TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Menstruasi Tidak Lancar

Di kondisi normal siklus menstruasi rutin terjadi setiap bulan

Freepik

Menstruasi merupakan suatu kondisi rutin yang akan dialami oleh setiap perempuan dewasa. Normalnya, menstruasi terjadi setiap bulannya. Durasi masa menstruasi bisa antara tiga sampai tujuh hari.

Namun, ada beberapa perempuan yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Dalam satu bulan belum tentu dia akan mengalami menstruasi. Bahkan, ada juga yang dalam satu tahun hanya mengalami menstruasi sekali.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Biasanya hal ini terjadi karena kondisi hormon yang tidak seimbang atau tidak stabil. Sehingga, pembentukan sel telur menjadi terganggu.

Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat menstruasi tidak lancar. Informasi selengkapnya, cek terus artikel Popmama.com ini ya.

1. Perbaiki pola makan

Freepik

Salah satu penyebab perempuan mengalami menstruasi tidak lancar adalah nutrisi yang tidak terpenuhi dengan baik. Terutama bagi perempuan yang sering melakukan diet ekstrim hingga menghilangkan jenis makanan tertentu untuk dikonsumsi.

Seseorang dengan berat badan tubuh berlebih maupun berat badan di bawah batas normal berat ideal juga menjadi penyebab menstruasi tidak lancar. Oleh karena itu, penting untuk memperbaiki kondisi tubuh dengan memperbaiki pola makan yang baik.

Atur pola makan menjadi lebih sehat dan teratur. Perbanyak sayur, buah, dan juga air mineral dua liter setiap hari.

2. Rutin melakukan olahraga

Freepik/pressfoto

Dalam berbagai penelitian, olahraga terbukti mampu memperbaiki kondisi hormon seseorang. Tidak hanya membantu menurunkan berat badan agar bisa mencapai berat badan ideal tapi juga menjaga tubuh memproduksi hormon-hormon yang berfungsi sebagaimana mestinya.

Bahkan, perempuan yang rutin melakukan olahraga dapat terhindar dari kram perut di masa menstruasi datang.

Hal yang perlu diperhatikan adalah intensitas saat melakukan olahraga. Jangan sampai terjadi overtraining yang justru dapat membuat menstruasi tidak lancar.

3. Jaga level stres

Freepik/diana.grytsku

Penting juga untuk menjaga pikiran agar terhindar dari stres. Hal yang bisa dilakukan adalah rutin melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki, yoga, jogging pagi, dan jenis olahraga ringan lainnya.

Tidur yang cukup juga sangat membantu menjaga level stres seseorang. Penting untuk tidur tepat waktu. Sebab, tidur di tengah malam dapat memicu tubuh memproduksi hormon kortisol, yaitu hormon yang memicu stres.

4. Ganti obat kontrasepsi

Freepik/yanalya

Penyebab menstruasi tidak lancar juga bisa jadi dikarenakan obat kontrasepsi yang dikonsumsi tidak cocok dengan kondisi tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk memahami jenis obat yang digunakan dan tahu efek samping yang akan diterima setelah mengonsumsinya. Jika hal ini terjadi, biasanya dokter akan merekomendasikan jenis obat kontrasepsi lainnya.

5. Melakukan konsultasi ke dokter

Freepik/Racool_studio

Jika kondisi menstruasi tidak lancar di luar dari kebiasaan normal maka perlu untuk berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Biasanya, seseorang yang sudah dikatakan perlu untuk berkonsultasi adalah ia yang memiliki masa siklus menstruasi yang terlalu lama hingga hitungan bulan, jeda dari menstruasi satu ke menstruasi berikutnya terlalu dekat, ada perdarahan besar di antara satu siklus ke siklus berikutnya, dan kondisi menstruasi yang tidak teratur namun dalam kondisi berjuang untuk hamil.

Siklus menstruasi yang teratur sangatlah penting bagi setiap perempuan. Sehingga, jika terjadi menstruasi tidak lancar maka perlu adanya usaha untuk memperbaiki hal tersebut. Sebab, hal ini akan memengaruhi tingkat kesuburan perempuan untuk menjalani program hamil.

Baca juga: 

The Latest