TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Profil dan Biodata Veronica Tan, Wamen PPPA Kabinet Merah Putih

Diluar prediksi, mantan istri Ahok ini resmi ditugaskan jadi Wakil Menteri PPPA

Instagram.com/veronicatan_official

Setelah resmi dilantik pada Minggu (20/10/24), Presiden Prabowo Subianto telah mengumumkan daftar calon menteri dan wakil menteri yang bertugas di kabinet Merah Putih. Salah satu nama yang cukup mencuri perhatian publik adalah Veronica Tan.

Nama Veronica Tan masuk ke dalam daftar dan ditugaskan menjadi Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Dirinya akan dilantik pada Senin siang (21/10/24).

Belum memiliki rekam jejak di dunia politik, membuat publik heran sekaligus terkejut melihat nama dari mantan istri Gubernur DKI Jakarta 2014-2017, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Diketahui Veronica merupakan seorang pebisnis dan aktif mengembangkan yayasan sosial.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum profil dan biodata Veronica Tan, Wakil Menteri PPPA Kabinet Merah Putih.

Profil dan Biodata Veronica Tan

Biodata Singkat Veronica Tan

Instagram.com/veronicatan_official

Nama Veronica Tan mulai dikenal publik saat mendampingi sang mantan suami, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta 2014-2017. Veronica pernah menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta.

Seusai bercerai pada 2018 lalu, ia merupakan seorang single mom dengan tiga orang anak. Ia mulai terjun ke dunia bisnis hingga akhirnya ditunjuk bertugas di Kabinet Prabowo-Gibran.

Untuk mengenal lebih lanjut, berikut ini biodata singkat Veronica Tan:

  • Nama Lengkap: Veronica Tan 
  • Marga: Lim (Tionghoa)
  • Tempat Lahir: Medan, Sumatera Utara
  • Tanggal Lahir: 4 September 1977
  • Nama Anak: Nicholas Sean Purnama, Nathania Berniece Zhong, dan Daud Albeeneer Purnama 
  • Nama Pasangan: Basuki Tjahaja Purnama (cerai 2018)
  • Pendidikan: S1 Arsitektur Universitas Pelita Harapan
  • Riwayat Organisasi: Yayasan Waroeng Imaji (Pendiri), Yayasan Kanker Indonesia (Ketua), Tim Penggerak PKK DKI Jakarta (Ketua).
  • Akun Instagram: @veronicatan_official

Veronica Tan Merupakan Mantan Istri Ahok

Instagram.com/veronica_tan_fc

Nama Veronica Tan memang selalu dikaitkan dengan nama sang mantan suami, BTP alias Ahok. Dirinya memang mulai dikenal publik saat sang mantan suami menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2014-2017 silam.

Veronica Tan menikah saat usianya baru 19 tahun, ia menikah dengan Ahok pada 6 September 1997. Dari pernikahan ini, keduanya dikaruniai tiga orang anak.

Sayangnya pada tahun 2018 lalu, Veronica Tan digugat cerai oleh Ahok tepat saat mantan gubernur tersebut berada di jeruji besi karena kasus penistaan agama. Veronica kemudian resmi bercerai dan menjalani kehidupannya sebagai Mama tunggal untuk tiga orang anak.

Ditugaskan Menjadi Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Instagram.com/veronicatan_official

Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, nama Veronica Tan mulai terdengar kencang akan masuk ke pemerintahan Prabowo-Gibran. Hal ini diperkuat dengan dirinya yang diundang datang ke kediaman Presiden Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Sempat diisukan menjadi Menteri PPPA, Veronica Tan tidak menjelaskan lebih jelas. Hingga akhirnya pada Minggu (20/10/24), nama Veronica Tan resmi dirilis menjadi Wakil Menteri PPPA dalam kabinet Merah Putih. Posisi Menteri PPPA sendiri diisi oleh Arifatul Choiri Fauzi.

Veronica akan menjalankan tugasnya dalam meningkatkan kualitas hidup, perlindungan, ingga pemenuhan hak-hak perempuan dan anak. Meski belum pernah terjun secara langsung ke dunia politik sebelumya, ia memiliki beberapa riwayat organisasi dan menjabat di yayasan sosial.

Pernah Menjabat di Beberapa Yayasan dan Organisasi Sosial

Instagram.com/veronicatan_official

Veronica Tan aktif berada dalam berbagai kegiatan dan organisasi sosial. Diketahui ia merupakan Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta pada tahun 2014-2017. Ia berada dalam organisasi tersebut saat berstatus sebagai istri dari Gubernur DKI Jakarta.

Tak hanya itu, selama menjadi istri pejabat ibu kota Indonesia kala itu, Veronica Tan juga aktif memberdayakan masyarakat dengan menjadi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di DKI Jakarta.

Saat ini, Veronica Tan juga aktif mengembangkan sebuah aplikasi layanan homecare yang memudahkan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan di rumah. 

Beberapa rekam jejak Veronica Tan yang aktif dalam organisasi sosial terutama pemberdayaan perempuan membuat dirinya akhirnya ditugaskan menjadi Wakil Menteri PPPA.

Aktif Berkecimpung di Dunia Bisnis

Instagram.com/veronicatan_official

Sejak dirinya bercerai dengan Ahok, Veronica Tan akhirnya memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis. Ada beberapa lini usaha yang dijalaninya.

Melek dengan isu sosial, Veronica memudahkan masyarakat yang ingin mendapat layanan kesehatan atau homecare lewat aplikasi bernama LoveCare. Layanan yang didirikan tahun 2019  ini berguna untuk memesan berbagai layanan perawatan di rumah, mulai dari perawat, caregiver, babysitter, wellness, katering sehat, hingga senior living.

Tak hanya itu, Mama dari tiga orang anak ini juga memiliki bisnis importir. Ia mendirikan Alpha Agro Indonesia yang fokus mengimpor daging sapi. Ia melihat potensi bisnis ini sejak tahun 2018.

Selama masa pandemi COVID-19, Veronica Tan juga tidak melewatkan kesempatan untuk menjalani bisnis karena tingginya permintaan masyarakat untuk tes COVID-19. Ia menjalani bisnis yang bergerak di layanan tes PCR.

Diketahui Veronica Tan juga pernah mengeluti bisnis di bidang fashion bekerjasama dengan aktris Tara Basro. Lewat kolaborasi ini, keduanya meluncurkan produk mode tradisional dengan mendukung para desainer lokal.

Pernah Diusulkan Maju di Pilkada

Instagram.com/veronicatan_official

Meski rekam jejaknya di dunia politik belum cukup banyak, berapa kali Veronica Tan diusulkan oleh beberapa partai untuk maju ke Pemilihan kepala Daerah (PIlkada).

Pada tahun 2020, Veronica Tan pernah diusulkan untuk maju menjadi Walikota Medan, oleh komunitas Generasi Optimis Indonesia karena dinilai tegas. Tak hanya itu, beberapa waktu lalu namanya juga sempat masuk dalam bursa pencalonan Gubernur DKI Jakarta usai diusulkan oleh PSI.

Nah, itu dia profil dan biodata Veronica Tan, Wakil Menteri PPPA Kabinet Merah Putih. Meski sempat mengejutkan publik karena tidak diprediksi, mantan istri Ahok ini resmi dilantik pada Senin, 21 Oktober 2024.

Baca juga:

The Latest