TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Tips Persiapan Mudik Aman dan Nyaman, Catat Ya Ma!

Pastikan fisik dalam kondisi sehat, kendaraan prima, serta bekal perjalanan tercukupi

Freepik.com/upklyak

Tak terasa sebentar lagi Lebaran akan tiba. Mama dan Papa, sudah mempersiapkan apa saja nih?

Lebaran biasanya identik dengan mudik atau pulang kampung. Ini merupakan suatu tradisi turun temurun, yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Selain jadi ajang silaturahmi, mudik juga jadi momen untuk istirahat alias rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari.

Menurut rilis terbaru yang diterima Popmama.com dari Tokopedia pada Senin (1/4/2024), Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) menyebut jika saat ini pemudik Lebaran di tahun 2024 diprediksi menjadi yang terbesar sepanjang sejarah.

Kemenhub mengungkapkan, akan ada 193,6 juta orang yang diprediksi mudik di tahun ini. Di mana angka tersebut setara dengan 71,7% jumlah rakyat Indonesia.

Nah, khusus buat Mama dan Papa yang berencana mudik di tahun ini, berikut Popmama.com berikan 5 tips persiapan mudik aman dan nyaman. Simak selengkapnya, ya!

1. Pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima

Freepik/songwutphin

Sebelum mudik, Mama dan Papa perlu memastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap semua komponen penting kendaraan, mulai dari oli mesin, tekanan ban, air radiator, hingga sistem pengereman.

Semua ini penting dilakukan untuk menurunkan risiko kecelakaan di jalan selama mudik Lebaran. Selain itu, kendaraan yang prima akan membuat Mama sekeluarga lebih aman dan tentunya nyaman di perjalanan.

2. Persiapkan uang tunai dan uang elektronik

Freepik.com/rawpixel.com

Tips mudik aman dan nyaman berikutnya yakni, persiapkan uang tunai dan uang elektronik.

Saat ini, pembayaran digital memang semakin banyak diandalkan karena dinilai praktis. Untuk itu, pastikan saldo mencukupi di  tiap tansaksi misalnya di tol atau berbelanja di rest area. Saat ini, proses transaksi pengisian saldo di kartu elektronik sudah bisa dilakukan dengan mudah, Ma, salah satunya bisa melalui e-commerce seperti Tokopedia.

Namun di sisi lain, Mama tetap harus mempersiapkan uang tunai, ya. Ini penting untuk berjaga-jaga, mengingat di beberapa daerah penggunaan uang elektronik belum begitu umum.

3. Pastikan hewan peliharaan aman

Freepik.com/wirestock

Mama ingin mudik, tapi memiliki hewan peliharaan? Cobalah untuk menitipkan hewan peliharaan pada orang terdekat atau yang dipercaya. Selain itu, bisa juga titipkan hewan peliharaan pada jasa penitipan terpercaya, seperti pet shop atau klinik hewan.

Siapkan juga kebutuhan hewan peliharaan lainnya seperti obat-obatan, makanan, camilan, hingga produk perawatan hewan selama ditinggal mudik Lebaran. Dengan begitu, Mama dan Papa bisa melakukan perjalanan mudik dengan tenang dan nyaman.

4. Siapkan perlengkapan untuk hal-hal tak terduga

Freepik.com/8photo

Perjalanan mudik memang bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya saja melalui jalur darat, udara, hingga laut. Di mana dalam prosesnya, dibutuhkan kondisi fisik yang prima, terlebih jika Mama dan keluarga memilih melakukan perjalanan mudik pribadi melalui jalur darat.

Untuk itu, siapkan segala sesuatunya dengan baik, ya. Tak hanya kesehatan fisik, persiapan kotak P3K berisi obat-obatan juga diperlukan. Isilah kotak P3K dengan obat anti mabuk, obat diare, obat demam, serta antiseptik untuk mengatasi luka darurat.

5. Siapkan bekal makanan dan minuman

Freepik.com/KamranAydinov

Terakhir, untuk mengantisipasi perjalanan mudik yang panjang, Mama juga perlu mempersiapkan makanan dan minuman untuk di jalan. Bawalah makanan dan minuman yang tahan lama dan mudah dibawa seperti roti, biskuit, buah-buahan, hingga air mineral.

Simpan semua bekal makanan dan minuman di tempat yang aman dan mudah terjangkau. Ini penting, supaya saat di perjalanan Mama tak perlu repot mengambilnya. Apalagi jika mudik Lebaran dilakukan bersama anak-anak.

Itulah 5 tips persiapan mudik aman dan nyaman. Selamat mudik Lebaran, hati-hati di jalan, ya!

Baca juga:

The Latest