TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Faktor Risiko dan Tanda Kanker Payudara, Bisa Terjadi Pada Laki-Laki!

Tak Hanya Wanita, Pria Juga Bisa Terkena. Jadi kenali faktornya hingga tanda kanker payudara ini

Memasuki bulan kesadaran kanker payudara di bulan Oktober menunjukkan bahwa data terbaru, yaitu adanya lonjakan signifikan kasus kanker payudara di Indonesia. Penyakit yang menyerang sel-sel payudara ini menjadi jenis kanker dengan angka kejadian tertinggi, hingga mengalahkan jenis kanker lainnya.

Dikutip dari website KEMENKES, penderita kanker payudara mencapai 65.858 kasus dengan dominasi pengidapnya adalah perempuan.

Sampai saat ini, kanker tersebut belum ada penyebabnya, tetapi terdapat faktor resiko dan tanda kanker payudara yang bisa kamu hindari. 

Lantas, seperti apa faktor risiko dan tanda kanker payudara? Berikut Popmama.com  rangkum untuk kamu! 

1. Faktor-faktor risiko kanker payudara

Popmama.com/Zahra Utami Putri

Seperti kita ketahui sebenarnya kanker payudara sampai saat ini belum ada penyebabnya karena kanker tersebut sangat kompleks.

Meski pun begitu, secara umum terdapat berbagai faktor risiko yang perlu diwaspadai. Faktor risiko kanker payudara ini terbagi menjadi dua, yaitu faktor bisa dikendalikan dan tidak bisa dikendalikan. 

"Faktor yang tidak bisa dikendalikan adalah usia, jenis kelamin  yang dimana perempuan lebih banyak dan riwayat keluarga atau keturunan,"  tutur Yulianti Rahayu selaku bagian dari love pink dalam jumpa pers di Lucy In The Sky, Senayan Park, Jumat (5/10/24) .

Sementara, Faktor yang bisa dikendalikan adalah mencakupi gaya hidup, seperti ingkungan kita, kesehatan mental, dan pola makan yang baik. 

2. Pola makan yang harus dijaga

Freepik

Pola makan yang baik menjadi hal yang penting untuk menghindari risiko kanker payudara. Pasalnya, makanan dengan nutrisi tinggi akan membuat tubuh kita semakin kuat melawan virus-virus yang mungkin terjadi. Salah satunya, makanan dapat memicu kanker dan sering ditemui adalah mengandung zat karsinogenetik. 

"Kadar gula yang tinggi, nutrisi yang rendah, makanan karsinogenik yang memicu kanker misal bakar-bakara,  kaleng kaleng, pengawet  penyedap itu yang harus dihindari karena nutrisi yang didapatkan dari makanan tersebut sangat sedikit,”  kata Yulianti Rahayu dalam jumpa pers di Lucy In The Sky, Senayan Park. 

Selain aktivitas  fisik, mental juga harus diperhatikan dengan baik karena hal ini berkesinambungan dengan kesehatan kita.  

3. Manajemen stres: kunci kesehatan mental

Popmama.com/Zahra Utami Putri

Selain menjaga pola makan, menjaga kesehatan mental juga penting dalam mengurangi risiko kanker payudara. Stres yang tidak terkelola dengan baik dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental.

"Melalui keheningan dan kesadaran penuh, kita bisa lebih peka terhadap tingkat stres kita sendiri," Jelas Dee Lestari selaku artis dan penulis dalam jumpa pers di Lucy In The Sky, Senayan Park. 

Dengan begitu latihan mindfulness atau kesadaran dapat membantu kamu untuk lebih menjaga kesehatan mental dan terhindar dari faktor risiko kanker payudara. 

4. Tanda-tanda kanker payudara yang bisa dideteksi

Freepik/Jcomp

Kanker payudara bisa kamu deteksi sejakan dini dengan memperhatikan tanda-tanda awalnya.

Ada beberapa tanda-tanda kanker payudara yang bisa kamu lihat, seperti payudara semakin besar dan mengeras, puting mengeluarkan cairan, dan kulitnya mengkerut seperti kulit jeruk. 

"Dari semua tanda tersebut paling banyak ditemukan adalah benjolan yang berada di payudara," Tambahan dari Yulianti Rahayu 

Walaupun perempuan lebih banyak mengalami penyakit kanker payudara, tapi laki-laki pun bisa terkena penyakit ini.

5. Laki-laki bisa kanker payudara

Freepik/8photo

Meski laki-laki tidak memiliki payudara seperti perempuan, mereka tetap memiliki jaringan payudara yang berkembang selama masa pubertas. Jaringan ini meskipun sedikit pada laki-laki, tetap berisiko mengalami kanker.

"Satu diantar dari 830 laki-laki berisiko kanker payudara," Tutup dari Yulianti Rahayu dalam jumpa pers di Lucy In The Sky, Senayan Park. 

Itu tadi, Faktor Risiko dan Tanda Kanker Payudara, Bisa Terjadi Pada Laki-Laki! Jagalah kesehatan dari fisik hingga mental. Jangan lupa terus dukung pengidap dan penyintas kanker payudara dengan lebih peduli. 

Baca juga: 

The Latest