TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Ciri Orang NPD, Istilah Gangguan Kepribadian yang Lagi Viral

NPD belakangan jadi sebutan orang yang terlalu percaya diri dan minim empati

freepik/jcomp

Kata NPD belakangan ramai di media sosial dan ditujukan pada seseorang yang senang cari perhatian namun kurang rasa empati. NPD sendiri merupakan singkatan dari Narcissistic Personality Disorder (gangguan kepribadian narsistik).

Rasa percaya diri memang penting untuk dimiliki seseorang. Namun, percaya diri berlebih hingga merugikan orang lain termasuk salah satu ciri adanya gangguan kesehatan mental, lho.

Seorang NPD ini memang terkesan menyebalkan, namun biasanya orang yang mengidap gangguan mental ini tidak sadar dengan kondisinya. Meski demikian, jangan asal diagnosis sebab NPD memiliki ciri-ciri tersendiri yang perlu diperiksa pada ahlinya.

Bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia, kali ini Popmama.com juga telah merangkum ciri orang NPD, istilah gangguan kepribadian yang lagi viral.

NPD Tergolong Jenis Gangguan Kepribadian

Freepik/freepik

NPD adalah sebutan untuk orang yang mengidap gangguan kepribadian narsistik. Seseorang yang mengidap penyakit ini memiliki kondisi kesehatan mental yang terganggu sehingga terus ingin menjadi pusat perhatian.

Melansir Mayo Clinic, penderita NPD biasanya juga tidak memiliki rasa peduli dengan perasaan orang lain. Hal ini yang akhirnya membuat pengidap NPD menjadi terlihat sangat menyebalkan di mata orang lain.

Penderita NPD biasanya selalu merasa tidak puas dan selalu ingin jadi pusat perhatian. Akibatnya, orang-orang sekitar akan merasa terganggu hingga berpengaruh dengan hubungan pribadi penderitanya.

NPD juga dapat disebabkan oleh latar belakang keluarga dan pengalaman hidup yang cukup suram. Biasanya seorang yang mengalami kondisi ini kurang mendapatkan kasih sayang atau perhatian dari orang terdekat, sehingga melampiaskannya pada orang lain.

Ciri-Ciri Orang NPD yang Kerap Tak Disadari

Freepik/Yanalya

Orang yang senang cari perhatian belum tentu seorang NPD, namun seseorang yang menderita NPD bisa tidak menyadarinya ada yang salah dalam dirinya.

Biasanya gangguan kepribadian narsistik ini juga dibarengi dengan gangguan kesehatan lainnya, mulai dari depresi, kecemasan, hingga penggunaan zat terlarang.

Nah, ada beberapa ciri-ciri NPD yang dapat diperhatikan, mulai dari:

1. Terlalu bangga dengan diri sendiri

Freepik/jcomp

Seorang narsistik biasanya akan merasa terlalu bangga dengan dirinya sendiri. Ia akan menilai dirinya sendiri terlalu tinggi dibandingkan dengan orang lain.

Seorang NPD tidak akan malu-malu jika berbicara tentang dirinya sendiri. Sikap berlebihan tersebut tak jarang membuat orang-orang disekitarnya merasa tidak nyaman. 

2. Merasa superior tanpa dibarengi dengan pencapaian yang pantas

Freepik/wayhomestudio

Selanjutnya seorang yang menderita NPD juga merasa lebih superior dibandingkan orang lain yang ada di sekelilingnya. Tak jarang juga seorang NPD terkesan merendahkan orang lain.

Meski demikian, kenyataan yang sebenarnya justru tidak sebagus dan sekeren kedengarannya. Seorang NPD biasanya merasa dirinya superior, namun tidak dibarengi pencapaian atau hal membanggakan yang membuktikan ucapannya tersebut.

3. Melebih-lebihkan pencapaian diri sendiri

Freepik

Terkadang seorang NPD yang terkesan istimewa dan membanggakan memang tidak dibuktkan secara nyata, alias hanya omong belaka. Namun hal ini juga tidak menghindari seorang yang berprestasi memiliki ciri NPD.

