TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Main di Film Mendung Tanpo Udan, Yunita Siregar Belajar Bahasa Jawa

Butuh dua minggu untuk berlatih melafalkan bahasa Jawa

Popmama.com/Randi Al Faras

Pada tanggal 29 Februari 2024, bioskop Indonesia akan menghadirkan sebuah film baru berjudul Mendung Tanpo Udan. Diketahui bahwa film ini mengusung genre komedi yang dibalut dengan kisah percintaan. Ceritanya tentang realita kehidupan yang meliputi mimpi dan cita-cita. 

Film Mendung Tanpo Udan akan dibintangi oleh aktor dan aktris kenamaan, salah satunya Yunita Siregar. Melalui sebuah interview eksklusif di IDN Media pada Selasa (13/2/2024), Yunita Siregar mengaku mempelajari bahasa Jawa demi menciptakan dialog yang menarik dalam film ini. Sebab, hampir 70 persen film Mendung Tanpo Udan akan menggunakan bahasa Jawa dalam dialognya. Lalu bagaimana usaha Yunita Siregar dalam mempelajari bahasa Jawa?

BerikutPopmama.com telah merangkum informasi Yunita Siregar belajar bahasa Jawa saat tampil di film Mendung Tanpo Udan secara lebih detail.

1. Yunita merasakan kesulitan saat memainkan dialog dalam bahasa Jawa

Instagram.com/yunitasiregar

Memang tidak mudah bagi seorang aktris untuk memainkan dialog dengan bahasa yang tidak dipahami sebelumnya. Yunita Siregar pun merasakan demikian.

Yunita sendiri merupakan keturunan suku Batak dan dibesarkan di daerah Jawa Barat, tetapi di dalam film Mendung Tanpo Udan, ia mau tidak mau harus memainkan dialog dalam bahasa Jawa. 

Meskipun pada awalnya Yunita merasa kesulitan, tetapi Yunita tetap bisa memainkan dialog tersebut, setelah mendapat bantuan dan pelatihan dari coach yang paham dengan bahasa Jawa. 

" Di awal agak bingung, untuk bisa menyesuaikan penempatan katanya, penyebutannya, apalagi banyak kata yang asing. Tapi kita dibantu sama tim coach saat itu," jelas Yunita. 

2. Butuh dua minggu untuk melafalkan bahasa Jawa

Popmama.com/Randi Al Faras

Bahasa Jawa memang bukan bahasa yang familiar dengan Yunita Siregar, sehingga ketika diminta untuk memainkan peran dengan dialog bahasa Jawa, Yunita sempat mengalami kesulitan. Ia pun akhirnya mendapat pelatihan intensif dari coach selama kurang lebih dua minggu hingga bisa perform memainkan dialog dalam bahasa Jawa.  

Walau mengalami kesulitan pada awalnya, tetapi Yunita mampu menghadapi kesulitan tersebut. Alhasil Yunita bisa memerankan karakter Mendung secara totalitas. 

"Kita waktu itu lumayan intensif kayak sekitar 2 minggu untuk belajar melafalkan bahasa Jawa dari pagi sampai sore," kata Yunita. 

3. Alasan Yunita memilih peran di film Mendung Tanpo Udan

Instagram.com/mendungtanpoudanmovie

Tentu ada banyak faktor yang memengaruhi aktor atau aktris untuk menentukan film apa yang akan mereka bintangi. Dalam hal ini, Yunita Siregar pun menjelaskan alasannya memilih terlibat dalam proses pembuatan film Mendung Tanpo Udan.

Selain karena para pemainnya, Yunita telah lebih dulu jatuh cinta dengan ceritanya, sehingga tidak ada alasan bagi Yunita untuk menolak tawaran memainkan karakter Mendung. 

"Salah satu pertimbangan aku adalah para pemainnya. Lalu karena aku udah suka sama ceritanya dan udah yakin dengan film ini, makanya aku memilih memainkan peran di film Mendung Tanpo Udan," ujar Yunita. 

Itulah rangkuman informasi Yunita Siregar belajar bahasa Jawa saat tampil di film Mendung Tanpo Udan. Semoga informasi ini bisa mengurangi rasa penasaran kamu tentang film ini, ya. 

Baca juga:

The Latest