TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

12 Feng Shui Rumah yang Tidak Baik dan Perlu Dihindari

Dalam Feng Shui, tata letak rumah yang salah bisa berdampak pada kehidupan penghuninya

Pexels/Vecislavas Popa

Feng Shui merupakan seni kuno Tiongkok yang berhubungan dengan tata ruang dan penempatan barang untuk mencapai keseimbangan serta keselarasan. 

Ada beberapa kondisi rumah yang perlu diwaspadai dan dihindari karena tidak baik menurut Feng Shui. Dalam Feng Shui, tata letak rumah yang salah bisa memengaruhi berbagai aspek kehidupan, seperti kesehatan, hubungan keluarga, hingga kekayaan. 

Jika Mama sedang mencari rumah atau akan membeli rumah, Mama bisa melakukan yang terbaik untuk menemukan hunian dengan tata letak Feng Shui yang lebih optimal. 

Berikut ini Popmama.com telah merangkum seputar Feng Shui rumah yang tidak baik.

Disimak, yuk!

1. Pintu masuk langsung menuju dapur

Pexels/Charlotte May

Menurut Feng Shui, pintu masuk yang langsung menghadap dapur dinilai tak baik karena bisa menyebabkan beberapa hal.

Di antaranya adalah kegagalan dalam memperoleh kekayaan, adanya pertengkaran dalam keluarga, hingga kesehatan keluarga menurun. 

Hal itu disebabkan oleh kompor yang dianggap sebagai peti harga karun keluarga, sehingga tak menghadap langsung ke pintu. Dengan demikian peti harta karun tersebut dianggap terbuka dan tak mampu mengumpulkan kekayaan. 

Solusinya, berikan sekat antara pintu depan dengan dapur agar kompor tidak terlihat dari pintu. 

2. Menyimpan barang rusak dan tidak digunakan

Pexels/Juan Pablo Serrano

Pilih barang-barang yang sudah tak digunakan di rumah. Dalam Feng Shui percaya bahwa barang-barang rusak dan tidak terpakai bisa menyerap energi negatif ke rumah. 

Untuk itu miliki barang secukupnya dan buang barang-barang yang sudah tak terpakai atau rusak. 

3. Meletakan akuarium di kamar

Freepik/pvproductions

Hindari untuk menempatkan akuarium di kamar tidur. Hal itu disebabkan oleh energi yang berasal dari air dan ikan menghasilkan terlalu banyak energi, sehingga sulit untuk membuat keluarga atau anggota keluarga di kamar tersebut sulit tidur. 

Selain itu, tak disarankan juga meletakkan akuarium di tengah rumah. Sebab, elemen tanah mengatur area tersebut. 

Elemen tanah bisa menghancurkan air, sehingga bisa memicu konflik dalam keluarga dan menganggu keutuhan keluarga lainnya. 

4. Kaca menghadap tempat tidur

Unsplash/Kikki Starr

Cermin yang diletakkan di depan tempat tidur bisa membawa beberapa dampak negatif, seperti memicu mimpi buruk, menyebabkan sulitnya tidur, sampai memicu orang ketiga dalam hubungan. 

Ini dikarenakan cermin memantulkan energi dan keberuntungan, sehingga bisa mengganggu ketenangan yang dibutuhkan untuk kualitas tidur yang lebih baik.

Cermin bisa diletakkan di sebelah tempat tidur dan di tempat yang mendapatkan banyak cahaya untuk memberi energi positif. 

5. Pohon serta tanaman mati atau kering

Unsplash/Earl Wilcox

Tanaman kering sempat menjadi tren karena menambah estetika pada rumah. Namun, sebaiknya buang tanaman hias kering yang ada di rumah.

Menurut Feng Shui, tanaman kering atau yang sudah mati sedang dalam proses pembusukan. Sehingga, benda apa pun yang mengingatkan akan kematian dianggap sebagai pembawa energi buruk secara tidak langsung. 

Daripada menyimpan bunga kering, lebih baik memberi kesempatan untuk bunga atau tanaman yang hidup.

6. Pintu masuk rumah tersembunyi

Pexels/Pixabay

Penempatan pintu depan atau pintu masuk rumah sangat penting dalam Feng Shui. Pintu depan merupakan akses masuknya energi dan peluang ke dalam hidup penghuni rumah. 

Saat orang lain atau penghuni rumah itu sendiri tidak bisa melihat pintu depan dari jalan, itu menandakan bahwa ada peluang yang terlewatkan atau energi positif tak bisa menghampiri sang penghuni rumah. 

