TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tips Hemat Belanja di PRJ Kemayoran agar Tidak Boros

Biar belanja tidak kalap, simak tips hemat belanja di PRJ ini yuk!

Pinterest/Prepare Travel Plans

Pekan Raya Jakarta nampaknya menjadi salah satu acara tahunan yang sangat dinantikan oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya ya, Ma. 

Adapun di tahun ini, PRJ kembali digelar mulai tanggal 12 Juni hingga 14 Juli 2024, bertempat di Arena JIEXPO, Kemayoran. 

Selain menjadi ajang rekreasi dan hiburan bareng keluarga, PRJ juga menjadi tempat untuk berbelanja berbagai produk dengan diskon menarik. 

Dengan berbagai penawaran hingga diskon menarik, tak menutup kemungkinan jika berbelanja di PRJ dapat membuat pengeluaran tidak terkendali dan mengakibatkan keuangan jadi terganggu. 

Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips hemat  belanja di PRJ agar keuangan tetap terjaga. Simak artikel Popmama.com berikut sampai tuntas ya!

1. Susun rencana belanja sebelum berangkat

Freepik/tayhifi5

Sebelum mengunjungi PRJ, ada baiknya membuat daftar barang-barang yang memang benar-benar diperlukan atau yang sedang dicari. 

Mama akan lebih fokus mencari produk yang dibutuhkan dan menghindari membeli barang-barang yang sebenarnya diinginkan namun tidak diperlukan. Dengan begitu, pengeluaran pun akan aman terkendali. 

2. Susun anggaran belanja

Pexels/Karolina Grabowska

Sama seperti poin sebelumnya, penting pula untuk terlebih dahulu menentukan batas maksimal anggaran yang siap Mama keluarkan untuk belanja di PRJ. 

Setibanya di PRJ, tetap disiplin dengan anggaran yang sudah diatur dan hindari godaan untuk membeli barang-barang di luar anggaran yang sudah ditetapkan.

3. Bawa uang sesuai anggaran dan rencana belanja

Pixabay/IqbalStock

Ketika membawa uang dalam jumlah banyak, hal ini akan membuat Mama mengeluarkan uang terus menerus tanpa sadar. 

Maka dari itu, Mama bisa mencatat terlebih dahulu barang apa saja yang akan dibeli, lalu hitung perkiraan uang yang akan dibelanjakan.

Namun, jika Mama punya budget tersendiri untuk kulineran bersama keluarga, ada baiknya dipisah saja ya, Ma!

4. Jangan malu untuk membandingkan harga

Pexels/RDNE Stock Project

PRJ sering kali memiliki banyak pilihan penjual yang menawarkan harga yang berbeda-beda. Makanya, saat di PRJ nanti ada baiknya jangan langsung membeli barang pada stand pertama yang ditemui.

Supaya lebih hemat, Mama bisa bandingkan harga barang yang sama di beberapa tempat lainnya untuk mendapatkan penawaran terbaik. 

5. Tanya dan pastikan harga yang tertera sama dengan harga di kasir

Unsplash/Markus Spiske

Menghidari kejadian tertipu dengan harga display  yang berbeda dengan harga di kasir, maka ada baiknya tanya dan double checking harga kepada petugas kasir ya, Ma.

Hal ini perlu diperhatikan guna menghindari membayar harga yang jauh dari perkiraan awal dan membuat dompet boncos. 

6. Jangan tergoda iklan dan kemasan produk yang mencolok

Youtube.com/GQ Korea

Tak jarang, gara-gara kemasan produk yang menarik di mata membuat Mama penasaran dan berakhir membeli produk-produk tersebut.

Maka dari itu, saat di PRJ nanti pastikan, apakah barang dengan kemasan  jangan lupa untuk memastikan, apakah barang tersebut masuk ke skala prioritas atau tidak. 

7. Hindari menggunakan kartu kredit maupun paylater

Pexels/Karolina Grabowska

Terakhir, agar lebih hemat berbelanja di PRJ nanti, hindari penggunaan kartu kredit ataupun paylater di aplikasi manapun sebagai pembayaran. 

Sebab, hal ini akan membuat Mama pusing membayarkan 'hutang' dari barang-barang yang telah dibelanjakan,  yang belum tentu akan terpakai ke depannya. 

Nah, dengan mengikuti 7 tips belanja hemat di PRJ 2024 dijamin akan membuat pengeluaran Mama aman, terkendali, dan anti boros. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

The Latest