TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Fakta Menarik Bunga Daisy yang Bisa Menjadi Obat dan Makanan

Tak hanya menarik, ternyata bunga daisy juga memiliki segudang manfaat yang jarang diketahui

Instagram.com/aleee.co

"That's a daisy?' Pernahkah Mama mendengar ucapan tersebut?

Kalimat itu biasanya dijadikan pujian pada sesuatu yang menakjubkan. Kaitannya dengan bunga daisy adalah makna di balik bunga tersebut bisa mewakili hal yang luar biasa.

Kalangan para pnecinta tanaman hias pasti tak asing dengan bunga daisy (Bellis Prennis). Keindahan serta manfaat yang tersimpan pada bunga ini menjadi alasan mengapa banyak pencinta tanaman hias tertarik pada bunga daisy.

Bunga daisy adalah bunga yang berasal dari genus Belis dan termasuk dalam keluarga Compistae. Berdasarkan klasifikasi jenisnya, bunga hias ini terbagi menjadi beberapa jenis. Di Indonesia, kita mengenalnya dengan nama bunga daisy putih. Bunga ini sering sekali disebut sebagai gulma karena ukurannya yang kecil. Dikarenakan ukurannya tersebut, tanaman hias ini mampu tumbuh dan bertahan hidup di berbagai tempat, sekalipun di daerah yang bersuhu tinggi.

Penasaran apa saja hal yang terdapat dari bunga hias satu ini? Nah, kali ini Popmama.com telah merangkumnya dalam beberapa fakta menarik bunga daisy. Tanaman ini bisa menjadi obat dan makanan, lho.

Mari langsung kita simak informasi berikut ini!

1. Berdasarkan sejarahnya ditemukan di Eropa dan memiliki filosofi yang menarik

Instagram.com/tonight.knight0

Fakta menarik yang perlu diketahui dari kehadiran bung daisy yaitu pertama kali ditemukan oleh Paul Dietrich Gisake dan Carl Linnaeus. Pada tahun 1767, Gisake yang merupakan seorang ahli botani dari Jerman telah menyelesaikan masa pendidikannya.

Saat itu, Gisake sedang melakukan perjalanan karier. Sesampainya di Swedia, ia dan bertemu dengan Linnaeus. Ternyata dari pertemuan tersebut, Linnaeus menjadi teman biak dan murid Gisake.

Linnaeus di Swedia dikenal sebagai "Bapak Taksonomi Modern". Dari pertemuan kedua tokoh inilah kini bunga daisy banyak dikenal oleh seluruh manusia.

Setelah ditemukan, kemudian muncul filosofi dari nama bunga ini. Daisy diambil dari frasa Inggris kuno yaitu "Daes eage" yang berarti matahari. Hal ini sesuai dengan sifat bunga daisy yang mekar saat matahari terbit.

2. Bunga daisy termasuk dalam satu jenis "keluarga tanaman" terbesar di dunia

Instagram.com/musteries

Bunga daisy adalah salah satu spesies tumbuhan vaskular yang kaya akan nutrisi dan air. Lalu berdasarkan data dari penilitian, tumbuhan ini termasuk dalam 10 persen jenis tanaman berbunga yang tumbuh di bumi.

Maka dari itu, tanaman ini banyak ditemukan di berbagai daerah.

3. Warna bunga daisy berbeda-beda berdasarkan sembilan spesiesnya

Instagram.com/amanoslardaki_seyyah

Warna pada kelopak bunga daisy menjadi daya tarik manusia ataupun hewan. Namun di balik hal tersebut, ternyata bunga daisy memiliki banyak spesies yang dapat dibedakan melalui warnanya kelopak dan inti bunganya.

Berikut beberapa jenis warna bunga daisy berdasarkan spesiesnya, antara lain:

  • Bellis annua atau Annual daisy, yaitu jenis bunga daisy yang memiliki warna kuning cerah pada bagian inti bunganya. Sedangkan pada bagian kelopak, bunga ini memiliki warna putih pada pangkal dan bergradasi menjadi kecubung pada ujung kelopaknya. 
  • Bellis perennis L atau English daisy, yaitu bunga daisy yang memiliki bentuk paling umum dari bunga lainnya. Warna kelopaknya yang putih dan inti bunga yang kuning membuat bunga ini mudah dikenal.
  • Melampodium atau Butter daisy merupakan jenis bunga daisy yang berasal dari Amerika Selatan, dengan ciri khas kelopak yang berwarna kuning cerah dan inti bunganya kuning kecokelatan. 
  • Osteospermum atau African eyed daisy merupakan bunga daisy yang berasal dari Afrika. Pada kelopak bunga ini tidak terdapat warna putih sama sekali, melainkan hanya berwarna ungu cerah dengan inti bunga berwarna ungu lebih gelap.
  • Cape daisy adalah spesies bunga yang juga memiliki kelopak berwarna putih. Namun, inti bunganya berwarna ungu tua pucat, serta jumlah kelopak yang lebih banyak.
  • Passion mix daisy memiliki warna magenta dari ujung hingga kelopak dengan gradasi sedikit warna putih.
  • Lemon symphony termasuk dalam salah satu Anuual daisy yang memiliki warna kuning cerah dan inti bunganya berwarna sama dengan passion mix.
  • Pink whirls merupakan salah satu spesies bunga daisy yang memiliki warna magenta tua, dan bagian intinya berwarna biru tua. Selain warnanya, kelopak bunga ini memiliki ciri khas kelopaknya yang berbentuk sendok.
  • Sunadora hotspot marbella merupakan jenis bunga daisy dengan warna yang cerah. 

