TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

15 Artis yang Meninggal di Tahun 2022, Ada Dorce hingga Rima Melati

Indonesia berduka, sejumlah artis tanah air ini menghembuskan napas terakhir di tahun 2022

Instagram.com/stevenpie7erszmaatit4/runasalam

Kehidupan diibaratkan sebagai sebuah roda yang berputar. Ada yang baru saja terlahir ke dunia, namun ada pula yang meninggal dunia. Bagian dari takdir, hal tersebut tidak bisa dicegah maupun diundur waktunya.

Sepanjang tahun 2022, duka menyelimuti dunia hiburan tanah air. Salah satunya adalah meninggalnya Dorce Gamala yang sempat menjadi perhatian besar banyak orang.

Tak hanya dari komedian, ada pula pemain film, penyanyi, hingga artis senior lainnya yang harus menghembuskan napas terakhirnya di tahun 2022. Siapa saja kah mereka?

Berikut Popmama.com siap membahas deretan artis yang meninggal di tahun 2022.

1. Nindy Ellesse meninggal dunia 2 Januari 2022

Facebook.com/Nindy Ellesse

Baru di awal tahun, Indonesia sudah berduka atas meninggalnya penyanyi senior Nindy Ellese pada 2 Januari 2022.

Nindy menghembuskan napas tekahir di usia 54 tahun setelah berjuang melawan kanker payudara yang diidapnya sejak tahun 2018. Jenazah Nindy dikebumikan di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

2. Dorce Gamalama meninggal dunia 16 Februari 2022

Instagram.com/Dg_kcp

Artis senior Dorce Gamala meninggal dunia pada 16 Febuari 2022. Ia meninggal akibat Covid-19 yang dideritanya. Beberapa bulan sebelum meninggal, Dorce harus bolak-balik rumah sakit untuk menjalani perawatan karena penyakit diabetes.

Kondisi kesehatan Dorce sudah terlihat menurun sejak Oktober 2021. Bahkan, saat itu Dorce sudah tidak berjalan sehingga harus menggunakan kursi roda. Tak hanya itu, Dorce juga sempat didiagnosis menderitra Alzheimer yang membuat ingatannya terganggu dan ucapannya melantur.

3. Yus Yunus meninggal dunia 25 Februari 2022

Instagram.com/yusyunusofficial

Dunia musik Indonesia kembali berduka di awal tahun setelah penyanyi senior Yus Yunus meninggal dunia pada 25 Ferbuari 2022.

Pelantun lagu Gadis Malaysia ini menghempuskan napas terakhir akibat sakit jantung yang selama ini di deirtanya. Mendiang Yus Yunus dimakamkan di TPU Srengseng Sawah, kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

4. Mieke Wijaya meninggal dunia 3 Maret 2022

Instagram/alenia259

Aktris senior Mieke Wijaya meninggal dunia pada 3 Maret 2022. Dia meninggal dunia di usianya yang ke-82 tahun. Salah satu anak Mieke Wijaya, Nia Zulkarnaen, mengatakan bahwa Mamanya sempat mendapat perawatan di rumah sakit selama bulan Ramadan.

Rupanya, mendiang Mieke Wijaya menderita penyakit diabetes hingga kanker, sebelum menghembuskan napas terakhir.

5. Bob Tutupoly meninggal dunia 8 Juli 2022

Dok. YouTube

Penyanyi senior Bob Tutupoly meninggal dunia di usia 82 tahun, tepatnya pada 5 Juli 2022. Beberapa minggu sebelum menghembuskan napas terakhir, Bob telah menjalani perawatan di rumah skait akibat stroke.

Bob juga berencana menjalani transfuse darah karena kadar HB-nya turun. Namun sayangnya, pada 5 Juli 2022 sekitar pukul 00.03 WIB, Bob sudah tidak lagi merespons.

6. Rini S Bon Bon meninggal dunia 20 Juli 2022

YouTube.com/Cumicumi

Rini S Bon Bon meninggal dunia pada 10 Juli 2022. Pelawak senior satu ini diketahui memiliki riwayat penyakit diabetes.

Jenazah Rini disemayamkan di rumah duka Kelurahan Paseban, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Rini dimakamkan sehari setelahnya, 11 Juli 2022 pagi di TPU Kawi-kawa, Johar Baru, Jakarta Pusat.

7. Rima Melati meninggal dunia 23 Juli 2022

Instagram.com/stevenpie7erszmaatit4

Aktris senior Rima Melati menghembuskan napas terakhir pada 23 Juni 2022. Ia dinyatakan meninggal dunia di Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta Pusat, pukul 15.14 WIB.

