TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa, Wajib Dihindari agar Ibadah Lancar

Ketahui dan hindari beberapa hal yang bisa membatalkan puasa berikut ini

Unsplash/Rauf Alvi

Puasa merupakan salah satu kewajiban umat Muslim di seluruh dunia, terutama selama Bulan Ramadan. Di Indonesia, puasa umumnya dilaksanakan dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Saat berpuasa, kita tak hanya menahan rasa lapar dan haus, serta hawa nafsu. Namun, kita juga perlu menahan diri dari berbagai hal yang bisa membatalkan puasa.

Dalam ajaran Islam, ada beberapa situasi yang apabila terjadi bisa mengakibatkan batalnya ibadah puasa. Misalnya saja merokok, makan dan minum dengan sengaja, muntah dengan sengaja, haid, hingga berhubungan seksual.

Supaya lebih jelas, kali ini Popmama.com sudah rangkumkan 10 hal yang bisa membatalkan puasa. Ada apa saja? Simak selengkapnya, ya!

1. Makan dan minum dengan sengaja

Pexels/Ella Olsson

Makan dan minum dengan sengaja jadi penyebab puasa seseorang dikatakan batal atau tidak sah.

Secara umum, kedua hal ini merupakan kebutuhan dasar manusia untuk bertahan hidup. Namun saat berpuasa, Allah SWT memberikan perintah untuk menahan nafsu terutama yang berkaitan dengan makan dan minum.

2. Mengeluarkan air mani dengan sengaja

Freepik/freepik

Mengeluarkan air mani atau sperma dengan sengaja bisa menjadi satu hal yang membatalkan puasa. Biasanya kondisi ini terjadi ketika seseorang merasa terangsang oleh sesuatu. Misalnya saja, saat melakukan onani atau bersentuhan dengan lawan jenis tanpa adanya hubungan seksual.

Namun apabila air mani keluar karena mimpi basah, kondisi ini dianggap tidak membatalkan puasa.

3. Keluar darah haid atau nifas

Freepik/user18526052

Hal yang bisa membatalkan puasa berikutnya yakni keluarnya darah haid atau nifas. Seperti diketahui, darah yang keluar saat haid atau nifas merupakan darah kotor. Kondisi ini membuat perempuan dalam keadaan tidak suci, sehingga tidak diperkenankan untuk berpuasa.

Dalam ajaran Agama Islam, perempuan yang sedang haid atau nifas boleh tidak berpuasa, namun wajib mengganti puasanya di lain hari.

4. Melakukan hubungan intim dengan sengaja

Freepik/freepik

Melakukan hubungan intim di siang hari saat berpuasa bisa membatalkan puasa. Tak hanya membatalkan, hal ini juga bisa membuat seseorang dikenai denda atau kafarat.

Melansir dari NU Online, denda yang dimaksud berupa puasa selama dua bulan berturut-turut. Apabila tidak mampu, maka seseorang tersebut wajib memberi makanan pokok senilai satu mud atau setara dengan 0,6 kilogram beras kepada 60 fakir miskin.

5. Muntah dengan sengaja

Freepik/krakenimagescom

Saat berpuasa, besar kemungkinan muncul rasa mual dan ingin muntah akibat kondisi perut yang kosong. Namun perlu diketahui, kalau muntah juga bisa jadi salah satu penyebab batalnya ibadah puasa. Ini berlaku bagi seseorang yang muntah dengan sengaja.

Apabila muntah keluar secara alami, seseorang perlu membayar puasa dan boleh melanjutkan puasanya apabila sanggup.

6. Merokok

Freepik/freepik

Meski tak ada yang ditelan secara langsung, merokok jadi salah satu kegiatan yang bisa membatalkan puasa.

Para ulama mengungkapkan bahwa, menghirup asap rokok tidak membatalkan puasa. Tapi pada kenyataannya, merokok tak hanya sekedar menghirup. Rokok mengandung partikel yang bisa masuk ke dalam perut. Hal ini yang kemudian membuat puasa seseorang menjadi batal.

7. Mabuk karena alkohol

Freepik.com/azerbaijan_stockers

Mengonsumsi minuman berlakohol hingga mabuk bisa membatalkan puasa.

Menurut penelitian, mengonsumsi alkohol secara berlebihan tak hanya memabukkan, tapi juga bisa mendatangkan efek negatif lainnya. Misalnya saja, menyebabkan gangguan pencernaan, menurunkan konsentrasi dan kesadaran seseorang, hingga memicu masalah kesehatan kronis.

8. Berenang

Freepik/rawpixel.com

Berenang jadi salah satu jenis olahraga yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun saat berpuasa, aktivitas fisik yang satu ini tidak diperkenankan, karena bisa membatalkan puasa.

Saat berenang, seseorang akan kesulitan untuk mengontrol air yang masuk ke dalam tubuhnya. Daripada puasa batal, lebih baik kamu berenang setelah waktu berbuka tiba, ya!

9. Memasukkan obat atau benda ke dalam tubuh

Pexels/Jeeshoots

Menurut NU Online, puasa menjadi batal ketika seseorang dengan sengaja memasukkan obat atau benda ke dalam tubuh. Ini meliputi dua jalan, yakni melalui jalan depan (qubul) atau jalan belakang (dubur).

Beberapa pengobatan seperti ambeien atau pemasangan kateter urine, diketahui menggunakan cara tersebut. Sehingga, bagi pasien tentu lebih baik untuk tidak berpuasa dan menggantinya di hari lain.

10. Murtad atau keluar dari Islam

Freepik/rawpixel.com

Murtad merupakan suatu tindakan di mana seseorang keluar dari Agama Islam. Jika ini dilakukan seseorang secara tiba-tiba saat sedang berpuasa, artinya ibadah puasa yang dijalankannya menjadi batal.

Mereka yang sudah murtad dan ingin kembali memeluk Islam, diwajibkan mengucapkan syahadat dan segera mengganti puasanya.

Itulah 10 hal yang bisa membatalkan puasa. Yuk, hindari agar ibadah puasa kita berjalan lancar!

Baca juga:

The Latest