menolak izin ini, aplikasi tidak akan bisa menyimpan foto. Untuk mengecek dan memperbaiki ini:

  • Buka Pengaturan ponsel.
  • Masuk ke Aplikasi > Instagram.
  • Pilih Izin dan pastikan Penyimpanan sudah diaktifkan. 

4. Update aplikasi Instagram

Pixabay/Minakel2003

Sama seperti kita yang perlu melakukan pembaruan untuk tetap mendapatkan informasi terbaru, aplikasi Instagram juga perlu diperbarui secara berkala untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar. 

Terkadang, masalah teknis, termasuk foto yang tidak tersimpan di galeri dapat disebabkan oleh penggunaan versi aplikasi yang sudah ketinggalan zaman. Versi lama mungkin mengandung bug atau masalah kompatibilitas yang bisa mengganggu fungsionalitas aplikasi.

Dengan melakukan pembaruan, kamu tidak hanya mendapatkan fitur-fitur terbaru yang mungkin belum ada di versi sebelumnya, tetapi juga peningkatan performa dan keamanan yang sangat penting. Proses update aplikasi Instagram ini pun cukup mudah dan cepat. Caranya:

  • Buka Play Store atau App Store.
  • Cari Instagram.
  • Jika ada tombol Update, ketuk untuk memperbarui aplikasi.

5. Restart ponsel

Freepik

Terkadang, solusi sederhana adalah yang paling efektif, dan merestart ponselmu adalah salah satunya. Mungkin terdengar sepele, tetapi langkah ini sering kali terlupakan saat kita menghadapi masalah teknis seperti foto yang tidak tersimpan di galeri. 

Saat kamu merestart ponsel, sistem operasi akan melakukan refresh, memulai ulang semua aplikasi, dan membersihkan memori yang mungkin penuh dengan proses yang tidak aktif.

Proses ini dapat membantu memperbaiki bug kecil atau gangguan yang mungkin menghambat fungsionalitas aplikasi, termasuk Instagram. Dengan merestart, kamu memberikan kesempatan bagi sistem untuk berfungsi lebih optimal.

Jadi, sebelum panik karena foto-foto kamu tidak muncul di galeri, coba deh untuk merestart ponselmu.

6. Cek folder penyimpanan Instagram

Freepik/Rawpixel.com

Mungkin kamu sudah mengunggah banyak foto ke Instagram, tapi tahukah kamu bahwa foto-foto tersebut bisa saja sudah tersimpan di folder khusus di galeri ponselmu? 

Secara default, Instagram menyimpan salinan foto yang kamu unggah di folder yang dinamakan “Instagram” atau “Foto Instagram”. Ini adalah fitur yang sering terlewatkan, dan bisa membuat kamu merasa frustasi ketika mencari foto yang seharusnya ada.

Jadi, sebelum merasa cemas bahwa foto hilang, ada baiknya untuk membuka galeri ponsel dan mencari folder dengan nama tersebut. Dengan melakukan pengecekan ini, kamu bisa menghemat waktu dan energi, serta memastikan semua karyamu tersimpan rapi.

7. Uninstall dan install ulang Instagram

Pixabay/Jhon091

Ketika upaya sebelumnya tidak membuahkan hasil, menghapus aplikasi Instagram dan menginstalnya kembali bisa menjadi langkah terakhir yang efektif. 

Tindakan ini sering kali dapat mengatasi berbagai masalah teknis, termasuk ketika foto-foto tidak tersimpan di galeri. Dengan meng-uninstall aplikasi, semua bug, cache, dan data yang mungkin mengganggu kinerja aplikasi akan dihapus. Ini seperti memberikan aplikasi kesempatan baru untuk memulai dari awal.

Namun, sebelum kamu melakukan langkah ini, pastikan untuk mencatat username dan password akun Instagrammu. Ini penting agar kamu bisa dengan mudah masuk kembali setelah instalasi ulang. 

Setelah kamu menginstal ulang aplikasi, semua pengaturan akan kembali ke default. Jadi, pastikan untuk memeriksa kembali pengaturan penyimpanan dan izin akses agar foto-foto barumu bisa tersimpan di galeri. 

Bagaimana, sudah terjawab bukan? Kenapa foto di IG tidak tersimpan di galeri? Masalah foto Instagram yang tidak tersimpan di galeri memang sering kali bikin pusing, tapi dengan beberapa langkah di atas, kamu bisa dengan mudah mengatasinya. 

Jangan lupa untuk selalu menjaga memori ponsel agar tidak penuh, serta memastikan aplikasi selalu up-to-date agar Instagram berjalan dengan lancar. 

Baca juga:

The Latest