Mendiang Rima Melati meniggal akibat penyakit komplikasi yang dideritanya. Terkait kanker payudara yang sempat dideritanya, ia berhasil melewatinya atau biasa disebut sebagai penyintas.

8. Eddy Gombloh meninggal dunia 4 Agutsus 2022

Dok. YouTube

Industri hiburan tanah air kembali berduka di awal Agustus 2022 usai pelawak senior Eddy Gombloh dinyatakan meninggal dunia pada 4 Agustus 2022 di RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta.

Diketahui, Eddy Gombloh sempat terjangkit Covid-19. Setelah menjalani masa pengobatan di rumah sakit, ia justru tidak bisa berjalan.

Tina Tabalu sekali istrinya menjelaskan bahwa Eddy juga memiliki riwayat jantung. Sang komedian dimakamkan di TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat.

9. Reza Gunawan meninggal dunia 6 September 2022

Instagram.com/rezagunawan

Suami Dewi Lestari, Reza Gunawan, harus berjuang melawan stroke yang dideriata selama satu bulan belakangan. Namun tampaknya Tuhan mempunyai rencana lain, pada 6 September 2022, kakak kandung Sharena Delon ini menghembuskan napas terakhir.

Reza Gunawan dikremasi dua hari setelahnya, pada 8 September 2022. Dia meninggal dunia di usia 46 tahun.

10. Clerence Chyntia meninggal dunia 18 Oktober 2022

Instagram.com/clerence.ca

Clerence Chyntia selaku istri additional drummer NOAH Rio Alief meninggal dunia pada 18 Oktober 2022. Bintang FTV ini menghembuskan napas terakhir di RSCM Jakarta.

Mendiang sang aktris dikebumikan di TPU Jombang, Tangerang Selatan. Sang suami mengatakan rupanya bukan kanker pembuluh darah yang diderita istrinya, melainkan kanker neuroendokrin.

Kanker neuroendokrin yang menjangkit Clerence berjalan begitu cepat. Sebab, hanya berjalan dua bulan saja dari stadium pertama hingga empat.

11. Rudy Salam meninggal dunia 18 November 2022

Instagram.com/runasalam

Aktir senior Rudy Salam mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Harum, Jakarta Timur, pada 18 November 2022 pukul 06.04 WIB. Kakak dari Roy Marten dan Chrim Salam ini wafat di usia 73 tahun.

Chris tidak menyebutkan lebih lanjut tentang penyakit yang diderita sang kakak. Hanya saja, selama beberapa hari ia melihat ada yang berbeda dari Rudy Salam.

12. Ki Joko Bodo meninggal dunia 22 November 2022

dok. Istimewa

Ki Joko Bodo dikenal masyakarat Indonesia sebagai seorang paranormal yang kerap memprediksi berbagai kejadian mengerikan. Ia menghembuskan napas terakhirnya pada 22 November 2022.

Lelaki yang pernah membintangi sejumlah film itu meninggal dunia di usia 57 tahun. Sebelum meninggal, paranormal bernama asli Agus Yulianto ini memiliki sakit darah tinggi.

13. Lord Rangga meninggal dunia 7 Desember 2022

Twitter.com/bdngfess

Mantan petinggi Sunda Ampire, Lord Angga, meninggal dunia pada 7 Desember 2022. Dia menghembuskan napas terakhir di usia 55 tahun, tepatnya di rumah sakit kawasan Brebes, Jawa Tengah.

14. Remy Sylado meninggal dunia 12 Desember 2022

Instagram.com/anttrihartomo

Kemudian, ada satrawan sekaligus bintang film Remy Sylado yang meninggal dunia pada 12 Desember 2022. Sebelum menghembuskan napas terakhir, Remy harus berjuang melawan penyakit stroke yang dideritanya.

Ia meninggal dunia di usia 80 tahun. Diketahui, ini merupakan serangan store ketiga yang dialamI Remy.

15. Aminah Cendrakasih meninggal dunia 21 Desember 2022

Instagram.com/si.rano

Terbaru, Aminah Cendrakasih selaku pemain sinetron 90-an Mak Nyak di serial Si Doel Anak Sekolahan dinyatakan meninggal dunia pada 21 Desember 2022, sekitar pukul 19.30 WIB. Aminah meninggal di usia 84 tahun.

Anak keenam Aminah, Lala, menjelaskan bahwa jenazah sang Mama dimakamkan di TPU Karet, Bivak, Jakarta Pusat, pada 22 Desember 2022. Sebelumnya, jenazah Mak Nyak disemayamkan di rumah duka Jurangmangu Barat, Tangerang, Banten.

Itu dia rangkumanartis yang meninggal di tahun 2022. Mari kita doakan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan oleh Tuhan.

Baca juga:  

The Latest