TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bertemunya Ide dan Gagasan Baru di IdeaFest 2024

Banyak speaker Gen Z dengan berbagai keahlian berbicara, ada pula workshop!

Popmama.com/Putri Syifa N

Lebih dari satu dekade ada, IdeaFest 2024 resmi digelar mulai Jumat (27/9/2024) hingga Minggu (29/9/2024) di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat. Tahun ini, IdeaFest menghadirkan 400 lebih pembicara melalui 120 sesi.

IdeaFest sendiri dikenal sebagai forum yang memberikan wadah kolaborasi transformatif untuk ide segar setiap insan dan komunitas kreatif. Seiring berkembangnya waktu, di tahun 2024 ini IdeaFest akan membahas isu-isu terkait dunia Gen Z dari berbagai perspektif dan pandangan setiap generasi.

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya mengenai IdeaFest 2024 ini!

1. Bertema 'i' sebagai representasi setiap individu penting

Instagram.com/ideafestid

IdeaFest 2024 mengangkat tema "IdeaFest : i", sebuah representasi individu dari berbagai generasi dan berbagai identitas yang mendambakan wawasan, dalam upaya untuk memberdayakan kecerdasan bersama IdeaFest.

IdeaFest 2024 dibuka langsung oleh Co Chair IdeaFest 2024 Ben Soebiakto, melalui pers konferens IdeaFest 2024 yang di gelar di Senayan JCC, Jumat (27/9/2024) pukul 09.00 WIB.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula CEO dan Co Founder Poplicits, Nazira C. Noer hingga penulis, Dee Lestari. Selain itu kehadiran dari tiga narasumber di IdeaFest 2024 yakni Andovi Da Lopez, Jovial Da Lopez, serta Irene Konten Kreator Art juga menambah semarak pembukaan IdeaFest 2024.

2. Kolaborasi menjadi kunci untuk terus relevan dari masa ke masa

Instagram.com/ideafestid

Ben mengatakan pihaknya tidak bisa seorang diri dalam membangun IdeaFest hingga bisa menjajaki tahun ke-13 diselenggarakan. Sejak tahun 2011 banyak pembicara berubah begitupun dengan platform dan ide-ide brilian yang terus berkembang.

Ia menyebut eksistensi ini didasari oleh dua kunci utama salah satunya adalah kolaborasi. Dengan adanya kolaborasi tercipta ruang baru untuk di eksplorasi bersama.

Ini pula yang membuat banyak ide bisa hidup ke dunia nyata. Tidak hanya sebagai gagasan di kepala masing-masing orang.

"Kuncinya bagaimana kita berkolaborasi," jelasnya dalam pemaparan tersebut.

3. Relevansi menjadi pembakar agar bisa mengembangkan ide

Instagram.com/ideafestid

Selain kolaborasi, waktu yang terus berjalan tentu harus disikapi. Sehingga semangat kolaborasi saja tidak cukup untuk mempertahankan eksistensi IdeaFest hingga saat ini.

Baginya relevansi dengan zaman diperlukan agar bisa mengikuti arus yang ada saat itu.

"Relevansi, sehingga kita berbicara bagaimana caranya membuat festival yang relevan dengan gen Z dan milenial. Mungkin dalam beberapa tahun kedepan sudah harus berfikir untuk gen alpha," tuturnya.

4. Semakin banyak speaker muda di IdeaFest 2024

Popmama.com/Putri Syifa N

Kebutuhan pasar kini berfokus pada milenial muda dan gen Z. Oleh karenanya IdeaFest 2024 juga demikian. Ben menyebut gelaran IdeaFest 2024 ini banyak speaker dari kalangan Gen Z.

Pihaknya juga mengupayakan lebih banyak pembicara muda, sehingga topiknya relevan dengan Gen Z. Pasalnya generasi ini menurut Ben adalah pencetak banyak inovasi dan kreativitas melalui platform digital.

5. Harga tiket IdeaFest 2024, ada Semasa Market juga

Instagram.com/ideafestid

Gelaran IdeaFest selama dua tahun terakhir menggandeng partner Semasa Market. Tahun 2024 ini Semasa menggelar bazar dengan lebih dari 225 brand yang terdiri dari berbagai produk, mulai dari pernak-pernik seni, fesyen, kecantikan, peralatan rumah, gaya hidup, eco brand, serta makanan dan minuman.

Untuk datang ke Semasa Market tidak dikenakan tiket masuk.

Sementara, akan ada lebih dari 160 sesi yang menghadirkan lebih dari 400 pembicara nasional dan internasional selama IdeaFest 2024.

Di samping IdeaTalks ada pula program IdeaFest X, IdeaFriends Forum, IdeaFest Night, Experiential Expo, serta IP & Content Expo. IdeaFest X, yang merupakan salah satu agenda baru di IdeaFest, menghadirkan beragam aktivitas, seperti workshop, live podcast, dan performance yang telah dikuratori secara khusus oleh Braintrust IdeaFest.

Tiket beberapa program sudah terjual habis, dan bisa dibeli melalui https://goers.co/ideafest mulai dari Rp229 ribu.

Itulah tadi informasi mengenai IdeaFest 2024. Bagi yang ingin datang dan menyaksikan diskusi banyak ide menarik, jangan lupa beli tiketnya.

Baca juga:

The Latest