Seorang NPD yang memiliki prestasi dan pencapaian akan melebih-lebihkannya dan menceritakan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Meski telah memiliki sesuatu yang membanggakan, hal tersebut tidak cukup membuatnya senang dan memilih untuk melebih-lebihkan cerita.

4. Merasa dirinya eksklusif

Freepik/benzoix

Selanjutnya seorang yang mengidap NPD juga akan merasa dirinya ekslusif atau istimewa. Ia akan merasa dirinya tidak pantas jiak disandingkan dengan orang-orang secara setara.

Karena merasa ekslusif, ia hanya ingin bergaul atau terlibat dengan orang-orang yang sama ekslusif dan istimewanya dengan dirinya.

5. Memiliki pikiran yang dipenuhi kesuksesan

Freepik

Memiliki jiwa NPD juga membuat seseorang memiliki pikian yang dipenuhi dengan kesuksesan. Bukannya berusaha lebih untuk membuktikan ucapannya, seorang NPD hanya akan berfantasi akan kehidupannya yang sempurna.

Pikirannya akan dipenuhi dengan berbagai hal, seperti skenario kesuksesan penuh kekuasaan, memiliki paras serta tubuh yang cantik atau sempurna. Selain itu, penderita NPD juga membuat dirinya seperti pusat perhatian.

6. Ingin selalu dipuji dan disanjung

Freepik/Yanalya

Karena memiliki riwayat narsistik, tak jarang NPD ingin selalu disanjung dan dikagumi oleh orang-orang yang ada di sekitarnya. Tak jarang orang NPD juga menjadi haus pujian dan penilaian orang lain.

Hal ini jadi salah satu hal yang perlu dilakukan untuk membuktikan dirinya lebih superior dibandingkan orang lain.

7. Merasa cemburu dengan pencapaian orang lain

Freepik/Racool_studio

Selanjutnya tak hanya merasa selalu ingin dipuji dan jadi pusat perhatian, orang memiliki riwayat NPD juga tidak senang jika ada orang lain yang melebihinya. 

Bukannya senang, seorang dengan penyakit NPD akan merasa cemburu dengan pencapaian orang lain. Ia merasa tidak boleh ada orang lain yang lebih hebat dari dirinya.

8. Memiliki sifat dan perilaku sombong

Freepik/tirachardz

Karena selalu membanggakan dirinya sendiri hingga melebih-lebihkan fakta, orang NPD juga ditandai dengan sifatnya yang sombong. Hal ini juga terlihat setiap dirinya membicarakan diri sendiri bersama dengan kelebihannya.

Seorang NPD bukan hanya bersifat sombong dalam bertutur kata, namun juga memiliki perilaku sombong dan cenderung merendahkan orang lain.

9. Kurang memiliki rasa empati

Freepik

Ciri-ciri orang NPD selanjutnya adalah kurang memiliki rasa empati. Selain bersifat sombong dan arogan, NPD juga menyebabkan seseorang menjadi tidak memiliki empati.

Jika ada seseorang yang sedang menagalmi kemalangan atau posisi yang jauh darinya, orang NPD tidak akan merasa iba atau kasihan. Seorang NPD juga tidak bisa membedakan hal yang boleh atau tidak boleh dilakukan pada orang lain, sehingga seringkali menyakiti orang lain.

10. Terlalu asik dengan diri sendiri

Freepik/Jcomp

Seorang dengan riwayat NPD juga akan terlihat asik dengan dirinya dan dunianya sendiri. Ia akan merasa bahwa dunia yang ada dihadapannya lah yang paling menarik.

Orang NPD tidak peduli dengan masalah atau pandangan orang lain. Ia akan berbicara tentang dirinya karena merasa pusat perhatian ada padanya.

Nah, itu dia ciri orang NPD, istilah gangguan kepribadian yang lagi viral. Kondisi ini perlu segera ditangi oleh ahlinya sebab dapat merugikan dan menimbulkan masalah yang lebih serius.

Semoga infomasi di atas bermanfaat! 

Baca juga:

The Latest