TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Doa Mengusir Setan di Rumah, Bisa Jadi Referensi ketika Takut

Ada beberapa doa mustajab untuk mengusir setan dari rumah menurut agama Islam

Freepik/H9images

Dalam agama Islam, keberadaan jin atau setan adalah hal yang nyata terjadi, bahkan telah disebutkan di dalam ayat-ayat Al-Qur'an secara tak langsung. Pentingnya memahami doa-doa guna mengusir setan atau jin yang mendiami suatu tempat memang kerap kali dibutuhkan.

Sebagai penangkal hal buruk, ternyata doa mengusir setan di rumah dapat membawa hawa sejuk dan tenteram di kediaman beserta penghuninya. Secara tak sadar, mungkin sang penghuni sering emosi atau marah-marah ketika berada di rumah, sehingga kamu perlu tahu doa-doa ketika ada jin atau setan yang berusaha mendiami rumah.

Nah, kali ini Popmama.com telah rangkum doa mengusir setan di rumah yang bisa jadi referensi .

Simak kumpulan doanya, yuk!

Kumpulan Doa Mengusir Setan di Rumah

1. Doa mengusir setan yang dituntun oleh Malaikat Jibril

Unsplash/Christophe Van der waals

Menurut pandangan agama Islam, Malaikat Jibril adalah malaikat pemberi wahyu. Malaikat Jibril mengajarkan kepada Rasulullah SAW saat berhadapan dengan jin ifrit yang ada di rumah Rasulullah SAW.

A‘udzu bi wajhillahil kariim wa bi kalimatillahit tammati lati la yujawizuhunna barrun wala faajirun min syarri maa yanzilu minas sama’i, wa min syarri ma ya‘ruju fiha, wa min syarri ma dzara’a fil ardhi, wa min syarri ma yakhruju minha, wa min fitanil laili wan nahari, wa min thoriqil laili wannahari, illa thariqan yanthiqu bi khairin, ya rahman.

Artinya:

“Aku berlindung dengan wajah Allah Yang Maha Mulia dan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna yang tidak ada orang yang baik dan tidak pula orang yang durhaka dapat melampauinya, dari kejahatan apa saja yang turun dari langit dan dari kejahatan apa saja yang naik ke langit; dari kejahatan apa saja yang masuk ke dalam bumi dan dari kejahatan apa saja yang keluar dari bumi; dari fitnah-fitnah di waktu malam hari dan di waktu siang hari; dari bencana-bencana dari malam hari dan siang hari, kecuali bencana yang datang dengan kebaikan, wahai Dzat yang maha penyayang.”

2. Membaca ayat kursi

Unsplash/T Foz

Banyak orang pasti sudah familiar dengan lafal ayat kursi. Ayat kursi diambil dari surah Al-Baqarah Ayat 255, berisi tentang keesaan Allah SWT dan kekuasaan-Nya yang mutlak.

Banyak dari kalangan muslim yang percaya bahwa terdapat berbagai manfaat ketika membaca ayat kursi ini, salah satunya mengusir setan di rumah.

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wala naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa baina aidiihim wamaa khalfahum.Wala yuhituna bi syai-in min ‘ilmihi illa bi maa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardha walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.

Artinya:

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

3. Mengucap lafal Taawuz

Unsplash/Masjid Pogung Dalangan

Ketika sedang berhadapan dengan setan di rumah atau sekadar ingin membacanya, maka lafal taawuz sangat direkomendasikan. Sebab, amalan dan kandungan yang besar pada lafal ini.

Audzubillah himinas syaiton nirojim

Artinya:

“Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.”

4. Membaca surah Al-Mukminun Ayat 97-98

Unsplash/Utsman Media

Surah Al-Mukminun adalah surah yang direkomendasikan untuk membantu mengusir setan yang ada di rumah. Terutama, pada Ayat 97-98, yang menjelaskan:

Robbi a’uudzubika min hamazaatisy-syayaathiin wa a’udzubika robbi ayyahdhuruun.

Artinya:

“Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari bisikan-bisikan setan dan aku berlindung pula kepada-Mu ya Tuhanku, agar mereka tidak mendekati aku.”

5. Membaca Azan

Unsplash/Masjid Pogung Dalangan

Melalui kitab Adzkar Imam Nawawi dijelaskan ternyata azan efektif untuk mengusir makhluk halus. Ini berasal dari hadis Nabi SAW.

Idaza taggolawat Lakumul ghollanu fanaaduu bil adzani

Artinya:

“Jika makhluk halus mengganggu kalian, maka adzanlah.”

Itu tadi beberapa doa mengusir setan di rumah yang sangat direkomendasikan. Semoga saja dengan doa-doa ini, rumah mama sekeluarga bisa dijauhkan dari penghuni setan, ya. 

Baca juga:

The Latest