TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

IMGS 2024: Generasi Milenial dan Gen Z Bagian dari Perubahan

Perubahan dimulai dari langkah yang dilakukan setiap hari!

Dok. IMGS 2024

Indonesia Millennial & Gen-Z Summit by IDN adalah pertemuan independen yang berkomitmen membentuk masa depan Indonesia, dengan mempertemukan para pemimpin dari seluruh nusantara dan lintas disiplin ilmu. Dengan tema Catalyst of Change, IMGS 2024 hadir untuk menyoroti kisah-kisah inspiratif dari individu, yang telah berperan penting dalam mendorong perubahan positif di Indonesia.

IMGS 2024 dilaksanakan di The Tribrata, Darmawangsa, Jakarta pada Selasa-Rabu, 22-23 Oktober 2024. Untuk IMGS 2024 ini akan ada enam bidang yang disorot dari pendidikan hingga ketenagakerjaan.

Berikut Popmama.com rangkum informasi mengenai IMGS 2024: generasi milenial dan gen Z bagian dari perubahan!

1. Enam bidang yang dibahas di IMGS 2024, pendidikan hingga ketenagkerjaan

Dok. IMGS 2024

Sudah disinggung sebelumnya, jika IMGS 2024 ini menyoroti enam bidang utama. Ini yang menjadi perhatian dan tantangan besar bagi generasi muda Indonesia:

  • Pendidikan, menyoroti pentingnya inovasi dan aksesibilitas dalam sistem pendidikan untuk mempersiapkan generasi mendatang.
  • Lingkungan, yang membahas solusi keberlanjutan dan aksi nyata untuk mengatasi krisis lingkungan yang semakin mendesak.
  • Kesetaraan, mengupas upaya memperjuangkan hak-hak kesetaraan gender, inklusi, dan kesempatan yang adil bagi semua lapisan masyarakat.
  • Ketenagakerjaan, melihat bagaimana perubahan dunia kerja di era digital, serta peluang dan tantangan yang dihadapi oleh generasi muda dalam mencari dan menciptakan lapangan pekerjaan.
  • Demokrasi, mendorong partisipasi aktif generasi muda dalam proses demokrasi dan pentingnya suara mereka dalam membentuk masa depan politik Indonesia.
  • Ekonomi, menggali strategi pengembangan ekonomi kreatif dan digital yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional di masa depan.

2. Milenial dan Gen Z adalah bagian dari perubahan

Dok. IMGS 2024

Winston Utomo, Co-founder dan CEO IDN menyebutkan kalau milenial dan generasi Z adalah bagian dari perubahan. Apalagi, di tahun 2030 Indonesia akan ada di puncak bonus demografinya dengan sebagian besar usia produktif adalah dari dua generasi tersebut.

"Kita bukan hanya penonton tetapi pelaku utama dalam perjalanan ini. Saya percaya generasi muda adalah agen perubahan yang membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Tahun 2030 adalah puncak bonus demografi, ini bukan sekedar angka melainkan kesempatan emas untuk dimanfaatkan sebaik mungkin," ujarnya dalam opening IMGS 2024, Selasa (22/10/2024).

Winston juga mengingatkan untuk para generasi muda, kalau perubahan tidak terjadi begitu saja. Perubahan terjadi karena aksi dan langkah-langkah yang dilakukan kita semua setiap hari.

"Perubahan terjadi karena aksi, langkah-langkah yang kita ambil. Ini adalah bagian kontribusi nyata dari kami mengajak generasi muda untuk bangkit dan bergerak," ujar Winston.

3. Ada banyak narasumber inspiratif untuk para future leader!

Popmama.com/Putri Syifa N

Indonesia Millennial & Gen-Z Summit 2024 mengusung tema Catalyst of Change, yang berfokus pada peran generasi muda sebagai penggerak perubahan positif di Indonesia.

Tahun ini, IMGS menghadirkan pengalaman spesial melalui Live Podcast Experience yang menampilkan kolaborasi dengan kreator ternama seperti RAPOT, Andovi dan Jovial Da Lopez, Fadil Jaidi, hingga Jess No Limit.

Dalam sesi interaktif ini, mereka akan mengangkat isu-isu penting seperti pendidikan, lingkungan, dan kesetaraan. Hal ini dirancang untuk menginspirasi dan mendorong generasi muda, agar berani mengambil peran sebagai katalisator perubahan di berbagai aspek kehidupan.

Itulah rangkuman seputar IMGS 2024: generasi milenial dan gen Z bagian dari perubahan!. Untuk jadwal mengenai IMGS 2024 bisa dilihat di website imgs.idntimes.com dan media sosial Instagram @indonesia.summit. Yuk, datang!

Baca juga:

The Latest