TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Lagu Indonesia yang Terinspirasi dari Ayat Al-Qur'an, Syahdu Banget!

"Gala Bunga Matahari" milik Sal Priadi hingga "Pangeran Cinta" dari Dewa 19

Pexels/Mona Termos

Musik selalu menjadi medium yang kuat untuk menyampaikan pesan dan emosi. Indonesia sendiri merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, sehingga wajar jika beberapa musisi mengambil inspirasi dari ayat-ayat Al-Qur'an untuk lagu-lagu mereka.

Sehingga keberadaan lagu ini ini tidak hanya menghibur, tetapi juga membawa pesan yang mendalam, menggugah hati dan pikiran pendengarnya. Ternyata cukup banyak musisi tanah air terkini yang membuat lirik lagu terinspirasi ayat Al-Qur'an lho.

Berikut Popmama.com rangkum lagu Indonesia yang terinspirasi dari ayat Al-Qur'an!

1. Sal Priadi - Gala Bunga Matahari

Lagu "Gala Bunga Matahari" karya Sal Priadi viral di platform media sosial, terutama TikTok. Lagu ini pertama kali dirilis di kanal YouTube Sal Priadi pada 14 Juni 2024. Ini merupakan lagu keempat belas dari album Sal Priadi yang berjudul MARKERS AND SUCH PENS FLASHDISKS, yang dirilis pada 30 April 2024.

Uniknya, lirik lagu "Gala Bunga Matahari" mengekspresikan rasa kehilangan dan kerinduan seseorang karena ditinggal orang terkasih. Sal Priadi menuliskan soal gambaran yang dianggap mencerminkan akhirat, seperti sungai yang dilintasi air susu, yang juga terdapat dalam Al-Quran.

Lagu Sal Priadi satu ini pun sampai dijelaskan oleh Ustaz Syam lho. Misalnya lirik soal 'meski berbicara dengan bahasa tumbuhan'  yang sesuai dengan surat Al-Isra ayat 44.

Lirik selanjutnya yaitu 'adakah sungai sungai itu benar benar dilintasi dengan air susu' yang sesuai dengan surat Muhammad ayat 15. Selanjutnya penggalan lirik 'juga badanmu tak sakit sakit lagi' dan 'kau dan orang-orang di sana muda lagi' dari surat Al-Hijr ayat 45-48 dan surat Al-Waqi'ah ayat 35-38.

2. Kunto Aji - Hidup Sebelum Mati

Penyanyi Kunto Aji merilis lagu religi untuk pertama kalinya berjudul “Hidup Sebelum Mati”. Lagu ini menjadi soundtrack serial Demi Masa yang dibintangi Bryan Domani.

Ternyata lagu tersebut terinspirasi dari potongan ayat Al-Quran surat Al-Ashr (Demi Waktu) dan petuah "M=manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara". Pria kelahiran Sleman ini membuat lagu “Hidup Sebelum Mati” dalam waktu dua minggu.

Saat ditanya kesulitan menerjemahkan Al-Qur'an menjadi sebuah lagu, Kunto Aji menjawab kalau tidak rumit. Sebab sejak dulu sebenarnya lagu-lagunya memang banyak membahas tentang spiritual. Hal ini yang membuatnya tak terlalu kesulitan ketika menginterpretasikan dari potongan ayat Al-Qur'an menjadi sebuah lagu.

3. Putri Ariani - Teruskan Langkah Baikmu

Putri Ariani merilis single baru berjudul "Teruskan Langkah Baikmu", dalam rangka menyambut bulan Ramadan 2024 kemarin. Penyanyi jebolan America's Got Talent ini mendapatkan inspirasi penulisan lirik dari membaca arti Surat At-Thalaq Ayat 3 yang memerintahkan umat agar berserah diri hanya kepada Allah.

Perempuan satu ini meyakini bahwa selalu ada kemudahan di setiap kesulitan yang dihadapi oleh manusia. Adapun durasi lagunya tidak sampai 3 menit.

Lagu "Teruskan Langkah Baikmu" semakin menunjukkan kepiawaiannya dalam penulisan lagu. Lagu ini ingin mengajak pendengar agar jauh dari rasa putus asa dalam menjalani kehidupan sesuai pedoman agama. Melodinya syahdu memanjakan telinga.

4. Dewa 19 - Pangeran Cinta

Di akhir tahun 2023 lalu, viral lirik lagu Dewa 19 yang berjudul "Pangeran Cinta" yang konon terinspirasi dari ayat Al-Qur'an. Padahal selama ini lagu ciptaan Ahmad Dhani itu menjadi salah satu yang sering dibawakan saat konser.

Dilansir akun Instagram @the_legend19_, salah satu lirik lagu Dewa 19 itu sama persis dari Al-Qur'an adalah 'hidup ini juga pasti mati'. Ini sama persis dengan penggalan Surat Ali Imran ayat 185 yang berbunyi 'setiap yang bernyawa akan merasakan mati'.

Selain itu ada 'tak akan ada yang abadi, takkan ada yang kekal, semua ini pasti akan musnah'. Lirik lagu Dewa 19 tersebut hampir sama dengan Surat Ar-Rahman ayat 26 'Semua yang ada di bumi itu tidak akan binasa'.

5.  Jasmine and the Yellow Fellows - YME (Yang Maha Esa)

Selanjutnya ada band indie yakni Jasmine and the Yellow Fellows yang juga punya lagu terinspirasi dari ayat Al-Quran lho. Jasmine and the Yellow Fellows terdiri dari musisi Nabilla Jasmine sebagai vokalis dan rekan-rekan musisinya yakni Metta Legita (piano elektrik), Andreas Nandiwardhana (gitar elektrik), Arini Kumara (bas elektrik), dan Raditya Samudra (drum).

Lagu mereka yang berjudul "YME (Yang Maha Esa)" dirilis dalam format digital di tahun 2024. Namun, klip lagu ini sudah diunggah oleh Youtube demajorsTV tahun 2021. Salah satu karya dari Jasmine and the Yellow Fellows ini memuat lirik yang terinspirasi dari Alquran surat Al-Baqarah ayat 164 dan Surat Ar-Rahman.

Itulah tadi lagu Indonesia yang terinspirasi dari ayat Al-Qur'an. Wah, jenius banget idenya ya!

Baca juga:

The Latest