TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Fasilitas Menarik di Solo Safari, Bisa Melayang di Atas Satwa Afrika

Menawarkan fasilitas Savanna Zipline pertama di Indonesia

Popmama.com/Sania Chandra

Solo Safari merupakan tempat wisata yang dulunya dikenal sebagai Taman Satwa Taru Jurug Surakarta. Meski dibangun pada tahun 1878, objek wisata ini baru kembali dibuka pada 27 Januari 2023 usai melewati berbagai perombakan. 

Kini, area ini telah disulap menjadi tempat tinggal yang indah bagi spesies hewan dan berbagai macam tumbuhan. Fasilitas modern yang ditawarkan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Nah, buat yang penasaran, berikut Popmama.com siap membahas lebih lanjut mengenai fasilitas menarik di Solo Safari.

1. Mempunyai area khusus untuk memberi makan satwa

Popmama.com/Sania Chandra

Tempat wisata ini mempunyai area khusus Petting Zoo. Di area tersebut, kamu dapat bermain dan memberi makan berbagai macam satwa, mulai dari kelinci, kambing kerdil, kura-kura darat, hingga kuda pony

Berbeda dengan wisata satwa kebanyakan, di sini kamu juga bisa mencoba pengalaman baru memberi makan harimau secara langsung. Terdapat tempat feeding khusus untuk hewan buas tersebut.

2. Menawarkan fasilitas Savanna Zipline pertama di Indonesia

Popmama.com/Sania Chandra

Tempat wisata ini menjadi satu-satunya di Indonesia yang memiliki wahana Savana Zipline. Wahana tersebut berupa semacam mini gondola yang mana wisatawan dapat melayang di atas zona satwa Afrika. 

Tak sendiri, kamu bisa mengajak salah seorang teman atau keluarga untuk menikmati fasilitas melayang di atas kawasan satwa Afrika. Ketinggian Zipline mencapai 8 meter dan 10 meter dengan panjang area 100 meter. 

Terdapat beberapa peraturan yang perlu ditaati sebelum menaiki wahana, di antara lain: 

  • 1 kursi hanya untuk 1 orang. 
  • Usia minimal 7 tahun. 
  • Berat badan maksimal 95 kg. 
  • Tidak memiliki penyakit jantung.
  • Tidak takut ketinggian. 
  • Tidak bercanda saat berada di area tower Zipline
  • Wajib mengikuti arahan operator.

Bagi yang tertarik, kamu cukup mengeluarkan kocek Rp 35 ribu untuk sekali jalan dan Rp 50 ribu untuk perjalanan bolak-balik. 

3. Satwa herbivora bergabung di satu area yang sama

Popmama.com/Sania Chandra

Biasanya, kawasan wisata satwa akan mengelompokkan berbagai jenis hewan dan ditempatkan di kandang berbeda. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. 

Menariknya, tempat wisata ini justru menggabungkan Safari Herbivora di dalam area yang sama. Mulai dari burung unta, zebra, hingga rusa tampak berinteraksi tanpa salah satu merasa terancam.

4. Terdapat fasilitas satwa tunggang

Popmama.com/Sania Chandra

Kamu bisa lebih dekat satwa kesayanganmu dengan merasakan sensasi tunggang satwa. Salah satu fasilitas yang ditawarkan untuk pengunjung ialah menunggangi unta dengan suasana bak sedang berada di padang pasir. 

Selama menunggangi unta, kamu akan ditemani zoo keeper yang bertugas mengarahkan jalan unta. Jadi, kamu tidak perlu khawatir keamanannya!

5. Berinteraksi langsung dengan burung pelikan dan angsa hitam di floating resto

Popmama.com/Sania Chandra

Floating resto atau restoran mengapung merupakan sesuatu yang biasa kita temukan. Berbeda dengan yang ada di sini, kamu bisa berinteraksi langsung dengan burung pelikan dan black swan

“Untuk floating resto, kapasitas duduk totalnya bisa sampai 140 pengunjung. Area saung bisa ditempati 6-10 orang,” kata Shinta Adithya, General Manager Solo Safari, saat ditemui Popmama.com di kawasan Solo Safari, Sabtu (14/12/2023).

6. Tempat khusus piknik berpemandangan danau yang indah

Popmama.com/Sania Chandra

Selain merasakan serunya berinteraksi langsung dengan berbagai macam satwa, kamu juga bisa menikmati sensasi lebih dekat dengan alam. Pasalnya, terdapat area khusus untuk piknik yang menjadi incaran pengunjung. 

Area piknik ini menawarkan keindahan danau yang luas. Kamu hanya perlu membayar Rp 99 ribu untuk dua orang dan Rp 299 ribu untuk enam orang. Nominal tersebut sudah termasuk makanan, minuman, dan tentunya tikar piknik.

7. Harga masuk tiket Solo Safari

Popmama.com/Sania Chandra

Objek wisata ini beroperasi setiap hari. Untuk hari Senin-Jumat (Weekdays) buka mulai pukul 08.30 WIB hingga 16.30 WIB. Sedangkan, untuk Sabtu, Minggu, dan Hari Besar (Weekend) buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.30 WIB. 

Terdapat dua kategori tiket yang bisa kamu pilih, yaitu reguler dan premium. Perbedaannya terdapat pada benefit yang akan didapatkan pengunjung. Berikut penjelasan selengkapnya:

Tiket Regular Weekdays (Senin-Jumat)

  • Anak-anak Rp 45 ribu
  • Dewasa Rp 55 ribu 

Tiket Reguler Weekend (Sabtu & Minggu)

  • Anak-anak Rp 60 ribu
  • Dewasa Rp 75 ribu

Tiket reguler termasuk tiket masuk, pertunjukan edukasi satwa, dan interaksi satwa. 

Tiket Premium Weekdays (Senin-Jumat)

  • Anak-anak Rp 65 ribu
  • Dewasa Rp 85 ribu

Tiket Premium Weekend (Sabtu & Minggu)

  • Anak-anak Rp 80 ribu
  • Dewasa Rp 100 ribu

Tiket premium termasuk benefit tiket reguler, welcome drink dan souvenir, akses premium ke Makunde Restaurant, dan buggy car (Makunde menuju pintu keluar). 

Nah, jadi itu dia beberapa fasilitas menarik di Solo Safari. Jadi, apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke sini?

Baca juga:

The Latest