Apabila pintu depan memang tersembunyi, berikan papan nama atau tanda terang yang mencantumkan nomor rumah. Penghuni rumah juga bisa mengubah lanskap untuk menghilangkan rintangan yang menghalangi pintu depan. 

7. Pintu depan sejajar dengan pintu belakang

Pexels/Max Vakhtbovycn

Pintu depan yang sejajar langsung dengan pintu belakang menandakan energi kehidupan langsung masuk dan keluar rumah tanpa berada di dalam rumah. Feng Shui percaya, energi yang masuk harus menumpuk dan berkultivasi di dalam rumah. 

Apabila sudah terlanjut mendesain rumah seperti itu, solusinya dengan menempatkan sesuatu di tengah-tengah antara pintu depan dan belakang. 

Gunakan pembatas ruangan atau bola kristal Feng Shui. Dua benda tersebut bisa membantu menyebarkan energi positif saat masuk ke rumah dan mencegah keluarnya begitu cepat. 

8. Tangga menghadap pintu depan

stairs-siller.com

Hampir sama dengan pintu depan yang langsung sejajar dengan pintu belakang, tangga yang langsung menghadap pintu depan menyebabkan energi naik lurus ke atas tangga daripada terkumpul di area utama rumah.

Hal ini juga berarti energi masuk terlalu cepat. Penghuni rumah bisa menempatkan bola kristal Feng Shui di antara pintu dan tangga untuk membubarkan serta memperlambat energi naik ke atas.

Selain itu, bisa juga menempatkan beberapa karya seni, bunga segar, atau benda indah di sisi tangga untuk mengarahkan mata dan energi tersebut. 

9. Pintu kamar mandi menghadap pintu depan

Freepik

Jika ruangan pertama yang dilihat saat masuk ke rumah adalah kamar mandi, ini bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi orang yang tinggal di dalamnya. Kemungkinan ada energi yang menguras energi yang dihadilkan di kamar mandi. 

Ini bisa menguras dan memengaruhi energi positif yang masuk ke rumah. 

Pintu kamar mandi yang menghadap langsung ke pintu depan bisa diperbaiki dengan menempatkan bola kristal di antara pintu dan pintu masuk kamar mandi, untuk menyebarkan energi dan mencegahnya terkuras begitu cepat. 

Cara lainnya dengan menempatkan karya seni, bunga segar, atau benda indah di sisi pintu untuk mengarahkan energi positif. 

10. Tangga di tengah rumah

stairs-siller.com

Bagian tengah rumah dalam Feng Shui disebut sebagai tai qi, yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Karena letaknya di tengah, itu menyentuh setiap area dari peta Feng Shui. 

Dengan demikian, tangga di tengah rumah memengaruhi semua bidang kehidupan. 

Pemilik rumah bisa memperbaikinya dengan menambahkan tanaman untuk menambah energi lebih sehat dan vital. Pilihan lainnya adalah menstabilkan dengan benda berat dan besar seperti patung. 

11. Kamar mandi di tengah rumah

Pexels/Max Vakhtbovych

Kamar mandi bisa menjadi penguras energi, sehingga tak ideal apabila diletakkan di tengah rumah. Meskipun demikian, penghuni rumah bisa mengangkat energi dengan menambahkan tanaman.

Tanaman juga mewakili elemen kayu yang akan membantu menyerap sebagian energi air yang mengalir ke bawah di kamar mandi, seperti pohon minum air yang jatuh ketika hujan badai. 

Apabila penghuni rumah tak memiliki jendela kamar mandi, bisa menempatkan tanaman buatan atau karya seni yang terlihat realistis yang mencakup citra tanaman hijau. 

12. Kamar tidur di atas garasi

Pexels/Pixabay

Sebaiknya jangan memposisikan kamar tidur di atas garasi. Terlalu banyak gerakan di bawah kamar bisa menciptakan ketidakstabilan. 

Upayakan pindah ke kamar tidur lain yang lebih optimal. Jika tak memungkinkan, tambahkan tanaman untuk menambahkan vitalitas dan energi kehidupan dalam kamar tersebut. 

Itulah beberapa Feng Shui rumah yang tidak baik. Jika mempercayai teori Feng Shui, sebaiknya Mama menghindari hal-hal tersebut demi kesejahteraan keluarga di rumah.

Baca juga:

The Latest