TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tips Liburan Hemat ke Jepang, Lebih Bermakna untuk Keluarga

Ketahui tips liburan hemat ke Jepang sebagai destinasi tepat untuk liburan bersama keluarga

Popmama.com/Nurul Khoiriyah

Memasuki masa libur sekolah banyak keluarga yang merencanakan untuk pergi berlibur ke luar kota ataupun luar negeri. Jika ke luar negeri, ibu kota Jepang, Tokyo menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan karena menawarkan berbagai tempat autentik dan modern. 

Sama halnya yang diungkapkan oleh seniman muda, Rachel Ajeng bahwa Tokyo menjadi inspirasi tempat dalam menyelesaikan lukisannya berjudul "A Journey of Connections" yang berkolaborasi dengan Scoot saat ditemui dalam konferensi pers Scoot Connecting People and Culture di Museum of Jakarta (MoJa), Komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Kamis (22/6/2023). 

Di Jepang, ia mendapatkan pengalaman unik dari tempat-tempat yang dikunjungi dan makanan yang dicoba. Maka dari itu, agar liburan semakin bermakna dengan biaya terjangkau, seniman muda ini membagikan tips yang bisa dilakukan untuk berlibur ke Jepang. 

Berikut Popmama.com telah merangkum informasi tips liburan hemat ke Jepang, lebih bermakna untuk keluarga yang dapat Mama simak. Apa saja?

1. Mulailah dengan hati terbuka

Pexels/RODNAE Productions

Bagi Mama yang pertama kali ke Jepang mungkin memiliki rasa kekhawatiran akan orang asing, mencoba hal baru, takut tidak mengerti untuk memakai transportasi publik di Jepang karena bisa saja berbeda dengan Indonesia. Kekhawatiran tersebut adalah hal yang wajar karena kita akan mengunjungi negara yang berbeda budaya dengan Indonesia.

Kendati demikian, rasa takut tersebut harus dihilangkan agar dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar ketika sampai di Jepang. Mengatasi hal ini Rachel Ajeng mengungkapkan mulailah dengan hati yang terbuka untuk mengatasi segala rasa takut.

"Aku selalu berusaha untuk travel dengan hati yang open (terbuka). Ketika kita di sana tuh aku lebih belajar untuk ngatur gitu untuk open ketika orang-orang approach (mendekati) aku, ngajak aku ngobrol, kasih reaksi gitu," ungkapnya. 

Dengan rasa terbuka, maka akan menjalin hubungan yang berarti dengan orang-orang sekitar dan merasakan budaya yang berbeda di sepanjang perjalanan karena setiap destinasi membawa suasana yang berbeda. Sama halnya dengan lukisan karyanya yang mencerminkan perasaan unik dari lingkungan sekitar. 

2. Riset destinasi yang ingin dikunjungi

Pixabay/sofi5t

Riset atau mencari tahu dahulu lokasi yang ingin dikunjungi menjadi sangat penting diakukan sebelum berangkat ke Jepang. Bagi Mama yang memiliki anak menyukai animasi Jepang atau robot-robot canggih buatan Jepang dapat mengunjungi beberapa tempat di Tokyo yang menawarkan hal tersebut.

Saat bepergian ke Jepang, Rachel Ajeng mengungkap bahwa memilih untuk mengunjungi tempat disukai bukan berarti membuat kita akan betah berada di sana. Maka dari itu, perlunya riset sebelum berangkat ke Jepang agar ketika sampai di Jepang dapat menghabiskan waktu dengan optimal. 

Dilansir dari laman Tour Japan, Mama dapat mengunjungi tempat ikonik di Tokyo, seperti Shibuya Crossing, MORI Building Digital Art Museum, Kuil Sensoji, atau pasar ikan Tsukiji untuk mencicipi makanan laut segar. Tempat-tempat tersebut menawarkan suasana dan tujuan berbeda.

3. Mencari tiket dengan harga terjangkau

Unsplash/Kenny Eliason

Liburan akan semakin menyenangkan jika mendapatkan tiket pesawat dengan harga terjangkau. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket pesawat ke Jepang dengan harga murah. 

Usahakan untuk membeli tiket dari jauh-jauh hari, mencoba penerbangan transit atau ketahui waktu yang tepat untuk terbang di mana biasanya tiket murah ditawarkan di luar waktu liburan. Tapi, jika Mama ingin bepergian di waktu liburan, perlunya memilih maskapai penerbangan yang terjangkau. 

"Yang pasti pas sama budget kita ya kaya gitu terus mungkin jauh-jauh hari aja enggak yang mepet-mepet gitu apalagi udah tau nih pas mau liburan sekolah ya berarti kan mesti lebih jauh-jauh lagi gitu," ungkap Rachel Ajeng.

Sebagai maskapai penerbangan yang berkolaborasi dengan sang seniman, Johanes Ong selaku General Manager Scoot Indonesia mengungkap bahwa melalui seni dapat menyampaikan perasaan dalam sebuah perjalanan wisata.

"Seni adalah media kreatif yang dapat menyampaikan perasaan yang dapat ditemukan dalam sebuah perjalanan wisata dan kami percaya lukisan Rachel akan membantu mendorong lebih banyak orang Indonesia untuk memulai perjalanan wisata tak terlupakan bersama Scoot," ungkap Johanes Ong. 

4. Perhatikan waktu golden week di Jepang

Unsplash/Erik Eastman

Bagi Mama yang ingin ke Jepang perhatikan pula golden week atau minggu emas di Jepang. Golden week sendiri merupakan periode di akhir bulan April hingga minggu pertama bulan Mei di Jepang sebagai hari libur resmi. 

Seperti yang diungkapkan oleh Rachel Ajeng, banyak tempat wisata di Jepang saat golden week ramai dikunjungi hingga membuat dirinya kehabisan tiket. Jika Mama tidak terlalu menyukai kawasan padat wisatawan, dapat mengunjungi Jepang di luar waktu golden week

Di sisi lain, mengunjungi Jepang saat golden week memiliki sisi positif karena barang-barang yang dijual dapat dibeli dengan harga lebih murah dibandingkan di Indonesia. Namun, Mama harus rela berdesakan saat menggunakan transportasi umum, seperti bus. 

"Tapi, seandainya harus pergi pas golden week pun kemarin plus poinnya mereka diskonnya banyak banget. Jadi, karena itu liburan orang sana even toko-toko baju yang mungkin di sini harganya tuh (lebih mahal) bisa di Jepang tuh jadi sepertiganya gitu," ujarnya. 

5. Menikmati memakai Kimono

Freepik/Jcomp

Ketika Mama dan keluarga mengunjungi Jepang akan sangat banyak menemukan wisatawan asing yang mengenakan Kimono, baju tradisional Jepang. Agar pengalaman berkunjung lebih berkesan, cobalah mengenakan Kimono dan berjalan-jalan di sekitar jalanan Tokyo. 

Mama dapat mencoba mengenakan Kimono di Kuil Sensoji seperti yang dilakukan oleh Rachel Ajeng di mana dirinya mengungkapkan banyak wisatawan asing yang juga mengenakan Kimono dan bersikap ramah padanya. 

Itu dia informasi seputar tips liburan hemat ke Jepang, lebih bermakna untuk keluarga. Semoga dapat dijadikan inspirasi dan bermanfaat untuk Mama beserta keluarga

Baca juga:

The Latest