TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Apa Arti Mamat Gunshop yang Lagi Viral? Benarkah Jualan Senjata?

Istilah Mamat Gunshop menjadi perbincangan di media sosial

Instagram.com/mamat_alkatiri/ganjar_pranowo

Istilah Mamat Gunshop sedang dibicarakan di media sosial khususnya dalam platform X. Hal ini bermula ketika Capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo membuat cuitan yang menawarkan para pengguna X untuk melempar pertanyaan kepadanya terkait seputar debat calon presiden.

Cuitan dari Ganjar Pranowo mendapat respons positif dari warganet. Namun, salah seorang pengguna tiba-tiba membalas cuitan tersebut dengan mengikutsertakan istilah Mamat Gunshop.

Tujuan dari seorang pengguna tersebut sebetulnya ingin bertanya perihal cara menghentikan penjualan senjata api rakitan atau ilegal dari Mamat Gunshop. Sontak saja cuitan tersebut mengundang tawa dari netizen, bahkan memantik rasa penasaran banyak orang mengenai Mamat Gunshop.

Berikut Popmama.com telah merangkum informasi "apa arti Mamat Gunshop yang lagi viral?" secara detail. 

Yuk, disimak!

Arti Mamat Gunshop

Instagram.com/mamat_alkatiri

Sebetulnya istilah Mamat Gunshop berawal dari candaan para kalangan komika. Komika tersebut yang berguyon bahwa Mamat Alkatiri memiliki sebuah toko senjata api rakitan atau ilegal. Konon cabang Mamat Gunshop tersebar luas di beberapa daerah di Indonesia. Tidak hanya itu, Mamat juga kerap diejek memiliki jaringan mafia terbesar di Indonesia. 

Namun, pemaparan tersebut sebenarnya tak lebih dari sekedar guyon. Faktanya, toko tersebut hanyalah fiktif belaka. Para fans dan penikmat stand up Indonesia membuat istilah Mamat Gunshop yang mengatasnamakan seorang komika bernama Mamat Alkatiri, tak lain bertujuan hanya untuk candaan. 

Asal Mula Mamat Gunshop

Instagram.com/mamat_alkatiri

Awal mula munculnya istilah Mamat Gunshop berawal dari tren TikTok yang memasang foto editan dirinya sambil menenteng senjata senjata api. Foto tersebut kemudian ramai gunakan oleh netizen untuk menjelaskan perubahan hukuman Ferdy Sambo dari hukuman mati ke hukuman seumur hidup. 

Tidak sampai di situ, konon Mamat Alkatiri juga dikaitkan dalam sebuah bisnis jual beli senjata yang berasal dari Filipina. Bahkan toko Mamat Gunshop sampai tersedia secara online dan bisa diakses melalui mesin pencari Google.

Isu penyelundupan senjata dari Filipina ini dihembuskan pertama kali oleh rekan komikanya, Abdul Arsyad. Meskipun demikian, istilah Mamat Gunshop tak lebih dari sebuah guyonan. 

Sosok Mamat Alkatiri

Instagram.com/mamat_alkatiri

Muhammad Yusran Farid, S.KG atau yang lebih dikenal dengan nama Mamat Alkatiri merupakan seorang komika yang lahir pada 24 Juni 1992. Namanya mulai mencuat di industri hiburan sewaktu dirinya ikut serta dalam kompetisi SUCI 7. Meski gagal keluar sebagai juara, tapi Mamat sukses dikenal oleh orang banyak. 

Kini selain aktif sebagai seorang komika, Mamat juga dikenal sebagai aktor yang telah membintangi sejumlah film. Beberapa di antaranya berjudul Laundry Show (2019), Yowis Ben 2 (2019), Dignite (2020), Marriage (2021), dan film lainnya. Selain itu, ia juga memiliki sebuah program di kanal YouTube Has Creative yang bertajuk Mamat Keliling

Itulah rangkuman informasi seputar "apa arti Mamat Gunshop yang lagi viral?" yang sudah dirangkum.Dengan adanya informasi ini semoga bisa membantu agar kamu tidak penasaran lagi tentang Mamat Gunshop yang viral di media sosial, ya. 

Baca juga:

The Latest