TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Gen Z Menjadi Paling Terbanyak Kena Gangguan Mental, Ikuti Cara Ini!

Dalam era yang penuh tekanan dan perubahan cepat, Gen Z menghadapi tantangan kesehatan mental

Generasi Z atau yang dikenal sebagai mereka yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012, kini tercatat sebagai kelompok usia yang paling rentan mengalami gangguan mental.

Di tengah tekanan sosial yang semakin kompleks, tuntutan akademis, serta perkembangan teknologi yang pesat, Gen Z menghadapi berbagai tantangan yang dapat mempengaruhi kesehatan mental mereka. 

Pandemi global yang baru saja berlalu pun menambah beban yang dirasakan oleh banyak anak muda, hingga memperburuk tingkat kecemasan dan depresi. Dengan pernyataan tersebut, muncullah stigma bahwa Gen Z menjadi paling terbanyak kena gangguan mental.

Lantas, apa yang membuat gen Z menjadi paling terbanyak kena gangguan mental? Berikut Popmama.com berikan informasi bagi kamu.

Faktanya Gen Z Jadi Paling Terbanyak Kena Gangguan Mental

Popmama.com/Zahra Utami Putri

Persoalan Gen Z dengan kesehatan mental memang tidak ada habisnya. Mengenai gen Z paling terbanyak kena gangguan mental perlu dikaji ulang.

Faktanya, gen Z bukan paling terbanyak kena gangguan mental, tetapi paling menyadari betapa pentingnya kesehatan mental. Bahkan sesuai dengan survei yang dilakukan ada 95% responden gen Z menyatakan bahwa kesehatan mental sangat penting. 

"Dari sudut pandang profesional dan hasil penelitian, Gen Z sebenarnya bukan generasi dengan angka gangguan mental tertinggi. Mereka justru generasi yang paling sadar dan terbuka tentang kesehatan mental, sehingga lebih berani menyuarakan ketika mengalami masalah," ungkap Jessica seorang psikolog saat Acara Pers Maybelline Brave Together, Kamis (17/10/24), di Universitas Prasetiya Mulya.

Sumber Kecemasan Utama Gen Z

Popmama.com/Zahra Utami Putri

Pada dasarnya, setiap individu punya sumber kecemasannya masing-masing. Namun, saat disurvei oleh brand kosmetik internasional terdapat kesamaan yang signifikan. Terdapat rasa kehilangan yang menduduki tingkat paling atas, yaitu 39,4%.

"Mayoritas Gen Z mengungkapkan ketakutan kehilangan orang tersayang, pekerjaan, dan support system mereka. Kemudian disusul dengan kegagalan dan takut tidak memenuhi ekspektasi orang lain,” kata Jessica.

Metode BRAVE: Solusi Praktis

Popmama.com/Zahra Utami Putri

Kamu bisa lakukan BRAVE untuk menyembuhkan kesehatan mental orang sekitar kamu. Langkah-langkah brave tersebut adalah: 

  1. Beri perhatian penuh, jadi jangan menyepelekan cerita atau masalah apapun 
  2. Ruang dan waktu, maka kamu bisa berikan tempat dan waktu yang tenang dan tepat. Tentu hal ini juga perlu didukung dengan waktu yang tepat
  3. Ajukan pertanyaan, jadi kamu harus bertanya hal sekecil apapun tapi lihat momentumnya. Perhatikan pertanyaanya jangan sensitif
  4. Validasi perasaan, ketika teman kamu cerita validasi perasaan dirinya jangan membandingkan 
  5. Eksplore bantuan, yaitu kamu harus eksplore bantuan terutama kepada psikolog 

Nah, itu dia mengenai gen Z menjadi paling terbanyak kena gangguan mental, ikuti Cara Ini! Semoga informasi ini membantu ya! 

Baca juga: 

The Latest