TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

3 Fungsi TDS Meter, Alat Ukur Kualitas Air Minum hingga Aquarium

Punya fungsi penting, TDS meter bisa cek kemurnian air minum yang berpengaruh pada kesehatan, lho

dashappliances.com

Selain termometer, terdapat berbagai jenis alat ukur yang berfungsi menguji kondisi lingkungan. Salah satu alat uji lingkungan yang juga diperlukan dalam kegiatan sehari-hari ialah TDS meter.

Secara sederhana, TDS meter merupakan alat untuk mengukur besaran partikel yang ada di dalam air. Lantas, apa saja kegunaan alat TDS meter bagi kehidupan sehari-hari dan perlukah memiliki TDS meter di rumah?

Berikut Popmama.com telah merangkum deretan fungsi TDS meter. Alat ini memiliki peran penting bagi tanaman hidroponik hingga bermanfaat untuk kesehatan, lho.

Simak fungsinya di bawah ini yuk, Ma!

TDS Meter Digunakan untuk Pengukur Partikel Air

dashappliances.com

TDS meter atau Total Dissolved Solids adalah alat yang digunakan untuk mengukur total padatan maupun partikel yang terlarut dalam air. Partikel yang dideteksi TDS meter tidak dapat dilihat oleh mata telanjang.

TDS meter akan mengukur berapa jumlah partikel padat yang dapat larut dalam air dalam nilai satuan ppm atau part per milion. Nilai yang semakin rendah menandakan kondisi air semakin baik atau murni.

 

1. Berfungsi mengukur larutan nutrisi tanaman hidroponik

Pixabay/naidokdin

Alat TDS meter memiliki peran penting bagi perawatan tanaman hidroponik. TDS meter berfungsi mengukur larutan air untuk mengetahui besaran nutrisi untuk pertumbuhan tanaman hidroponik.

Sangat penting untuk mengukur nutrisi pada tanaman hidroponik. Nutrisi tanaman memiliki ukuran yang mutlak yaitu tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih agar tidak merusak pertumbuhan tanaman.

Selain itu, setiap tanaman membutuhkan besaran nutrisi yang berbeda-beda. Alat TDS meter menunjukkan nilai dalam satuan ppm yang bisa dijadikan rujukan untuk menentukan besaran nutrisi tanaman.

2. Berfungsi Mengukur partikel di air minum

Freepik/katemangostar

Bukan hanya bermanfaat bagi tanaman, alat TDS meter juga memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Alat TDS meter juga bisa dipakai mengukur kemurnian dan kandungan mineral dalam air minum.

Alat TDS meter berfungsi untuk mengetahui total kandungan partikel yang terlarut dalam air minum. Diketahui, setiap air minum selalu mengandung partikel yang terlarut yang tidak tampak oleh mata terlanjang.

Partikel yang dapat terlarut dalam air minum bisa berupa kandungan logam maupun mikroorganisme. Maka dari itu, TDS meter bisa sangat bermanfaat khususnya bila Mama konsumsi air minum isi ulang.

3. Berfungsi untuk mengukur partikel aquarium ikan

Freepik/elenaskoro

Dalam kehidupan sehari-hari, alat TDS meter juga memiliki peran untuk pemilik aquarium. Diketahui, pemeliharaan ikan tidak bisa sembarangan khususnya pada kondisi air aquarium selaku tempat tinggal ikan.

Penting untuk rutin mengukur tingkat TDS pada perairan aquarium. Menurut peraturan, kisaran TDS untuk kegiatan budidaya ikan yaitu 1000 mg/L. Semakin kecil TDS, maka semakin bagus untuk pemeliharaan ikan.

Itulah deretan fungsi TDS meter dalam kegiatan sehari-hari. Tampaknya memiliki alat TDS meter di rumah bisa sangat berguna, lho.

Kira-kira Mama tertarik untuk punya alat TDS meter nggak, nih?

Baca juga:

The Latest