TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Mengusir Kalajengking, Bisa dengan Perasan Jeruk Nipis

Yuk, catat tips ini agar rumah aman bebas dari kalajengking!

Pixabay/andrey_barsukov

Kalajengking adalah hewan berbisa yang dapat menjadi ancaman di lingkungan rumah, terutama di daerah tropis. Mengusir kalajengking tidak hanya penting untuk menjaga kenyamanan, tetapi juga keamanan untuk mencegah risiko kesehatan yang mungkin ditimbulkan oleh sengatannya.

Berbagai metode alami hingga kimiawi dapat diterapkan untuk mengusir kalajengking dari area tempat tinggal.

Berikut Popmama.com telah merangkum secara lebih detail terkait cara mengusir kalajengking yang ampuh. 

Yuk, disimak cara-caranya!

1. Menggunakan sapu dan pengki

Youtube.com/Nat Geo WILD

Jika menemukan kalajengking di rumah, segera usir dengan menggunakan sapu dan pengki. Pastikan menggunakan sapu dengan gagang yang panjang agar bisa menjaga jarak dari kalajengking serta menghindari risiko tersengat.

Perlu diperhatikan untuk menghindari sentuhan dengan kalajengking secara langsung untuk mencegah tersengat. Gunakan sepatu tertutup dan celana panjang yang tebal agar kalajengking tidak bergerak ke arah kaki saat kamu membersihkannya.

2. Gunakan minyak esensial

Youtube.com/Free High-Quality Documentaries

Minyak esensial bisa menjadi cara mengusir kalajengking. Minyak beraroma kuat seperti lavender, kayu cedar, pepermin, dan kayu manis efektif membuat kalajengking menjauh.

Aroma menyengat dari minyak atsiri ini dikenal mampu mencegah kedatangan kalajengking, sehingga dapat menjaga rumah dari serangan hewan tersebut. Gunakan minyak esensial ini dengan cara mengoleskannya di area-area yang sering didatangi kalajengking.

3. Perasan jeruk nipis

Pixabay/stevepb

Kalajengking tidak suka dengan aroma citrus, seperti jeruk nipis, sehingga perasan jeruk nipis dapat mengusir kalajengking. Mama bisa melakukannya dengan memeras jeruk nipis dan tuangkan air perasan tersebut di area yang sering didatangi kalajengking.

Meskipun air jeruk nipis tidak membunuh kalajengking, aroma citrus yang membuatnya tidak nyaman akan mengusir pergi kalajengking dari rumah. Setelah itu, untuk keamanan, jangan lupa untuk tetap memastikan lagi bahwa kalajengking sudah tidak ada lagi.

4. Gunakan semprotan cuka

Pixabay/janeb13

Cuka dapat digunakan sebagai senjata alami untuk mengusir kalajengking dari rumah. Semprotan cairan cuka langsung pada kalajengking dapat merusak sensor tubuhnya.

Nah, ketika sensor tubuh kalajengking rusak, maka hewan ini akan kehilangan kendali dan bisa menyerang dirinya sendiri hingga mati. Mama bia menggunakan cuka sebagai solusi sederhana yang ampuh dalam keadaan darurat.

5. Gunakan semprotan hama

Pixabay/patrizia08

Jika ingin lebih mudah, Mama bisa menggunakan semprotan hama langsung untuk mengusir kalajengking. Caranya hanya dengan menyemprotkan di titik-titik persembunyiannya, terutama di area sarangnya.

Terdapat beberapa pilihan produk yang dapat digunakan, baik untuk membunuh kalajengking, juga ada yang untuk mencegah kedatangannya kembali. Pastikan produk semprotan yang digunakan sesuai untuk hewan ini dan konsultasikan dengan ahli jika perlu.

Lakukan penyemprotan di siang hari saat kalajengking cenderung bersembunyi.

6. Cegah dari sumber makanannya

Pixabay/StrawberryQueen

Kalajengking sering mencari serangga, laba-laba, bahkan kalajengking lain sebagai makanannya. Menjaga kebersihan rumah dan membasmi hama menjadi langkah penting untuk mencegah kalajengking masuk ke dalam rumah.

Selalu pastikan rumah bersih terutama bagian-bagian celah tersembunyi. Gunakan produk pengusir hama alami untuk mengurangi populasi serangga di dalam rumah. Dengan menjaga rumah tetap bersih, peluang kalajengking datang ke rumah menjadi lebih kecil.

7. Cegah dari sumber kedatangannya

Pixabay/41330

Kalajengking sering masuk rumah melalui celah-celah kecil di sekitar rumah. Periksa retakan di dinding, lubang di saluran pipa, dan pastikan jendela serta pintu terpasang dengan benar.

Tutup semua celah tersebut dengan dempul agar kalajengking tidak bisa masuk. Untuk keamanan rumah, selalu pastikan tidak ada celah-celah yang memungkinkan masuknya hewan ini.

Itulah rangkuman terkait cara mengusir kalajengking yang ampuh. Jangan lupa selalu menjaga kebersihan rumah agar tetap aman dari kedatangan hewan ini. 

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk mengusir kalajengking dari rumah ya, Ma.

Baca juga:

The Latest