4. Salah satu bunga yang bisa dijadikan obat sekaligus makanan

Instagram.com/sandra_tauscher

Dalam kacamata kesehatan, bunga daisy memiliki banyak manfaat sebagai obat untuk kesehatan manusia dan hewan. Berikut ini manfaat bunga daisy untuk kesehatan, antara lain:

  1. Obat pemulihan pasca bedah
  2. Pereda rasa sakit atau nyeri ketika mestruasi dan hamil
  3. Bahan penunjang pengobatan mastektomi dan rekonstruksi payudara
  4. Obat penyembuh luka 
  5. Pembukan memori spasial
  6. Zat antitumor
  7. Antimikroba
  8. Antihiperlipidemik
  9. Antioksidan
  10. Antiinflamasi
  11. Zat sitotoksik terhadap sel kanker manusia
  12. Zar ekspektoran
  13. Diuretik
  14. Obat diabetes

Pada dasarnya penggunaan bunga daisy sebagai obat telah lama dilakukan sejak masa Romawi Kuno. Dahulu para prajurit perang yang terluka diobati dengan ekstrak bunga daisy dengan kandungan anydone.

Tak hanya menjadi obat, bunga daisy adalah salah satu bunga edible yang dapat dimakan. Cara memakan bunga ini yaitu dengan mencampurkannya dalam salad, sandwich dan sup.

Ketiga hidangan ini menjadi makanan sehat yang mengandung vitamin C. Bagian dari bunga daisy yang bisa dimakan mulai dari kelopak, daun, hingga inti bunganya.

5. Bunga daisy merupakan dua bunga yang tumbuh menjadi satu

Instagram.com/rothe_naturfotografie

Fakta mengenai bunga daisy yang kurang banyak diketahui tetapi menarik yaitu, tanaman hias ini bukan terdiri dari satu bunga. Melainkan dua bunga yang tumbuh menjadi satu.

Kelopak adalah bunga pertama dan bagian intinya adalah bunga kedua. Hal inilah yang menjadi keunikan dan perbedaan struktur dari bunga daisy.

6. Dapat tumbuh di banyak tempat dan mekar pada saat musim kemarau

Instagram.com/amanosladarki_seyyah

Bunga daisy yang berasal dari negara Benua Eropa dan Amerika, kini sudah banyak tersebar di seluruh dunia dengan iklim yang berbeda-beda. Di balik keindahannya sebagai tanaman hias, bunga daisy memiliki kemampuan beradaptasi yang baik.

Di antara seluruh benua di dunia ini, hanya Antartika saja yang tak bisa ditumbuhi oleh bunga daisy. Selain itu, musim kemarau menjadi waktu mekarnya bunga daisy.

Pada saat musim kemarau yang tentunya sinar matahari begitu terik, bunga daisy akan memperlihatkan keindahannya dengan membuka kelopak secara sempurna.

7. Menjadi simbol dari kepolosan, kesetiaan, kerendahan hati, dan kedamaian

Instagram.com/eclecticshow

Masyarakat Eropa bahkan kini hingga ke seluruh dunia mempercayai bahwa bunga daisy adalah simbol dari kepolosan, kesetiaan, kerendahan hati, dan kedamaian. Hal ini direpresetastikan dari kelopak bunga yang berwarna putih bersih.

Tak hanya itu, untuk spesies daisy yang berwarna biru juga dijadikan simbol atas keterbukaan dan keadamaian. Maka dari itu, bagi kamu yang ingin memberikan bunga kepada pasangan untuk menunjukkan rasa cinta, maka bunga daisy cocok untuk jadikan pilihan, lho.

Fakta menarik lainnya dari bunga daisy yaitu termasuk bunga yang sakral bagi Dewi Freya, dewi kesuburan, keindahan, dan cinta. Fakta inilah yang membuat bunga daisy menjadi bunga yang juga tepat untuk diberikan kepada para mama.

8. Mampu menarik perhatian lebah, kupu-kupu, dan burung

Instagram.com/almahamar

Bentuk kelopaknya yang cantik ternyata bukan hanya menjadi daya tarik bagi manusia. Lebah, kupu-kupu, dan burung diketahui juga tertarik dengan bunga daisy ini.

Titik tengah pada bunga yang cukup beruang membuat hewan-hewan tersebut mudah untuk mendarat, lalu melakukan penyerbukan pada bunga ini.

Nah Ma, itulah beberapa fakta menarik bunga daisy yang bisa menjadi obat dan makanan. Setelah mengetahui seluruh hal unik dari bunga daisy, apakah Mama tertarik untuk memiliki tanaman hias satu ini di rumah?

Baca juga:

The Latest