TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Biodata dan Profil Dwi Anggia, Moderator Debat Pilpres Kelima

Dwi Anggia sempat dijuluki sebagai sarjana roti

Instagram.com/dwi_anggia

Debat pemilhan umum (pemilu) akan memasuki debat kelima atau yang terakhir diikuti oleh ketiga calon presiden. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pihak menyelengagra telah mengumumkan bahwa debat kelima capres akan diselenggarakan pada Minggu (4/2/2024). 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memilih moderator yang akan memandu jalannya debat kelima Pilpres 2024. Salah satu di antaranya adalah Dwi Anggia. Sebetulnya sosok Dwi Anggia sudah kerap muncul di televisi, hanya saja masih banyak orang yang belum mengetahui sosoknya.

Berikut Popmama.com telah merangkum informasibiodata dan profil Dwi Anggia yang menjadi moderator debat Pilpres kelima.

Biodata Singkat Dwi Anggia

Instagram.com/dwi_anggia
  • Nama: Dwi Anggia Raitmadhini
  • Tempat, Tanggal Lahir: Padang, 19 Januari 1983
  • Pendidikan: Universitas Andalas
  • Profesi: Presenter
  • Instagram: @dwi_anggia

Selain melalui biodata singkat, kamu juga bisa mengenal lebih dalam sosok Dwi Anggia lewat beberapa fakta tentangnya. 

1. Dwi Anggia diketahui berdarah Minang

Instagram.com/dwi_anggia

Bagi yang sering menyaksikan tayangan di channel TvOne, mungkin tidak akan asing dengan sosok Dwi Anggia.

Diketahui perempuan kelahiran tahun 1983 ini memiliki garis keturunan Minang. Ia pun lahir serta tumbuh besar di kota yang identik dengan makanan rendang tersebut. Dwi Anggia bahkan telah menamatkan kuliahnya di kota kelahirannya sendiri. 

2. Sempat dijuluki sebagai sarjana roti

Instagram.com/dwi_anggia

Ketika masih remaja, Anggia sering kali diminta untuk membantu mamanya yang kala itu sedang membuka usaha roti. Konon mamanya memang memiliki kepandaian dalam membuat roti vla jagung hingga selai nanasnya. Alhasil Tiara Bakery pun didirikan sebagai usaha keluarga. 

Sebutan sarjana roti yang melekat pada namanya dikarenakan dahulu sebelum berangkat kuliah, Anggi harus mengantarkan roti hasil buatan mamanya ke warung-warung langganannya. Tidak sampai di situ, Anggi pun sampai membawa roti-roti tersebut ke kampus untuk ditawarkan kepada teman-temannya. 

Sayangnya usaha roti tersebut harus berhenti bukan karena bangkrut, melainkan keluarga Anggi harus segera pindah ke Jakarta. 

3. Dwi Anggia merupakan alumni Unand

Instagram.com/dwi_anggia

Siapa sangka kalau Anggia sempat berkuliah di Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Tentu ilmu yang ia pelajari ketika berkuliah sangat bertolak belakang dengan profesi yang saat ini sedang dijalani yakni sebagai seorang news presenter. 

Walaupun berkuliah di Fakultas Pertanian, tidak menghentikan langkah perempuan yang kerap disapa Anggia ini untuk mengejar impiannya untuk berkarier di dunia media. Usahanya dimulai sejak ia masih duduk di bangku kuliah. Kala itu, Anggia sudah cukup aktif di radio sebagai penyiar dan penulis naskah. 

4. Berprofesi sebagai news presenter

Instagram.com/dwi_anggia

Seusai lulus dari Fakultas Pertanian Universitas Andalas pada tahun 2005, Anggia mencoba peruntungan di dunia Broadcasting di ibu kota. Ia pun kemudian mendaftar ke stasiun tv SCTV, dan diterima sebagai seorang reporter dalam program berita Liputan 6.

Lebih dari empat tahun meniti karier di SCTV, Anggia pun berlabuh di Antv. Di kantor barunya, Anggia menjalani karier sebagai produser yang merangkap presenter di acara berita di Antv pada tahun 2009. Kala itu, wajahnya kerap kali muncul di program berita Topik Siang dan Topik Petang Antv. 

Pada Agustus 2011, Anggia memutuskan untuk berpindah ke TvOne hingga sekarang. Selama berkarier di TvOne, Anggia pernah diminta untuk menjadi seorang presenter berita hingga bertanggung jawab sebagai produser eksekutif program Dua Sisi dan Saatnya Perempuan Bicara di TvOne. 

5. Anggia ditunjuk sebagai moderator debat Pilpres kelima

Instagram.com/dwi_anggia

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan bahwa pada debat kelima Pilpres 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 4 Februari 2024. Selain itu, KPU juga telah menunjuk dua moderator yang akan memandu jalannya debat tersebut. 

Disampaikan langsung oleh Komisioner KPU RI, August Mellaz pada Rabu (31/1/2024) di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, bahwa dua moderator yang akan bertugas itu ialah Dwi Anggia dan Andromeda Mercury. 

Terpilihnya sosok Dwi Anggia sebagai moderator debat Pilpres kelima bukan tanpa alasan. Reputasinya di dunia jurnalistik sangatlah diperhitungkan, apalagi ia kerap telah cukup lama menjadi seorang news presenter. Selain itu sosoknya juga dirasa sudah memenuhi ketentuan moderator yang telah diatur oleh KPU. 

Itulah rangkuman informasi biodata dan profil Dwi Anggia yang menjadi moderator debat Pilpres kelima.Dengan adanya informasi ini, semoga bisa membantu kamu untuk mengenal lebih dalam sosoknya, ya. 

Baca juga:

The Latest