TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Hewan yang Sering Masuk Kamar Mandi, Ada Kelabang Juga

Ketahui hewan apa saja yang sering masuk ke dalam kamar mandi

Freepik/Dit26978

Kamar mandi, meskipun dirancang sebagai tempat yang bersih dan higienis, sering kali menjadi area yang menarik bagi beberapa jenis hewan. Kelembaban tinggi, akses air, dan kondisi tertutup menjadikan kamar mandi sebagai tempat yang ideal bagi hewan tertentu untuk bersembunyi, berkembang biak, atau sekadar mencari makanan dan air.

Mereka kerap muncul di sudut-sudut basah atau celah kecil dan pastinya bisa membuat Mama terkejut atau bahkan terganggu. Lantas, apa saja hewan-hewan yang sering masuk ke kamar mandi, ya?

Berikut Popmama.com akan membagikan informasi seputar hewan yang sering masuk kamar mandi.

Simak informasinya di bawah ini ya, Ma!

Kumpulan Hewan yang Sering Masuk Kamar Mandi

1. Kecoak

Freepik/jigsawstocker

Kecoak adalah salah satu hewan yang paling umum ditemukan di kamar mandi. Hewan ini tertarik pada tempat-tempat lembab dan gelap, dan kamar mandi sering kali menawarkan lingkungan yang sempurna bagi kecoak.

Kecoak sering kali masuk melalui saluran pembuangan, retakan pada dinding, bahkan pintu yang tidak tertutup rapat. Kelembapan dan sisa-sisa sabun atau tumpahan cairan lain juga menjadi daya tarik bagi kecoak.

Cara mengatasinya dengan menjaga kebersihan kamar mandi dengan rajin. Pastikan tidak ada genangan air serta bersihkan sisa sabun secara teratur. Selain itu, gunakan tutup saluran pembuangan ketika tidak digunakan dan semprotkan insektisida khusus kecoak di area rawan.

2. Laba-laba

Freepik/wirestock

Laba-laba sering kali mencari tempat yang tenang dan sepi, sehingga kamar mandi menjadi tempat yang ideal untuk mereka tinggal. Mereka biasanya masuk untuk menangkap serangga lain.

Laba-laba tertarik pada serangga kecil yang juga sering ditemukan di kamar mandi. Kamar mandi yang jarang dibersihkan atau memiliki banyak celah dan sudut yang gelap merupakan tempat favorit laba-laba.

Cara mengatasinya dengan membersihkan sudut-sudut kamar mandi secara rutin, buang jaring laba-laba jika ditemukan, lalu pastikan ventilasi baik agar serangga lain tidak masuk.

3. Cecak

Freepik/kuritafsheen77

Cecak kerap terlihat di dinding kamar mandi karena mereka mencari tempat yang lembap dan dingin, serta berburu serangga kecil yang juga sering ditemukan di area ini.

Cara mengatasi hewan ini dengan mengurangi populasi serangga di kamar mandi. Cobalah memasang perangkap serangga atau menggunakan semprotan anti-serangga.

Pastikan juga ventilasi kamar mandi baik, sehingga tidak lembap dan tidak menjadi sarang serangga. Cara ini bisa membuat kehadiran cecak jarang atau mungkin tidak masuk ke kamar mandi.

4. Kelabang

Freepik/Wirestock

Kelabang sering ditemukan di area lembab seperti kamar mandi. Mereka dikenal sebagai pemangsa serangga kecil dan sering bersembunyi di sudut-sudut gelap. Kelabang sering kali masuk melalui lubang kloset, saluran pembuangan air, bawah lantai, atau retakan dinding..

Kelabang menyukai lingkungan yang berbau, minim sirkulasi udara, dan gelap. Hewan ini memiliki antena yang dapat menyengat, sehingga perlu diwaspadai.

Cara mengatasi kehadirannya dengan rutin membersihkan kamar mandi. Pastikan juga menutup saluran pembuangan air dan kloset setelah digunakan.

5. Cacing

Freepik

Cacing tanah atau cacing kecil kadang-kadang bisa masuk ke kamar mandi, terutama di rumah yang memiliki halaman atau kebun di sekitarnya.

Cacing biasanya muncul karena lingkungan yang lembap, terutama setelah hujan atau jika ada masalah dengan sistem pembuangan yang bocor.

Cara mengatasi kehadirannya dengan memastikan tak ada kebocoran di sistem pipa atau saluran pembuangan, menjaga agar lantai kamar mandi tetap kering, dan pasang saringan pada saluran pembuangan untuk mencegah cacing masuk dari sana.

Itulah informasi seputar hewan yang sering masuk kamar mandi. Setelah mengetahui cara mengatasi hewan-hewan tersebut, semoga kamar mandi di rumah bisa selalu bersih ya, Ma.

Baca juga:

The Latest