TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Makanan Penetral Sehabis Makan Daging saat Iduladha

Meski ada penetralnya jangan sampai kalap juga ya, Ma!

Freepik

Saat Iduladha, biasanya kita akan menyantap berbagai olahan daging kurban menjadi makanan yang lezat hingga kalap ya, Ma. 

Maka ngga heran, beberapa efek samping akan muncul setelah mengonsumsi daging yang berlebihan, seperti perut panas dan ngga nyaman, kantuk berlebih, hingga mual. 

Namun Mama jangan khawatir, agar efek samping dari makan daging ternetralisir, berikut Popmama.com rangkumkan 7 makanan penetral makan daging kurban saat Iduladha. Simak yuk!

1. Infused water

Freepik.com

Infused water yang mengandung buah-buahan seperti lemon, jeruk, atau mint dapat memberikan rasa segar pada mulut setelah makan daging, khususnya kambing nih, Ma. 

Selain itu, infused water seperti lemon, juga dapat membantu proses pencernaan makanan menjadi lebih lancar. 

2. Tomat

ladbible.com

Tomat menjadi salah satu makanan penetral sehabis makan daging, karena mengandung senyawa likopen yang dapat menurunkan kadar kolesterol. 

Karena bisa jadi penawar, tomat bisa Mama olah sebagai jus, dimakan langsung, ataupun tambahan pada acar. 

3. Lemon

Freepik/Racool_studio

Air lemon hangat atau dingin seperti infused water dapat membantu membersihkan sistem pencernaan, sehingga mengurangi rasa mual dan kembung pada perut mama. 

Selain itu, lemon juga dapat memberikan rasa sensasi nyaman dan menyegarkan pada pernafasan setelah makan daging kambing. 

4. Air Kelapa

freepik/jcomp

Selepas oIduladha tak menutup kemungkinan jika berat badan ikut naik ya, Ma. Maka dari itu, air kelapa bisa menjadi penetral selepas makan daging nih. 

Sebab air kelapa bisa meningkatkan produksi hormon leptin dalam tubuh yang dapat mengontrol rasa kenyang sehingga Mama tidak kalap saat makan daging. 

5. Es krim

Pexels/PiotrArnoldes

Es krim bisa menjadi makanan penutup yang menyenangkan dan menyegarkan setelah Mama dan keluarga menyantap daging. 

Rasanya yang manis dan dingin dapat memberikan perasaan nikmatan setelah menyantap daging yang kuat akan bumbu dan rempah-rempah. 

Meski begitu, perhatikan juga jumlah es krim yang dikonsumsi mengingat es krim mengandung kalori dan gula yang tinggi. 

6. Jus jambu biji

Freepik

Punya efek menyegarkan, jambu biji juga memiliki beberapa manfaat apabila dikonsumsi setelah makan daging nih, Ma. 

Salah satunya, jambu biji mengandung serat makanan yang dapat membantu mengurangi rasa kembung atau tidak nyaman setelah makan daging.

Agar lebih nikmat, jambu biji ini bisa Mama olah menjadi jus yang dingin dan menyegarkan untuk diminum sehabis makan daging. 

7. Jus timun serut

Vecteezy.com/Tyas Indayanti

Terakhir ada timun. Timun sendiri mengandung air dan serat yang dapat membantu meredakan rasa kenyang berlebih setelah makan daging. 

Agar lebih nikmat, Mama bisa buat es timun serut jeruk nipis?

Caranya, serut timun tipis-tipis, lalu tambahkan gula, jeruk nipis, dan es batu.  

Itu dia Ma, 7 Makanan Penetral Makan Daging Kurban Iduladha. Meski dapat dinetralkan dengan makanan-makanan tersebut bukan berarti Mama bisa makan daging sampai kalap ya! 

Tetap makan secukupnya agar terhindari dari risiko gangguan kesehatan. Semogga bermanfaat dan selamat merayakan Iduladha!

Baca juga: 

The Latest