TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Pameran Gratis untuk Warga Jakarta di Tengah Kota!

Dari karya lukisan, patung hingga batik lukisan dari seniman Khadir Supartini

Pertengahan November 2023 ini ada beberapa pameran yang bisa warga Jakarta kunjungi di seluruh kita. Namun, beberapa diantaranya harus mengeluarkan biaya, sehingga ini butuh pertimbangan tersendiri.

Kalau ingin datang ke pameran gratis dan ada di tengah kota dengan mudahnya akses transportasi, maka bisa menyaksikan presentasi karya dari seniman multidisipliner, Khadir Supartini.

Bertajuk "Pasar, People, Portraits," pameran ragam lukisan, gambar, dan patung ini berlangsung pada 15--25 November 2023 di PITA Collections (SCBD) Sequis Center, Jakarta.

Ini menandai kariernya sebagai pelukis yang kembali memamerkan karyanya di Jakarta setelah 10 tahun. Seniman asal Yogyakarta ini mengaku senang bisa membawa karyanya untuk dinikmati kaum urban di ibu kota.

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya!

1. Ada lukisan hingga karya patung dan batik

Popmama.com/Putri Syifa N

Khadir Supartini adalah salah satu seniman multidisipliner yang karyanya banyak terpampang di berbagai pameran. Terakhir ia sempat ikut pameran di ART JOG 2023 kemarin.

Membawa perspektif pasar dan orang kepada kaum urban, pengunjung akan disajikan berbagai elemen menarik. Untuk lukisan, Khadir menerangkan ia menerapkan teknik layer sehingga visual lukisannya bervolume dan berdimensi.

Ciri khas lainnya adalah Khadir tidak langsung memakai warna hitam dalam lukisannya. Ia lebih suka menggabungkan berbagai warna hingga menciptakan gradasi warna gelap menuju hitam yang bervolume karena layering tadi.

2. Banyak anak muda yang sudah aware dengan seni dan lukisan

Popmama.com/Putri Syifa N

Dipandang Khadir, kini anak muda sudah lebih banyak yang tertarik ke karya seni. Dengan berkembangnya tren 'museum date' misalnya, kaum muda banyak yang menghabiskan waktunya di galeri untuk sekedar nongkrong atau berjalan-jalan.

Ini tentu punya efek terhadap ketertarikan anak muda menjadi kolektor seni. Khadir mengungkapkan kalau koleksi seni yang usianya muda dari tahun ke tahun terus bertumbuh.

"Sekarang banyak kolektor muda yang (jumlahnya) terus bertumbuh," jelasnya.

3. Sapuan di atas batik, jadi karya yang unik seniman ini

Popmama.com/Putri Syifa N

Media yang menjadi ladang karya Khadir memang kebanyakan adalah kertas. Ia mengakui lebih suka menuangkan ide di atas kertas dibandingkan canvas atau medium lainnya.

Namun, untuk pameran ini Khadir pun memboyong karyanya yang dibuat di atas kain. Ini merupakan eksperimen terbarunya di atas kain bio cotton, lukisan batik.

"Bio cotton mudah terurai pemberian istri saya yang sudah lama saya simpan," jelasnya.

Karya ini terinspirasi seniman Arif Gombloh, orang yang membuatnya terjun ke dunia seni. Sementara itu untuk pembuatan lukisan batik tidak begitu berbeda dengan langkah konvensional versi wastra, misalnya penggunaan lilin tidak dihilangkan.

"Saya cat pakai kuas, tapi detail-detailnya tetap menggunakan canting. Jadi prosesnya mirip (dengan pembuatan kain batik)."

Karena terbilang baru dalam proses kreatifnya, Khadir menyebut lukisan batik jadi karya paling menantang yang ia persembahkan di pameran tunggalnya kali ini.

Itulah tadi mengenai pameran gratis untuk warga Jakarta di tengah kota oleh Khadir Supartini. Semoga bisa menjadi pilihan tempat untuk kamu dan keluarga menghabiskan waktu ya.

Baca juga:

The Latest